Tuesday, October 10, 2023

FRITZ FEELENG PINK PANTHER, DAN SEJARAH ANIMASI

10 Oktober 2023


Bagi mereka yang menyukai Pink Panther, dan bagi mereka yang menyukai cerita asal yang bagus, apakah saya punya rangkaian animasi untuk Anda! Sempurna untuk disimpan di bawah “kehidupan yang luar biasa nyata dari seorang pemilik galeri seni animasi yang sudah lama ada”, saya akan berbagi bagaimana saya mendapatkan sekotak sel produksi asli dan gambar dari karakter yang terkenal dan dicintai. Kemudian, tentu saja, saya akan berbicara tentang keajaiban Friz Freleng, mulai dari karyanya yang memenangkan Oscar sebanyak 4 kali di Warner Bros, hingga film pendek Pink Panther yang populer melalui DePatie-Freleng Studios, hingga hubungan aneh DePatie-Freleng dengan Acara TV tahun 60an I Dream of Jeannie, dan Star Wars: A New Hope tahun 1977.

Ketika saya keluar dari perguruan tinggi pada tahun 1988, saya sangat ingin melepaskan diri dari pengaruh jurusan drama (saya mengikuti program seni rupa), dan mencari pekerjaan di bidang penjualan, sesuatu yang telah saya lakukan sejak saya berusia 15 tahun. Salah satu pekerjaan yang saya lamar adalah sebagai direktur galeri untuk sebuah galeri yang sudah ada sejak tahun 1979, namun beralih ke semua animasi. Ini akan menjadi salah satu dari 5 galeri animasi pertama di dunia. (Saya tahu tentang Galeri Lainzburg, Galeri Circle, dan Seaside, tapi anggaplah ada satu lagi yang tidak saya ketahui!)

Saya dipekerjakan. Pada saat itu, pasangan dan suami saya Michael Barry menjalankan toko bingkai di tempat itu, dan saya tahu saya akan berteman lama dengannya ketika saya bertemu dengannya, tetapi pemiliknya adalah orang yang benar-benar seksis. Saya pikir saya bisa menanganinya, dan ternyata memang demikian, tetapi dia mengajari saya bahwa setiap orang harus bekerja SATU KALI untuk melakukan hal yang benar-benar menyebalkan, sehingga mereka tahu apa yang harus dihindari di masa depan!

Saya mulai mempelajari semua yang saya bisa tentang animasi dan seni animasi. Saya ingin tahu sejarahnya, orang-orang yang penting bagi industri ini dan kartun yang saya sukai, dan tentu saja, di mana menemukan karya seni untuk dijual, karena saat ini dunia belum melihat hal itu sebagai “seni nyata”. Jadi saya mulai membaca…berterimakasih kepada GODDESS untuk buku Jerry Beck dan Leonard Maltin “Of Mice and Magic”, dari tahun 1987, dan “Looney Tunes and Merry Melodies” karya Jerry Beck yang diterbitkan pada tahun 1989, ketika hanya ada sedikit buku tentang animasi, dan selanjutnya mahakarya Frank Thomas dan Ollie Johnston, “The Illusion of Life”, yang wajib dimiliki oleh para penggemar animasi.

Saya juga mulai menelepon, mencoba melacak beberapa animator ini. Anda tidak akan percaya beberapa artis yang saya ajak bicara, dan bahkan berteman dengan saya, sebelum mereka meninggal. Ini adalah hari-hari awal peralihan ke orang-orang "superstar animasi" seperti Eric Goldberg dan Andreas Deja, dan meskipun beberapa orang tahu siapa Chuck Jones, dia bukanlah nama yang terkenal sejak saat itu. Orang-orang seperti Friz Freleng, Jay Ward, Frank Thomas dan Ollie Johnston, dan John Hench sama sekali tidak terkenal di luar industri ini, jadi setelah saya melacak mereka, mereka dengan senang hati berbicara dengan saya.

Saya sering bepergian ke pantai barat saat itu, dan sering mengunjungi serta berbicara dengan para animator ini. Pada saat itu, Jay Ward dan beberapa animator yang pernah mengerjakan acaranya memiliki trailer di Sunset Boulevard di seberang Chateau Marmont yang disebut The Dudley Do-Right Emporium, tempat mereka menjual sel adegan dan merchandise yang menampilkan Rocky dan Bullwinkle, dan saya pikir dia mungkin sudah menderita kanker, tetapi saya banyak berbicara dengannya sebelum dia meninggal pada akhir tahun 1989.

