Friday, October 15, 2021

Retrospektif Album P.O.D. "Satellite" 20 Tahun Kemudian

15 Oktober 2021


Selamat Ulang Tahun ke-20 untuk album studio keempat P.O.D. Satellite, awalnya dirilis pada 11 September 2001.

Setiap generasi memiliki lagu dan album yang membantu menenangkan masa-masa paling kacau mereka, dan bagi kita yang beranjak dewasa pada pergantian abad ke-21, Satellite P.O.D. adalah salah satu agen penyembuhan utama kami.

Seperti tanggal terkenal lainnya seperti 7 Desember 1941 dan 22 November 1963, 11 September 2001 adalah hari yang menandai waktu dan memungkinkan untuk mengingat dengan tepat di mana Anda berada saat Anda menyaksikan atau menerima berita bahwa tragedi besar telah melanda Amerika Serikat. Saya masih berusia 12 tahun,. Saya berada ratusan mil jauhnya dari peristiwa seputar apa yang akan kita pelajari adalah empat pesawat yang dibajak yang digunakan dalam serangan 11 September terhadap AS. Seperti banyak orang Amerika lainnya, saya melihat dan menunggu informasi lebih lanjut, sambil memeriksa orang-orang yang saya cintai di rumah di East Coast.


Ketika informasi mengenai serangan itu dikonfirmasi, dan gravitasi dari bencana penuh terjadi, saya pribadi ingat melalui keseluruhan emosi selama hari-hari berikutnya. Sepanjang pengalaman itu, sejujurnya saya tidak ingat secara sadar memikirkan album baru apa yang telah dirilis, namun hidup tidak berhenti terlalu lama, terutama untuk seorang anak berusia 12 tahun, pada hari-hari berikutnya setelah serangan, saya berusaha untuk memproses tragedi besar itu, apa artinya bagi masa depan Dunia kita, dan bagi orang-orang seperti saya, yang telah bersumpah untuk melindunginya. Saya masih ingat untuk memilih sebuah lagu yang telah dirilis beberapa bulan sebelumnya, selama musim panas 2001.

"Alive" oleh P.O.D. akan berubah menjadi musik pick-me-up yang saya bahkan tidak tahu saya butuhkan pada saat itu. Lirik dari bait pertama saja menarikku (“Setiap hari adalah hari baru, aku bersyukur untuk setiap nafas yang kuhirup / Aku tidak akan menerima begitu saja / Jadi aku belajar dari kesalahanku / Itu di luar kendaliku, kadang-kadang yang terbaik adalah melepaskan / Apapun yang terjadi dalam hidup ini / Jadi saya percaya pada cinta, Anda telah memberi saya ketenangan pikiran”). Seiring dengan chorus lagu yang sangat menular, saya telah menemukan tema pemberdayaan rock kontemporer optimis untuk membantu bahan bakar saya melalui minggu-minggu berikutnya pergeseran melelahkan yang diperlukan dalam mengamankan instalasi militer saya ditugaskan selama masa ketidakpastian ini. Sebagai singel utama Satellite, “Alive” memperpanjang kesuksesan komersial P.O.D. setelah album 1999 mereka (dan LP debut label besar) The Fundamental Elements of Southtown.


“Alive” bertahan sebagai salah satu lagu yang lebih membangkitkan semangat sepanjang musim gugur tahun 2001 yang sebagian besar suram dan bertahan sebagai andalan di radio nasional dan televisi musik. Pada musim dingin, P.O.D. merilis single kedua Satellite “Youth of a Nation.” Banyak dari band sezaman menangani subjek seperti kekerasan remaja dan dewasa muda, tetapi ketenaran P.O.D. yang berkembang pesat meningkatkan suara dan pengiriman unik band ke audiens di seluruh dunia. Chemistry antara gitaris Marcos Curiel, bassis Traa Daniels, drummer Wuv Bernardo, dan vokalis Sonny Sandoval secara efektif menyatu; hard rock, hip-hop, reggae, dan funk untuk menambah keragaman sonik pada gerakan Nu-Metal yang terus berkembang.

Pada musim semi 2002, P.O.D. merilis single ketiga mereka dari Satellite, “Boom,” sebuah lagu pesta hard rock yang lebih tradisional. Lebih dari enam bulan setelah serangan 11 September, menjadi jelas bahwa beberapa norma Amerika sebelumnya, seperti perjalanan udara non-invasif dan masuknya pangkalan militer yang tak tertandingi, tidak akan pernah dilanjutkan ke praktik sebelumnya. Pelatihan militer diintensifkan ketika para komandan menunggu perintah peringatan resmi untuk mengerahkan unit mereka ke Afghanistan untuk mendukung apa yang dikenal sebagai Operasi Pembebasan Bertahan. “Boom,” dengan tempo cepat dan bass yang berat, sering menjadi pilihan di playlist tentara muda bersama dengan lagu-lagu dari System of a Down dan Linkin Park.


Banyak sorotan lain dari Satellite datang dengan pengaruh reggae band. “The Messenjah” adalah contoh kuat dari asal mula berbasis agama dan sinkronisitas instrumental P.O.D. Demikian pula, "Ridiculous" menambah resume rock/reggae band tetapi memiliki kegembiraan tambahan dengan menampilkan ikon reggae Eek-A-Mouse. “Without Jah, Nothin” mempercepat langkah dan menampilkan pelopor hardcore-punk H.R. dari band legendaris Bad Brains.

Pada saat judul lagu "Satellite" telah diluncurkan sebagai single keempat dan terakhir dari LP terobosan P.O.D., Amerika dan seluruh dunia adalah tempat yang sangat berbeda dari 12 bulan sebelumnya. Serangan 9/11 telah mengekspos kerentanan AS dengan cara yang tak henti-hentinya dan akan selamanya membentuk kembali Kebijakan Luar Negeri AS, secara geopolitik. Untuk seorang remaja berusia 12 tahun, yang masih mencoba untuk mencari tahu ketika saya melihat kembali pada periode hidup saya, Satellite tidak hanya memberikan dorongan musik yang sangat dibutuhkan, tetapi juga kadang-kadang membantu saya mengkalibrasi ulang secara spiritual.


Perpaduan unik P.O.D. dari berbagai genre musik memberikan suara yang tidak seperti yang lain pada saat itu atau sejak saat itu. Pesan optimisme mereka sama-sama menyegarkan, terutama pada saat-saat khusyuk, yang mungkin merupakan peristiwa yang menentukan bagi generasi saya. Saat kita bersiap untuk merenungkan tragedi besar 11 September 2001 pada hari jadinya yang ke-20, kita juga menghormati kepahlawanan besar yang dipamerkan selama dan setelah peristiwa itu. Di benak saya, saya mendengar lagu-lagu seperti "Alive," yang menjadi salah satu, jika bukan, lagu kebangsaan yang pasti selamat.

P.O.D. akan terus memiliki karir yang makmur dan berpengaruh, terutama selama puncak gerakan Nu-Metal. Proyek mereka yang paling sukses hingga saat ini adalah Satellite LP terobosan 2001 mereka, yang tepat waktu dengan suara khas dan pesan positif yang menyegarkan.

Sumber: albumism

No comments:

Post a Comment

Apakah Ini Saat-saat Buruk atau Saat-saat Baik? Kisah Petani Zen

Ketika kita berhenti berusaha memaksakan kehidupan agar berjalan sesuai keinginan kita, secara alami kita akan merasakan lebih banyak kelent...