Monday, September 21, 2020

50 Tahun Lalu, Black Sabbath Menghadirkan Paranoid yang Luar Biasa

 LP kedua band ini berdiri sebagai salah satu album metal terbesar sepanjang masa

21 September 2020


"Kemerosotan tingkat dua" telah menjadi awal dari akhir dari beberapa aksi rock selama bertahun-tahun. Tapi melihat ke belakang, salah satu kasus di mana kebalikannya terjadi adalah ketika Black Sabbath melahirkan salah satu album metal terbesar sepanjang masa, Paranoid.

Band berbasis di Birmingham, Inggris - penyanyi Ozzy Osbourne, gitaris Tony Iommi, bassis Geezer Butler, dan drummer Bill Ward - telah menarik perhatian penggemar rock dengan debut self-title mereka yang detuned dan doomy (dirilis pada Februari 1970 di Inggris), dan Juni di Amerika Serikat). Dan mereka tidak membuang waktu memanfaatkan desas-desus - menerbitkan Paranoid di Inggris pada bulan September tahun itu. (Itu akan tiba di Amerika pada Januari 1971.)

Sementara Sabbath secara luar biasa menyelesaikan rekaman album debut mereka dalam satu hari, mereka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk tindak lanjutnya. Tidak, kami tidak membicarakan durasi Def Leppard atau Guns N 'Roses… kali ini, mereka memakan waktu lima hari (16-21 Juni), menggunakan studio rekaman (Regent Sound) dan produser (Roger Bain) yang sama dengan pendahulunya.

Meskipun debut tersebut dianggap sebagai salah satu debut besar metal sepanjang masa, Sabbath benar-benar meningkatkan taruhan mereka pada LP kedua mereka - menawarkan upaya yang sangat mematikan. Beberapa album rock atau metal telah menampilkan Side One yang luar biasa seperti yang dilakukan Paranoid, dimulai dengan "War Pigs". Lagu berdurasi hampir delapan menit ini tetap menjadi salah satu lagu anti-perang paling berbisa dalam sejarah rock (mungkin hanya cocok dengan "Fortunate Son" oleh Creedence Clearwater Revival) - dengan lirik yang menggabungkan politik perang bersama dengan teriakan setan (khususnya “Jenderal berkumpul dalam massa mereka / Sama seperti penyihir pada massa hitam” dan “Berlutut babi perang merangkak / Memohon belas kasihan atas dosa-dosa mereka / Setan tertawa, melebarkan sayapnya”).

Berbicara kepada Heavy Consequence, mantan penyanyi Queen of the Stone Age / Screaming Trees Mark Lanegan menjelaskan pentingnya atau mendengar "War Pigs" untuk pertama kalinya. “Saya pertama kali mendengar Black Sabbath saat remaja. Ada seorang anak di sekolah menengah saya yang memiliki apartemen sendiri - dia dari kota lain, harus pergi. Aneh, anak ini hidup sendiri. Tapi dia memainkan 'War Pigs' untuk saya, dan saya membuatnya bermain lima jam berturut-turut. Itu hanya meniup pikiran saya. Saya benar-benar terpesona. "


"War Pigs" diikuti oleh judul lagu ikonik album, tambahan pada menit-menit terakhir album. Power chord cepat lagu, solo gitar fuzzed-out, dan panjang singkat (hanya sekitar 2:48) menonjol dari sisa LP, menawarkan getaran proto-punk. "Paranoid" telah menjadi salah satu lagu paling populer di Sabbath - menjadi single hit sejati pertama mereka (naik dalam Top 5 di tangga lagu single di tujuh negara).

