Tuesday, November 19, 2019

Kisah Film Terbaik: Episode 20 - Some Like It Hot (1959)

Film Komedi Terbaik Sepanjang Masa

19 November 2019

Rilis: 29 Maret 1959
Sutradara dan Produser: Billy Wilder
Cinematografi: Charles Lang
Score: Adolph Deutsch
Distribusi: United Artists
Pemeran: Marilyn Monroe, Tony Curtis, Jack Lemmon, George Raft, Joe E. Brown, Pat O' Brien
Durasi: 121 Menit
Genre: Roman
RT: 95%


Perkenalan saya dengan Some Like It Hot karya Billy Wilder bukanlah perkenalan yang konvensional. Ketika toko video tutup karena booming Blockbuster, Ayah memberikan banyak kaset VHS kepada nenek saya. Dia mengasuh saya dan saudara perempuan saya setelah sekolah; karena saudara perempuan saya mengklaim satu-satunya TV di rumah yang memiliki kabel, saya harus puas dengan kaset apa pun yang menarik minat saya. Untungnya nenek saya meyakinkan saya untuk memberikan komedi tentang pria ini sebagai kesempatan.

Selera saya dulu terbatas - jika tidak ada animasi, nyanyian, atau boneka, saya melewatkannya. Namun Some Like It Hot membuktikan bahwa ada lebih banyak film daripada itu. Ada drama (dua pria dalam pelarian setelah menyaksikan pembunuhan), kegembiraan (penyamaran dan campur aduk), dan romansa (Marilyn Monroe, 'kata nuff). Poin-poin penting terbang di atas kepalaku. Tapi saya sangat sibuk tertawa sehingga saya tidak peduli. Seiring berkembangnya pengetahuan dan apresiasi saya terhadap film, begitu pula kecintaan saya pada fitur ini. Berikut adalah beberapa cara yang membentuk prasangka saya tentang sinema.

Hitam Dan Putih Tidak Membosankan

Ini adalah gagasan yang jelas, tapi coba katakan itu pada diriku yang berumur delapan tahun. Saya biasa mengasosiasikan hitam putih dengan drama lama yang pengap dan pertunjukan yang ditonton orang tua saya setelah waktu tidur. Betapa salahnya saya berasumsi bahwa itu selalu terjadi. Pilihan sinematografi membantu plot film sebagai kemunduran dan cemoohan gambar gangster dari tahun 1930-an. Ini juga mengurangi fakta bahwa penyamaran Jack Lemmon dan Tony Curtis tidak terlalu meyakinkan. Jika Anda tidak mempercayai saya, carilah foto mereka yang berwarna. Berkat ketentuan dalam kontrak Marilyn Monroe, kami hampir membuat film ini mengambil gambar berwarna. Betapa ruginya itu! Some Like It Hot adalah salah satu hore terakhir untuk gambar hitam dan putih sebelum mereka mati secara perlahan di tahun 60-an.

Komedi 101

Ada alasan mengapa AFI menganggap ini sebagai komedi terhebat yang pernah dibuat. Garisnya kaya - yang terakhir dari semuanya. Tapi penyampaian itulah yang membuat mereka. Curtis dan Lemmon terpental satu sama lain secara spektakuler. "Daphne" yang bertingkah dan "Josephine" yang tegang adalah hasil dari perencanaan dan pengaturan waktu komik yang sempurna. Sayang sekali mereka hanya membuat satu film bersama karena mereka pasangan yang hebat. Curtis juga membuat banyak tawa melalui persona lainnya, pewaris Shell Oil "Junior". Peniruannya atas Cary Grant menjual kebohongannya yang konyol:

Polo air, bukankah itu sangat berbahaya?

Saya akan mengatakan. Saya memiliki dua kuda yang tenggelam di bawah saya. "

Marilyn Monroe menunjukkan potongan komiknya di sini juga. Seperti karakternya, dia penuh dengan kecerdasan di balik fasad bimbo pirang. Some Like It Hot adalah salah satu film terakhirnya, dan itu menunjukkan betapa kami kehilangan banyak bakat dengan kematiannya. Bagiku, dia lebih dari sekadar ikon seks berkat film ini.

Some Like It Hot menggunakan humor sebagaimana seharusnya dalam film-film hebat - tidak hanya untuk membuat orang tertawa, tetapi juga untuk mengangkat cermin atas ketidakadilan sehari-hari. Gali lebih dalam dan Anda akan menemukan kritik pedas dari tatapan pria. Dalam penyamaran perempuan, pahlawan kita menjadi korban misogini biasa yang mereka lakukan sebagai laki-laki. Dengan berjalan di sepatu jenis kelamin lain (secara harfiah), mereka memahami keadaan buruk mereka. Humor luas juga digunakan untuk menangani tema-tema seperti identitas gender dan seksualitas; sebuah langkah berani pada saat hal-hal seperti itu dianggap tabu.

