Sunday, June 6, 2021

Kisah Film Terbaik: Episode 102 - The Red Balloon (1956)

 Film Drama Pendek Terbaik Sepanjang Masa

6 Juni 2021

Rilis: 19 Oktober 1956
Sutradara dan Produser: Albert Lamorisse
Sinematografi: Edmond Sechan
Score: Maurice Le Roux
Distribusi: Lopert Pictures
Pemeran: Pascal Lamorisse
Durasi: 34 Menit
Genre: Fantasi/Keluarga
RT: 95%


Saat itu tahun 1971 dan seorang anak laki-laki pemalu menerobos kerumunan di auditorium gereja untuk melihat layar film. Itu kembali ke Bronx pada usia lima tahun, keluar dari apartemen sempit selama beberapa jam bersama ayahku. Saya pikir itu ayah saya. Dia adalah seorang pecandu alkohol yang kejam, benar, tetapi dia juga menikmati film yang bagus, sementara Ibu kebanyakan menjauhi mereka.

Jika saya tidak begitu ingat bagaimana saya sampai di sana, saya ingat film pendek yang saya lihat sore itu. Lebih dari itu, saya ingat merasakan sesuatu yang sangat istimewa untuk pertama kalinya. Itu empati.

Jika Anda pernah melihat The Red Balloon (Albert Lamorrise, 1956) Anda tahu apa yang saya bicarakan. Plot ramping 34 menit itu sederhana. Seorang anak laki-laki bernama Pascal menemukan balon merah terjerat di lampu jalan dalam perjalanan ke sekolah, mengambilnya, dan menemukan bahwa itu "hidup." Pertama dia memperlakukannya seperti hewan peliharaan, tetapi selama film itu menjadi seperti teman. Pada akhirnya, itu adalah refleksi rumah yang aneh dan menyenangkan, sebuah simbol mungkin untuk individualitas dan identitas anak itu sendiri, bahkan (beberapa orang mengatakan) jiwanya. Dengan demikian, balon merah Pascal kecil segera diserang oleh seluruh dunia.

Sungguh menakjubkan betapa banyak pukulan emosional yang dikemas ke dalam film kecil ini. Itulah kekuatan celana pendek; mereka memiliki kebebasan untuk menikmati simbolisme, bahkan peringkat, sentimen sakarin, tetapi karena singkatnya hal-hal ini tidak mencapai tingkat yang menyebabkan keluhan jika diberi lebih banyak waktu.


The Red Balloon juga, dalam caranya, "film Pixar" non-Pixar pertama dan saya akan mendukungnya dengan apa yang merupakan penghormatan visual yang jelas untuk itu dalam film seperti Up, dan kegemaran umum studio itu untuk vulkanisir pengaturan dasarnya. Dikatakan di tempat lain bahwa premis Pixar terbentang dari "Mainan dengan perasaan" melalui "Mobil dengan perasaan" yang berpuncak (meskipun tidak berakhir) dengan "Perasaan dengan perasaan" (Inside Out, 2015) yang tentu saja semua dikutuk di sini oleh film ini. balon merah emosional. Saya baru-baru ini melihat film lain di mana Pixar terus menerapkan format dasar yang dimulai oleh Lamorisse enam puluh tahun yang lalu, meskipun tidak sepenuhnya berhasil; salah satu film langka mereka, The Blue Umbrella (2013).



The Blue Umbrella dicintai oleh banyak orang, dan bukan film kecil yang buruk. Tentu saja anak saya yang berusia empat tahun menontonnya tiga kali berturut-turut baru-baru ini, tertawa setiap kali, tetapi itu saja. Ini adalah "kisah cinta" kecil yang menyenangkan dan segar antara benda mati yang tidak kita investasikan secara berlebihan, dan yang memberi kita perasaan hangat yang lewat ketika mereka akhirnya berakhir bersama meskipun cuaca buruk. Ini pada dasarnya adalah iklan jangka panjang untuk mencari produk. Mungkin akan menjual banyak Pepsi. Tapi, setelah dilupakan, saya yakin putri saya tidak akan pernah memikirkannya lagi. Tampaknya terinspirasi oleh adegan singkat di The Red Balloon di mana karakter kita berpapasan dengan seorang gadis kecil dan balon birunya sendiri, membujuk momen singkat "aww, betapa imutnya" yang dengan cepat terlupakan. The Blue Umbrella mengalami nasib yang sama seperti sebuah film.

Apa yang membuat The Red Balloon begitu abadi, tetapi sesuatu seperti The Blue Umbrella, begitu sekali pakai? Itu semua dalam aspirasi.

Saya menunjukkan The Red Balloon kepada putri saya baru-baru ini bersama The Blue Umbrella. Dia mungkin agak tidak nyaman dengan orang-orang "nyata" di layar dalam film sebelumnya, pakaian kuno yang aneh, dan juga dengan tampilan filmnya yang kuno. Tapi dia dengan cepat menangkap Pascal kecil dan temannya yang tidak biasa, dan mulai menceritakan tindakan itu pada dirinya sendiri dalam upayanya untuk mengumpulkan cerita. Kemudian datanglah akhir yang terkenal.
 
