Saturday, July 25, 2020

Kisah Film Terbaik: Episode 58 - The Sound of Music (1965)

Film Musikal Agama Terbaik Sepanjang Masa

25 Juli 2020

Rilis: 2 Maret 1965
Sutradara dan Produser: Robert Wise
Sinematografi: Ted D. McCord
Score: Richard Rodgers, Oscar Hammerstein II, Irwin Coastal
Distribusi: 20th Century Fox
Pemeran: Julie Andrews, Christopher Plummer, Richard Haydn, Peggy Wood, Charmian Carr, Eleanor Parker 
Durasi: 172 Menit
Genre: Biopik/Musikal
RT: 83%

Image for post

The Sound of Music adalah film keluarga, ia memiliki pertunjukan yang luar biasa, lagu-lagu yang tak terlupakan dan latar belakang yang indah. Jadi bagaimana film yang dirilis pada tahun 1965 ongkos pada tahun 2020? Jawabannya SANGAT BAIK.

Cerita

Sebuah postulat muda bernama Maria di Salzburg Austria (secara tegas digambarkan sebagai flibbertigibbet, will-o-the-gumpalan dan badut) dikirim ke rumah Von Trapp untuk menjadi pengasuh baru bagi tujuh anak. Sementara di sana dia mengisi rumah dengan sukacita dan musik yang akhirnya menangkap hati anak-anak Von Trapp dan ayah mereka.

Ceritanya begitu penuh harapan. Ini berfokus pada keluarga dan sifat penyembuhan musik dan saya pikir itu sebabnya sangat dicintai. Saya menonton film itu bersama orang tua saya dan ketika itu berakhir, ayah saya menoleh ke ibu saya dan saya bertanya, "Ada apa dengan film ini yang disukai orang?" yang membawa kami ke dalam analisis mendalam film dan kami datang dengan beberapa poin. Orang-orang suka film ini karena beberapa alasan:

1. Berorientasi keluarga
2. Memiliki anak yang sangat lucu
3. Memiliki musik yang bagus
4. Penuh dengan pemandangan yang indah
5. (Spoiler Alert jika Anda belum melihat film tetapi sudah keluar selama 55 tahun, yang itu ada pada Anda jika Anda belum melihatnya sekarang. Juga, ketahuilah bahwa saya menghakimi Anda.)

Akting

Ini adalah film Julie Andrews. Maria adalah jantung dan jiwa film dan jika penampilannya tidak berhasil, seluruh film akan berantakan. Terakhir kali saya menonton film ini adalah 14 tahun pada hari usia saya yang ke-17 dan saat itu saya tidak memperhatikan film seperti saya sekarang. Artinya saya dulu berpikir Maria adalah karakter satu dimensi, tetapi bukan itu masalahnya. Ada begitu banyak baginya dan Anda dapat melihat bahwa dari 20 menit pertama film ketika dia mengatakan bahwa dia merasa bukit-bukit "memanggilnya". Seiring berjalannya film, Anda melihatnya tumbuh dan belajar tetapi Anda juga melihat sisi yang berbeda dengannya. Maria baik, peduli, jenaka, dan galak ketika dia perlu dan semua hal ini menghasilkan karakter yang menyeluruh. Ketika Anda menambahkan fakta bahwa Julie Andrews sebagai seorang aktris disukai, (maksud saya dia Mary Poppins, bagaimana mungkin dia TIDAK disukai?) Anda memiliki karakter yang tidak hanya menarik bagi karakter lain tetapi juga menarik bagi penonton sendiri.

Aktor lain yang membuat film adalah Christopher Plummer sebagai Kapten von Trapp. Dia adalah antitesis dari tingkah laku Maria yang ceria ketika dia tampil dingin dan tabah (di awal film pula.) Dan karena dari mana karakternya dimulai, perjalanan yang dia jalani sepanjang film itu menarik untuk ditonton, Anda melihatnya terbuka untuk anak-anaknya dan jatuh cinta dengan Maria sambil tetap mempertahankan sifat tabahnya ketika datang ke mereka yang tidak mengenalnya juga. Chemistry Christopher Plummer dengan Julie Andrews sangat jelas terutama ketika Maria dan Kapten von Trapp berdebat. Anda dapat mengatakan bahwa ini adalah aktor yang mengenal karakter mereka dan satu sama lain dengan sangat baik dan itu membuat kinerja yang menarik di kedua bagian mereka.