Dan ternyata pria lain yang mengetahui satu atau dua hal tentang menggubah musik klasik metal, bassis Iron Maiden Steve Harris, terinspirasi oleh lagu di masa lalu. "Saya ingat memainkan lagu 'Paranoid' itu sendiri, dan saya ingat benar-benar berjuang dengan itu, dan melempar gitar ke bawah," kenang Harris kepada Heavy Consequence. "Saya melemparkannya ke tempat tidur - saya tidak melemparkannya ke lantai, karena jika saya memecahkannya, saya tidak mampu membeli yang lain. Saya baru belajar dari hal itu bahwa saya harus kembali, menerima apa adanya, dan hanya bermain ketika saya mau, dan tidak memaksanya. Dan kemudian, riffnya baik-baik saja - setelah itu, saya baik-baik saja. Tapi saya ingat dengan jelas riff itu. "

Hampir di setiap album Sabbath, ada tempat yang disediakan untuk setidaknya satu lagu trippy slow-paced, dan di Paranoid, itu adalah "Planet Caravan" tanpa tulang telanjang, yang bertahun-tahun kemudian akan menerima pemeriksaan ulang yang lebih dekat ketika Pantera secara mengejutkan menutupinya di Far Beyond Driven.

Menutup paruh pertama album adalah lagu yang membanggakan salah satu riff gitar metal yang langsung dapat dikenali - "Iron Man". Lagu tersebut telah mempengaruhi musisi yang tak terhitung jumlahnya, termasuk orang yang bertanggung jawab untuk meletakkan beberapa riff gitar paling funki dan terberat yang pernah ada, Tom Morello. "Lagu Sabbath pertama yang menurut saya diubah mungkin adalah 'Iron Man'," kata gitaris Rage Against the Machine kepada Heavy Consequence. “Itu adalah intro saya. Kemudian saya membeli rekaman Paranoid dan kehilangan akal sehat. Saya berpikir, 'Tidak pernah ada musik seperti itu dan itu begitu hebat.' Itu memulai kecintaan saya seumur hidup pada riff. "


Pembukaan Sisi Dua adalah “Electric Funeral” yang sering diabaikan - yang berisi riff gitar Iommi wah-wah'd, dan lirik yang tidak akan pernah Anda temukan di kartu Hallmark: “Bangunan runtuh ke tanah retak / belokan sungai ke kayu, es mencair menjadi banjir / Bumi terletak di hamparan kematian, awan menangis air mati / Merobek kehidupan, inilah bayaran yang membara. "

"Electric Funeral" (bersama dengan lagu berikutnya) dapat menunjukkan kelahiran apa yang kemudian dikenal sebagai metal subgenre doom metal. Karena saat Anda tidak mengira Sabbath tidak bisa menjadi lebih gelap secara lirik, mereka berhasil mengalahkan salah satu lagu mereka yang lebih terlewatkan, "Hand of Doom", yang secara lirik berisi referensi ke Vietnam dan kecanduan narkoba.

Selanjutnya, Ozzy mengambil lima sementara yang lain mempersembahkan rockin 'instrumental, kuliner aneh berjudul "Rat Salad" (frase yang konon dianggap oleh Eddie Van Halen untuk menjuluki nama bandnya, sejak awal), sebelum Paranoid membungkus dengan nada tinggi, dengan rocker lain yang berjudul "Fairies Wear Boots".


Album ini awalnya berjudul War Pigs, tetapi diubah menjadi Paranoid atas permintaan eksekutif rekaman yang merasa "Paranoid" adalah single yang lebih laku - karenanya, karya seni sampul yang membingungkan. Tanggal rilis LP terdaftar sebagai 18 September 1970, yang secara kebetulan dan sayangnya hari yang sama Jimi Hendrix meninggal.

Paranoid, yang telah disertifikasi quadruple platinum di Amerika Serikat, tidak diragukan lagi telah menginspirasi banyak musisi selama bertahun-tahun. Tidak diragukan lagi ada seorang anak muda di suatu tempat saat ini yang baru saja terpesona oleh karya ahli. 50 tahun kemudian, Paranoid terdengar berat dan cemerlang seperti biasanya.


Sumber: Consequenceofsound

No comments:

Post a Comment

Apakah Ini Saat-saat Buruk atau Saat-saat Baik? Kisah Petani Zen

Ketika kita berhenti berusaha memaksakan kehidupan agar berjalan sesuai keinginan kita, secara alami kita akan merasakan lebih banyak kelent...