Romantis Panas Beruap

Saya pindah dari romansa dongeng sederhana ketika saya menemukan Some Like It Hot. Pasti ada lebih banyak cinta daripada pangeran bertemu putri. Dan nak, apakah film ini berhasil. Permainan kata dan bahkan lelucon fisik menggarisbawahi ketegangan seksual. Wilder tahu bagaimana menjadi mesum tanpa menjadi vulgar. Maksudku, adegan di mana Monroe membuat seorang pria keluar dari Junior! Anda mungkin perlu mandi air dingin setelahnya.

Salah satu profesor perguruan tinggi saya pernah membela The Taming of the Shrew; dia percaya bahwa Petrucchio dan Katherine dimaksudkan untuk satu sama lain karena mereka (tidak seperti karakter lain) tidak pernah menyembunyikan diri mereka yang sebenarnya. Meskipun saya tidak bisa mengatakan saya setuju dengan itu, logikanya berlaku untuk film ini. Alter-ego menambah komplikasi lebih lanjut. Curtis mempekerjakan "Josephine" untuk memenangkan persahabatan Monroe, lalu merayu dia sebagai Junior menggunakan semua yang dia tahu. Monroe berpura-pura menjadi seorang debutan sehingga dia menarik perhatian Junior. Keduanya memasang front untuk mencoba memenangkan yang lain. Namun dalam gaya rom-com sejati, hanya ketika kebenaran terungkap, mereka bebas untuk bersama. Di sisi lain, Lemmon melangkah lebih jauh dalam menjual dirinya sebagai "Daphne" sehingga dia tidak beruntung mengakhiri pertunangannya, bahkan setelah dia menghentikan penyamarannya. Setidaknya itu membuat kita semakin dekat.

Jazz Cepat dan Longgar

Skor musik dapat membuat atau menghancurkan film. Sesuai dengan setelan Gerangan ’20, skor Some Like It Hot hanya mengandalkan suara yang disebut jazz. Itu pilihan yang tepat. Tidak ada yang menggarisbawahi pelarian panik dari kerumunan atau daya pikat Monroe seperti saksofon panas.

Jazz sendiri memainkan peran besar dalam cerita. Protagonisnya adalah musisi yang bersembunyi di sebuah band wanita. Ini juga memberi kita beberapa selingan musik yang menyenangkan. Lagu klasik seperti "Running Wild" mengalir melalui cerita. Anda bisa melihat pengaruhnya di skor Round Midnight dan Whiplash. Some Like It Hot menandai lahirnya kecintaan saya pada jazz.

Kematian Sensor Film

Semua faktor di atas menjadi faktor akhir dari Kode Hays, sebuah panduan “moral” yang terus mencekik industri film. Kelompok pengawas agama menuduh Some Like It Hot "mempromosikan tema homoseksual dan transvestisme". Wilder melawan bahwa trope cross-dressing berasal dari Shakespeare dan baik-baik saja. Penonton setuju. Kesuksesan film tersebut membuktikan bahwa orang-orang menginginkan lebih seperti ini. Para direktur telah bermanuver di sekitar Kode Hays di masa lalu; sekarang adalah waktu untuk mengatasinya secara langsung. Akhirnya mereka menang. Kode dicabut kurang dari satu dekade setelah pemutaran perdana Some Like It Hot. MPAA menggantikan tempatnya, dan mereka memberi pembuat film lebih banyak kebebasan untuk membuat apa yang mereka inginkan sejak itu.

Tidak Ada yang Sempurna… Tapi Ini Hampir Tiba

Ada beberapa film yang mempertahankan pukulan mereka setelah enam puluh tahun. Saya senang untuk mengatakan Some Like It Hot belum menjadi dingin sama sekali. Cerdas, lancang, dan abadi. Jika Anda belum melakukannya, berikan jam tangan. Dan tentu saja, saksikanlah bersama anak-anak Anda. Itu mungkin saja mengubah cara mereka memandang film juga.


Sumber: Moviebabble

No comments:

Post a Comment

Apakah Ini Saat-saat Buruk atau Saat-saat Baik? Kisah Petani Zen

Ketika kita berhenti berusaha memaksakan kehidupan agar berjalan sesuai keinginan kita, secara alami kita akan merasakan lebih banyak kelent...