Karakter pendukung juga sangat menawan. Para aktor yang menemani anak-anak von Trapp sangat senang menonton karena mereka merasa seperti keluarga sungguhan dan karena itu, momen yang mengharukan menghantam rumah bahkan lebih. Seluruh pemain memiliki chemistry dan itu membuat Anda merasa hangat dan kabur di dalam ketika Anda melihat mereka tumbuh selama film karena Anda ingin mereka menang. Khususnya menjelang akhir maka para biarawati membantu dia melarikan diri dari keluarga Trapp, Anda telah melihat semua karakter berinteraksi di sepanjang film dan mengetahui bahwa mereka melakukan apa yang mereka lakukan karena mereka peduli pada karakter membuat Anda juga peduli.

Penulisan / Arahan

Menerjemahkan peran ke film adalah sesuatu yang bisa sangat buruk (saya melihat Anda Kucing) karena banyak adegan yang stagnan terjadi di ruang kecil harus mengakomodasi lokasi yang berbeda dan perubahan ini dapat menyebabkan perubahan mendasar pada cara cerita ini diceritakan. Ini adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan penulis Ernest Lehman ketika ia menerjemahkan musik dari panggung ke layar tetapi setelah membuat perubahan memotong beberapa lagu dan mengatur ulang urutan lagu-lagu lain, ia berhasil menulis adaptasi yang disukai oleh jutaan orang. Sekarang saya belum melihat pertunjukannya (mengejutkan mengingat seberapa banyak saya menonton film ini) tetapi saya ingin menonton mereka kembali ke belakang untuk melihat perbedaannya dan jika mereka mengubah cara Anda melihat satu sama lain.

Saya bisa membayangkan bahwa produksi film ini sangat besar ketika dibuat pada tahun 1965 tetapi Robert Wise sang sutradara membuatnya bekerja. Dari mengatur ulang adegan saat hujan (sesuatu yang tampaknya sering terjadi) tapi menggunakan helikopter untuk mendapatkan sudut yang sempurna untuk bidikan ini.


Jelas bahwa dia menaruh perhatian besar pada pembuatan film ini dan itu benar-benar memberi hasil. Tidak banyak film berusia 55 tahun yang berhasil terlihat sebagus ini, tetapi yang ini berhasil. Itu tidak pernah benar-benar terasa tanggal yang mengejutkan mengingat usia film yang disebutkan di atas dan periode waktu yang ditetapkan. Dan ketika itu terasa sedikit tanggal Anda langsung memaafkan karena film ini benar-benar dapat melakukan kesalahan di banyak mata. (Termasuk saya sendiri.)

Film ini memakan waktu 174 menit, yaitu 2 jam dan 54 menit dan Anda tidak benar-benar merasakannya. Satu-satunya hal yang menyinggung perjalanan waktu adalah selingan yang film-film ini tidak miliki.

CGI / Desain Set

Banyak film yang difilmkan di lokasi di Salzburg dan itu terlihat menakjubkan, terutama bidikan pertama film di pegunungan. Sementara kami menonton film, orang tua saya akan berhenti secara sporadis dan menunjukkan kepada saya foto yang mereka ambil selama perjalanan mereka dan kami akan membandingkannya dengan film dan kota itu benar-benar indah dalam kehidupan nyata. Sepertinya ada yang keluar dari film dan kurasa sampai sejauh itu. Meskipun film ini sudah berusia lebih dari 50 tahun dan waktu telah berubah, kota ini belum banyak berubah dan pemerintah telah berhasil melestarikan semangat film tersebut. Sinematografi Ted D. McCord menunjukkan tempat yang begitu indah, sehingga orang bisa percaya itu adalah set yang dibangun daripada kecepatan yang ada.