Ini adalah dokumen PBS kecil yang bagus tentang Moose and Men: The Rocky and Bullwinkle Story:

Sekitar waktu itu, saya juga mulai berbicara dengan Friz Freleng. Pertama kali aku menelponnya, dia agak waspada, tapi kami sempat mengobrol tentang kartun WB, karena ayahku dan aku sudah menonton semua kartun yang dia kerjakan dan menyukainya, jadi aku benar-benar mengenalnya. Sehat. Empat kartunnya dari eranya di Warner Bros memenangkan Oscar, Tweety Pie (1947), Speedy Gonzales (1955), Birds Anonymous (1957) dan Knighty Knight Bugs (1958), dan dia adalah satu-satunya animator yang membuat kartun Bugs yang memenangkan Oscar, itu gila. Chuck Jones's What's  Opera Doc? bahkan tidak masuk nominasi! Dia juga memenangkan Oscar sebagai produser dan sutradara atas namanya sendiri untuk film pendek Pink Panther pertamanya, The Pink Phink tahun 1964. Saya tahu semua ini, dan tahu kartunnya, jadi itulah yang membuat kami ngobrol, ditambah lagi dia adalah seorang musisi ulung dan penggemar musik, jadi kami ngobrol tentang itu…dalam prosesnya, saya belajar banyak tentang sejarah animasi, dan tentang perannya di dalamnya. Ini juga pertama kalinya saya menyadari bahwa sutradara animasi cenderung meremehkan pentingnya mereka terhadap sejarah seni.

Bagaimanapun, sebelum kami bertemu pada tahun 1989, saya bertanya apakah dia punya karya seni yang ingin dia jual. Dia mengeluarkan sekotak besar sel dan gambar. (Saya pikir dia punya banyak). Saya bertanya apakah saya bisa membelinya, dan kami membuat kesepakatan. Ada beberapa sel dan banyak gambar, semuanya, katanya, dari The Pink Panther Show. Saya tidak bisa memastikannya, tapi saya tahu saya membelinya dari dia pada tahun 1989. Saya yakin saya seharusnya meminta karya seni dari awal Pink Panther, atau dari kartun Warner Brothers, dan mungkin saya melakukannya. Saya tidak ingat. Saya hanya ingat bahwa artis dan sutradara itu sendiri akan menjual kepada saya karya seni dari salah satu favorit saya saat tumbuh dewasa, dan sesuatu yang saya dan ayah saya tonton sepanjang waktu.

Selama bertahun-tahun, saya telah menjual karya seni itu di sana-sini, meski belum pernah memasangnya di situs web. Cel-nya sudah lama hilang, (walaupun tentu saja ayah saya memiliki sel produksi dan gambar, yang dipilih langsung pada saat itu) tetapi masih ada beberapa gambar yang tersedia dari harta karun ini. Jadi sekarang saya menaruhnya di situs web. Saya harap beberapa dari Anda yang merupakan penggemar seperti saya membelinya, karena harganya tidak mahal, dan memiliki cerita yang bagus!


Anda dapat melihat semuanya saat saya menambahkannya, DI SINI.

*Ingat, ada bayangan stiker di sudut bawah sebagian besar bagian belakang gambar ini (aslinya ditulis oleh Friz atau seseorang yang bekerja padanya, saya tidak yakin yang mana!)

Ada gambar dari berbagai kartun, termasuk Pink Elephant (1975), Pink Pro (1976), Sprinkle Me Pink (1978) dan Olympinks (1980). Terima kasih kepada teman saya dan sesama penggemar dan pakar animasi Todd Federman karena telah mengidentifikasi gambar-gambarnya dan menemukan momen-momen yang muncul di setiap film. Kolaborasi yang luar biasa!

Inilah salah satu kartun yang ditampilkan dalam koleksinya, The Pink Pro. Kami memiliki gambar yang merupakan pose ditahan dari film pendek!