Abby menjadi kaku dan berhenti bercerita saat anak laki-laki nakal merayap masuk untuk menjebak Pascal dan balon merahnya. Saya pikir dia bahkan berhenti bernapas sejenak ...

Apa yang dilakukan The Red Balloon dengan sangat baik, yang sulit ditiru orang lain, adalah tugas yang paling kuat dalam mendongeng, dan yang paling sulit. Ini menciptakan kebutuhan mutlak pada pemirsa untuk mengetahui apa yang terjadi selanjutnya, bahkan jika itu menyakitkan untuk ditonton. Bukan hanya keingintahuan, ingatlah, seperti godaan kasual antara dua payung, tetapi kebutuhan mendalam untuk terus menonton. Ketika sebuah film membawa pemirsa mudanya ke tempat yang tidak nyaman di mana mereka tidak merasa di tanah yang kokoh, dan kemudian membawa mereka melintasi jurang itu, mereka tiba pada momen khusus dalam kehidupan emosional mereka di mana mereka dapat tumbuh sedikit. Ini adalah momen penyerahan diri, ketika hati terbuka lebar dan kita mengakui pengalaman baru yang mungkin kita perlukan untuk tetap utuh secara emosional, bahkan spiritual, di dunia yang seringkali kejam. Sederhananya, cerita-cerita hebat dapat mengajari kita untuk mengatasi masalah kita, dan film anak-anak tidak terkecuali.

Gadis kecilku tersentak ketika batu pertama itu mengenai balon merah. Menjadi jelas baginya bahwa Pascal tidak akan pernah bebas untuk menyimpannya, bahwa balonnya akan hancur. Saya bisa melihat itu tidak nyaman baginya, tetapi kami terus menontonnya bersama, jari saya siap di tombol stop.

Dia mengeluarkan tangisan lemah lembut saat balon merah jatuh ke tanah...

"Oh tidak…"

Dan kemudian dia tetap diam saat dia melihatnya "mati".

Seperti ayahnya sebelumnya, dia merasakan sesuatu yang sangat dalam, mungkin untuk pertama kalinya. Saya tidak dapat mengatakan dengan pasti apa itu, tetapi karena kami adalah daging dan darah, saya tidak dapat menahan perasaan sejenak bahwa kami entah bagaimana kembali ke auditorium gereja itu bersama-sama, merasakan hal yang sama.


Ketika semua balon Paris datang ke sisi Pascal di akhir, putri saya juga memiliki reaksi yang sama dengan saya hampir 50 tahun yang lalu, tetapi ini saya tahu karena dia membagikannya kepada saya. Bukan kegembiraan (tujuan akhir dari banyak film anak-anak lainnya) tetapi kebingungan. Mengapa mereka tidak datang lebih awal? Mengapa mereka tidak menyelamatkan balon merah itu? Akhir dari film ini, secara harfiah mengangkat citranya, tidak begitu membangkitkan semangat itu sendiri. Sungguh melankolis.

Tetapi pada usia yang tepat, itu tak terlupakan.


Butuh waktu bertahun-tahun bagi saya untuk menghargai pemberian Balon Merah kepada putranya Pascal dan, lebih jauh lagi, kepada semua penonton muda film tersebut. Dia mendapatkan (Anda dapat menebaknya) empati. Dia tidak akan pernah lagi tidak memperhatikan jiwa-jiwa unik yang memperkaya hidupnya, atau pernah lagi menerima begitu saja. Lebih penting lagi, dia akan merasakan rasa sakit mereka. Dan ini mudah-mudahan meluas ke generasi anak muda yang melihat The Red Balloon untuk pertama kalinya, pada saat yang tepat. Rahasia The Red Balloon dimaksudkan untuk diserap sebagai anak muda, tetapi dihargai sebagai orang dewasa, dan itulah mengapa tetap bersama Anda.

Itulah yang bisa dilakukan sebuah film, dan apa yang tampaknya diserap Pixar dari The Red Balloon langsung ke dalam DNA penceritaannya, dengan beberapa pengecualian. Sebuah film anak-anak yang hebat mengambil perangkatnya yang sederhana dan mengubahnya menjadi sebuah pengalaman yang membangunkan sesuatu di dalam diri kita yang tidak kita duga ada di sana.

Itu benar-benar mengubah kita.


Sumber: reviews4dads

No comments:

Post a Comment

Top 10 Sistem Pertarungan Di Game Assassin's Creed Terbaik

Kesuksesan game Assassin's Creed sangat bergantung pada kualitas sistem pertarungannya — manakah yang terbaik dalam hal ini? 17 Mei 2024...