Tuesday, November 10, 2020

Pidato Iggy Pop Untuk Nine Inch Nails Rock Hall of Fame 2020

10 November 2020


Iggy Pop memuji musik pesta "gelap dan kesepian" Nine Inch Nails dan "artis master" Trent Reznor saat penyanyi Stooges menyambut band The Downward Spiral ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.

"Mendengarkan musik Nine Inch Nails '- yang sering disebut' industrial '- saya sebenarnya banyak mendengar funk," kata Pop dalam pidato induksinya. "Dengarkan saja 'Closer', dan fondasinya bisa jadi Stevie Wonder atau George Clinton, tetapi di atas itu semua adalah proses kehancuran emosional yang terfokus dan tanpa henti yang melukiskan potret rasa sakit, tekanan, dan ketidakpuasan."

Pop melanjutkan, “Itu adalah soundtrack pesta gelap dan sepi yang mulai diputar di Amerika pada periode itu.” Pop, seorang pentolan magnetis dalam dirinya sendiri, juga membandingkan Reznor dengan Marc Bolan, Kurt Cobain, dan Bob Dylan, yang masing-masing memiliki kemampuan "hanya untuk terhubung" dengan audiens mereka.

Karena pandemi virus corona, upacara Rock and Roll Hall of Fame 2020 dilakukan secara virtual, dengan Depeche Mode, Doobie Brothers, Whitney Houston, Nine Inch Nails, Notorious B.I.G., dan T.Rex dilantik selama acara khusus HBO pada 7 November.

Berikut isi pidato Iggy Pop:

Ketika saya pertama kali mendengar tentang Nine Inch Nails dan saya mendengar sedikit musik mereka, saya berpikir, "Siapa orang ini?" Jadi saya melihatnya dan saya melihat wajah langsung dari Spanyol abad ke-15. Saya pikir Trent bisa memainkan Zorro. Jika dia hidup pada saat yang tepat, saya pikir dia bisa saja dilukis oleh Velasquez atau El Greco, dan potretnya mungkin lukisan di Prado hari ini.

Mendengarkan musik Nine Inch Nails - yang sering disebut "industrial" - saya benar-benar mendengar banyak funk. Dengarkan saja "Closer", dan fondasinya bisa jadi Stevie Wonder atau George Clinton, tetapi di atas itu semua adalah proses kehancuran emosional yang terfokus dan tanpa henti yang melukiskan potret rasa sakit, tekanan, dan ketidakpuasan.

Itu adalah soundtrack pesta gelap dan sepi yang mulai diputar di Amerika pada periode itu, jadi saya menyebutnya, bukan industri, tetapi suara ambisi industri dan digital.

Saya pergi ke pertunjukan Nine Inch Nails di Forum di Los Angeles, yang bersama dengan David Bowie, dan Trent memegang bagian tengah ruangan itu hanya dengan menjadi semacam titik gelap, membungkuk di belakang mikrofon. Saya telah melihat hal yang sama dicapai dengan cara yang berbeda oleh T. Rex di Wembley, Nirvana di Klub Piramida, dan Bob Dylan di tahun '65. Ini adalah ciri seniman master, hanya untuk terhubung.

Novelis Prancis yang kontroversial dan brilian, Michel Houellebecq, ketika ditanya tentang rahasia kesuksesannya, berkata, “Mudah: Katakan yang sebenarnya.” Mendengarkan Nine Inch Nails terasa seperti mendengarkan kebenaran, sehingga Anda sedikit lebih dekat dengan Tuhan. Merupakan kehormatan bagi saya untuk membantu memasukkan Trent Reznor dan Nine Inch Nails ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.

Sumber: RollingStone

No comments:

Post a Comment

Apakah Ini Saat-saat Buruk atau Saat-saat Baik? Kisah Petani Zen

Ketika kita berhenti berusaha memaksakan kehidupan agar berjalan sesuai keinginan kita, secara alami kita akan merasakan lebih banyak kelent...