Tuesday, January 18, 2022

30 Tahun Berakhir: MTV Unplugged Dengan Eric Clapton

18 Januari 2022

Sulit dibayangkan, tetapi 16 Januari 2022 menandai Hari Jadi ke-30 pembuatan film dan rekaman blockbuster Eric Clapton Unplugged di hadapan penonton studio langsung. Pada tanggal itu pada tahun 1992, 300 penggemar musik naik pelatih di London untuk Bray Studios dekat Windsor. Sedikit yang mereka tahu sejarah musik akan dibuat di Soundstage 1 saat MTV memfilmkan episode pembukaan musim ketiga Unplugged.

Ketika MTV Unplugged dengan Eric Clapton memulai debutnya di televisi pada Maret 1992, itu menjadi acara dengan rating tertinggi di seri ini. Itu terbukti sangat populer sehingga "Bagian 2" yang menampilkan beberapa lagu yang tidak termasuk dalam siaran aslinya disatukan untuk disiarkan pada bulan Juni. Album live yang dihasilkan, dirilis pada bulan Agustus itu, menjadi album dengan penjualan terbesar dalam karir Eric.

Premis MTV Unplugged sederhana: musisi yang terkait dengan musik yang diperkuat akan "mencabut" dari ampli dan efek mereka dan melakukan pertunjukan akustik yang dipreteli dan terkadang lagu-lagu yang dikerjakan ulang secara radikal. Pada saat MTV mendekati Eric, Paul McCartney, Don Henley, Stevie Ray Vaughan, The Allman Brothers Band, Sting, Elvis Costello dan lain-lain telah ditampilkan. Episode Eric akan menjadi momen terbaik acara tersebut. Musiknya minimalis, bergantian antara lagu pop dan blues tradisional yang memengaruhi masa mudanya. Dia memulai debutnya dengan lima lagu baru, semuanya ditulis dalam bulan-bulan setelah kematian tragis putranya yang masih kecil, Conor, Maret sebelumnya. Secara keseluruhan, itu adalah beberapa musik terbaik yang pernah direkam oleh Eric Clapton.

Dalam sebuah wawancara yang direkam pada sore hari rekaman, Eric berkata, “Ketika saya pertama kali mulai bermain, saya memainkan banyak gaya jari. Saya tidak pernah benar-benar dapat menemukan kombinasi yang tepat antara pick datar, finger pick atau thumb pick, jadi cara termudah untuk belajar bermain – meskipun cukup berat di ujung jari – adalah gaya jari. Saya pikir Anda mendapatkan nada yang bagus seperti itu; ada suara indah yang bisa didapat dari jari yang benar-benar menyentuh senar. Saya tidak keberatan mencobanya dengan listrik. Itu adalah sesuatu yang baru saja saya mulai kerjakan lagi.” Salah satu perkembangan dari Unplugged adalah bahwa dia memang mulai memainkan gaya jari pada gitar listrik dan terus menonjol dalam pertunjukan dan rekaman live-nya.


Pada tanggal 6 Januari 1992, BBC Radio 1 membagikan 150 pasang tiket untuk rekaman itu. Pertanyaan kompetisi tidak perlu dipertanyakan lagi, bahkan untuk penggemar musik kasual, “Di mana Eric tinggal saat merekam ‘I Shot The Sheriff’?” Jawaban: 461 Ocean Boulevard. Para pemenang diberitahu bahwa pertunjukan akan berlangsung di "lokasi rahasia". Mereka juga diberi sepucuk surat yang sebagian berbunyi: "Anda semua harus menyadari bahwa duduk tidak atas dasar 'siapa cepat dia dapat.' Produser acara akan mengalokasikan semua kursi mereka. Ini akan tergantung pada berbagai poin misalnya warna yang Anda kenakan, dll. Harap bersabar saat proses ini sedang berlangsung."