Hal lain yang menarik perhatian saya selama menonton ini adalah desain kostum dan bagaimana pakaian karakter berevolusi seperti yang mereka lakukan. Ketika Maria menjadi lebih terbiasa dengan kehidupan di rumah von Trapp mereka, pakaiannya menjadi tidak terlalu lusuh dan hal serupa dapat dikatakan untuk anak-anak. Pakaian yang mereka kenakan pada awal film mencerminkan pengasuhan mereka yang ketat dan menjadi lebih bebas saat film berlanjut, mencerminkan perubahan yang dialami anak-anak.

Score / Soundtrack

Melihat sebagai film disebut "The Sound of MUSIC" Anda dapat mengasumsikan bahwa banyak penekanan dibayar pada musik dan asumsi itu akan menjadi pembaca yang benar sayang. Musik dalam film ini sangat spektakuler dan saya tidak hanya mengatakan itu. Ada alasan mengapa soundtrack film ini adalah salah satu soundtrack paling sukses sepanjang masa.

Satu masalah yang orang (dan oleh orang yang saya maksudkan) miliki dengan musikal adalah bahwa musik mengambil dari cerita karena musik akan jauh lebih baik daripada film atau sebaliknya, tetapi di sini keduanya (film dan musik) menyatu bersama dalam cara di mana mereka berdua saling menopang. Ketika berbicara tentang musikal, musik memiliki banyak pekerjaan, dapat menyampaikan apa yang dirasakan karakter, memberikan eksposisi kepada audiens, mendorong cerita ke depan atau membuat Anda merasa baik dan Anda memiliki contoh semua ini di film ini

1) Sampaikan bagaimana perasaan seorang karakter
2) Berikan eksposisi kepada audiens
3) Dorong cerita ke depan
4) Membuat Anda merasa baik

Saya benar-benar dapat menggunakan salah satu lagu dalam film untuk menjelaskan maksud saya karena semuanya melakukan setidaknya satu dari empat hal yang disebutkan. Beberapa dari mereka melakukan lebih dari satu. Satu hal yang dapat saya jamin pasti adalah bahwa semua lagu dalam film ini akan membuat Anda merasa baik dan itu adalah bukti bakat Richard Rogers dan Oscar Hammerstein II yang menulis musik dan lirik untuk broadway asli serta beberapa lagu-lagu baru yang digunakan dalam film.

Pikiran Keseluruhan

Film ini adalah salah satu film paling ikonik yang pernah dibuat dan untuk alasan yang baik. Saya menonton film ini untuk pertama kalinya ketika saya masih anak-anak lebih dari 15 tahun yang lalu dan saya masih memiliki reaksi yang tepat sebagai orang dewasa. Yang lebih mengejutkan adalah menonton orang tua saya menonton film, mereka baru saja kembali dari Wina beberapa minggu yang lalu dan Anda dapat melihat keajaiban di wajah mereka ketika tempat-tempat yang mereka lihat dalam kehidupan nyata ditunjukkan dalam film. Sebagai referensi, ibuku melihat film ini lebih dari 30 tahun yang lalu dan dia bernyanyi bersama untuk setiap kata di bagian atas paru-parunya.

Cara terbaik untuk menggambarkan film ini akan sangat ajaib. Itu memiliki perasaan senang-baik sambil juga menceritakan sebuah kisah yang terasa abadi (dan dalam beberapa hal adalah) sementara juga menyeimbangkan materi pelajaran yang sangat keras dengan cara yang tidak terasa seperti menghilangkan keparahan dari peristiwa sejarah yang ambil tempat. Sesuatu yang banyak dilakukan oleh film berdasarkan peristiwa sejarah.

Ini adalah film pelarian yang sempurna, dan jika sudah beberapa tahun sejak Anda melihatnya, tonton lagi. Saya dapat menjamin bahwa Anda akan mengingat apa yang Anda sukai dari film ini karena itulah yang terjadi pada saya.

Sumber: thecinematicaficionado

No comments:

Post a Comment

Top 10 Sistem Pertarungan Di Game Assassin's Creed Terbaik

Kesuksesan game Assassin's Creed sangat bergantung pada kualitas sistem pertarungannya — manakah yang terbaik dalam hal ini? 17 Mei 2024...