Nah, tentang Friz sendiri, kariernya, dan kiprahnya di DePatie Freleng:

Friz mulai membuat animasi di sekolah menengah, dan mendaftar ke kontes surat kabar di Kansas City, Missouri dan menang, dan Hugh Harman memenangkan hadiah ke-2 atau ke-3. Dia menjawab iklan untuk office boy di United Film Ad Service, tempat Walt Disney dimulai, dan Harman sudah bekerja. Ketika Walt Disney meninggalkan UFAS dan pindah ke California, dia membawa serta sekelompok orang dari perusahaan itu, termasuk Ub Iwerks, Hugh Harman, dan Rudolf Ising. Pada tahun 1927, Freleng bergabung dengan mereka. Dia kemudian bekerja untuk Harman dan Ising, yang membuat sebuah studio. Setelah bekerja dengan mereka selama beberapa waktu, dia melanjutkan ke Warner Bros, ketika Schlesinger memimpin, naik pangkat ke puncak dengan cepat. Di sana, ia menciptakan Porky Pig, mengarahkan pemutaran perdana karakter tersebut di I Haven't Got a Hat tahun 1935. Dia juga menciptakan Yosemite Sam pada tahun 1945.

Freleng menyutradarai tiga film pendek berdasarkan novel Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde karya Robert Louis Stevenson tahun 1886, termasuk Dr. Tweety dan Sylvester pendek, pada tahun 1960.

Berikut cuplikan kecil dari kartun yang luar biasa itu:

Seperti yang Anda lihat, Freleng adalah ahli dalam pengaturan waktu komik, dan sama berbakatnya dalam aspek keahliannya seperti Chuck Jones, tetapi dengan gaya yang berbeda. Faktanya, Freleng mempekerjakan Chuck pada akhir tahun 1930-an.

Ketika Warner ditutup pada tahun 1963, Freleng mendirikan perusahaan baru dengan mantan bosnya di WB, produser David H. DePatie. Properti kartun mereka yang paling bertahan lama dan sukses adalah Pink Panther. Tepat di awal kemitraan mereka, DePatie-Freleng ditugaskan untuk membuat kredit pembuka film fitur The Pink Panther pada tahun 1963. Freleng menciptakan Pink bekerja sama dengan penata tata letak dan sutradara Hawley Pratt.

Saya suka betapa jelasnya Anda dapat melihat bahwa karakter tersebut dibuat dengan tinta tangan. Garis merah muda itu cukup menonjol dari layar!

Henry Mancini, yang menulis lagu tema, dinominasikan pada Academy Award untuk musiknya. Melalui keberhasilan kredit pembuka tersebut, distributor film United Artists menugaskan Freleng untuk membuat kartun pendek yang menampilkan karakter tersebut. The Pink Phink, pada tahun 1964, memenangkan Oscar untuk animasi pendek terbaik. Pada akhirnya, hal itu menghasilkan serial antologi NBC berjudul The Pink Panther Show pada tahun 1969, yang berlangsung selama 11 tahun.

Saat DePatie-Freleng menjalankan bisnisnya, mereka juga menciptakan urutan judul pembuka untuk I Dream of Jeannie, dan menyumbangkan efek khusus untuk A New Hope pada tahun 1977. Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana lightsaber itu memancarkan “bilah” biru atau merahnya. sekarang kamu tau!

Inilah urutan pembuka ikonik I Dream of Jeannie. Saya terkejut melihat sel dari urutan ini baru-baru ini terjual lebih dari $20.000 di lelang!

Sepertinya Anda tidak perlu melihatnya lagi (dan..spoiler jika Anda belum menonton filmnya!) berikut adalah animasi lightsaber yang sedang beraksi:

Friz meninggal dunia pada usia 89 tahun pada tahun 1995. Saya sangat senang bisa menanyakan begitu banyak pertanyaan kepadanya ketika saya punya kesempatan!

Kami menambahkan gambar Pink Panther yang kami miliki dari waktu saya bersama Friz secepat mungkin, dan Anda dapat melihat semuanya DI SINI, atau hubungi kami untuk mengetahui apakah kami memiliki gambar lain yang mungkin belum kami masukkan ke situs. Sebagian besar berharga $95 atau bahkan kurang, jadi harganya cepat!

Berikut dokumen kecil yang bagus tentang Pink Panther:

dan jika Anda ingin melihat Friz berbicara tentang kariernya, berikut wawancara dengan pria tersebut:

Sumber: artinsight

No comments:

Post a Comment

Top 25 Hal Tersembunyi Dari Seri Assassin's Creed yang Hanya Dapat Ditemukan Penggemar Super

Seri game Assassin's Creed penuh dengan easter egg dan hal-hal tersembunyi. Berikut adalah beberapa hal yang akhirnya dilewatkan oleh ba...