Setelah semua orang duduk dan arahan yang diberikan oleh manajer panggung, Eric berjalan keluar dengan tepuk tangan meriah. Dia duduk di tengah panggung dengan gitar akustik 6 dan 12 senar dan dobro yang mudah dijangkau. Band baru yang direkrut Andy Fairweather Low (gitar ritme dan mandolin) duduk di sebelah kanannya dengan Nathan East (bass) di sebelah kirinya. Di belakang mereka ada Steve Ferrone (drum), Ray Cooper (perkusi), Chuck Leavell (piano), serta Katie Kissoon dan Tessa Niles (vokalis pendukung). Itu adalah pemotretan televisi yang khas dengan banyak berhenti dan mulai selama dua jam. Beberapa lagu harus diulang karena masalah teknis.

Eric dan bandnya membuka rekaman dua jam dengan samba melenting, "Signe" (urutan lagu akan diubah untuk siaran televisi dan lagi untuk rilis video rumahan dan CD; segmen wawancara juga akan dipotong dari rilis video rumahan ). Pada daftar set yang ditulis tangan Eric – yang dapat dilihat sekilas ditempelkan ke meja di sebelahnya – terdaftar sebagai “instrumental”. Itu juga merupakan indikasi publik pertama dari kecintaan Eric pada musik Brasil. Eric kemudian mengatakan dia menulisnya di kapal pesiar bernama "Signe," yang telah dia petakan musim panas sebelumnya. Itu juga merupakan lagu pertama yang dia tulis sebagai bagian dari proses penyembuhannya setelah kematian putranya.

12-bar blues Bo Diddley "Before You Accuse Me" dan "Hey Hey" menampilkan Eric dan Andy pada gitar tanpa anggota band lainnya ditampilkan berikutnya. Eric menunjukkan, “Pertunjukan ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk memberi penghormatan kepada hal-hal yang awalnya memengaruhi saya. 'Hey Hey' adalah semi-instrumental oleh Big Bill Broonzy, dan itu mungkin salah satu album blues pertama yang pernah saya dengar. Itu adalah lagu yang biasa saya mainkan di pub ketika saya masih sangat muda. Saya tidak pernah merasa bahwa saya menguasainya, jadi itulah mengapa kami melakukannya dengan dua gitar.”

Tiga lagu baru menyusul – “Circus Left Town”, “Tears In Heaven” dan “Lonely Stranger“ – dengan band lengkap. Diterima dengan hangat, itu ditulis selama musim panas 1991 saat Eric berduka karena kehilangan putranya yang berusia empat tahun, Conor. Dia berkata, “Beberapa lagu masih dalam tahap pengembangan yang sangat awal, tetapi mereka akan direkam suatu hari nanti. "The Circus Left Town" adalah tentang putra saya dan malam terakhir yang saya habiskan bersamanya, yang sebenarnya adalah di sirkus. Tidak banyak yang bisa saya katakan tentang itu kecuali lagu-lagu ini membantu saya melewatinya masa yang sangat sulit dalam hidup saya dan saya ingin mempublikasikannya.” Selama beberapa tahun berikutnya, penggemar mendengar "Circus Left Town" berkembang di atas panggung selama tur Eric di seluruh dunia. Pada tahun 1998, judulnya disingkat menjadi "Circus" ketika Eric merekamnya untuk albumnya, Pilgrim.

“Tears In Heaven” membahas kehilangan Eric dalam istilah yang tegas dan kuat. Sepanjang karirnya, lagu-lagu Eric yang paling populer berasal dari emosi di inti keberadaannya. “Tears In Heaven” bergema dengan publik tidak seperti yang lain. Dia berkata, “Saya pikir dengan apa yang terjadi pada saya tahun lalu – kehilangan putra saya – audiens saya akan sangat terkejut jika saya tidak merujuknya. Dan saya tidak ingin menghina mereka dengan tidak berbagi kesedihan saya dengan mereka dalam beberapa cara. Jadi saya berniat untuk membuat hal-hal ini diketahui dan saya akan memainkan lagu-lagu di konser dan merekamnya. Ini adalah proses penyembuhan bagi saya, dan saya pikir penting untuk membagikannya kepada orang-orang yang menyukai musik Anda.” Setelah lagu selesai, Eric jelas tergerak oleh respons penonton terhadapnya; sebuah adegan yang akan terulang di seluruh dunia selama Tur tahun 1992-nya.

Rekaman itu dilanjutkan dengan lagu Jimmy Cox "Nobody Knows You When You're Down And Out". “Saya mempelajarinya dan memainkannya di pub, ketika saya berusia 15, 16 tahun. Itu adalah bagian dari repertoar awal saya. Saya memainkannya tanpa iringan dan itu adalah salah satu lagu pertama yang saya rasa bisa saya nyanyikan karena itu adalah lagu melodramatis. Aku bisa memasukkan semua kecemasan ini ke dalamnya. Ketika saya bersama Derek and The Dominos, kami membuat versinya, tetapi ini adalah cara yang awalnya saya lakukan dengan gitar akustik, ”kata Eric di sela-sela komentar lagu.

Kejutan terbesar malam itu adalah berikutnya. Itu juga merupakan lagu yang telah direkam oleh The Dominos. Eric secara radikal mengerjakan ulang salah satu lagunya yang paling terkenal, "Layla", sebagai slow shuffle. Mengatakan kepada penonton, "Lihat apakah Anda dapat melihat yang ini," Eric dan band meluncurkannya. Hanya butuh beberapa saat sebelum salah satu penonton berteriak “yeah!” dengan yang lainnya memberikan tepuk tangan yang meriah, teriakan dan peluit sepersekian detik kemudian. Eric menceritakan bahwa "'Layla' membuat saya bingung. Saya telah melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun, dan tidak pernah mempertimbangkan untuk mengubahnya. Banyak artis melakukan itu. Bob Dylan, misalnya, mengubah segalanya setiap kali dia bermain sebuah lagu. Saya pikir ini adalah kesempatan bagus lainnya untuk melepasnya di jalur yang berbeda dan membuatnya menjadi shuffle. Sebagai permulaan, membuatnya akustik menyangkal semua riff yang akan terdengar agak lemah sebenarnya di akustik. Itu sepertinya menjadi lebih jazz. Dan, tentu saja, saya menyanyikannya satu oktaf ke bawah, yang memberikan suasana yang menyenangkan". Penerimaan sangat baik sehingga dirilis sebagai single album, didukung dengan versi Unplugged dari "Tears In Heaven".

Sepanjang rekaman itu, selera humor Eric yang tajam menonjol. Momen paling lucu datang setelah "Layla". Seorang penata rias bergegas untuk membuat bedak bersinar dari wajah Eric dan Nathan. Sutradara kemudian memutuskan lebih banyak riasan adalah ide bagus yang mendorong Eric untuk bertanya, "apa yang terjadi pada bagian pertama pertunjukan karena saya tidak memakainya sejak awal?" Penata rias mencoba membujuknya dengan mengatakan "hanya yang terkecil, yang paling kecil" tetapi Eric dengan main-main menggeram, "Saya tidak ingin tidak ada riasan. Turun!" Beberapa detik kemudian, Eric mengusap wajahnya dan merengek, "Saya tidak bisa memainkannya," menyebabkan banyak tawa di antara band dan penonton.

The Sun, dengan gaya khas tabloid, mengambil sejumlah besar lisensi puitis dengan momen yang sangat ringan ini ketika mereka melaporkannya pada 27 Januari 1992: "ERIC CLAPTON kehilangan ketenangannya dengan seorang sutradara MTV yang menghentikannya di tengah lagu selama pertunjukan akustik di Windsor, Berks. untuk merias wajah band. 'Aku artis af******, bukan boneka Barbie,' dia mengamuk." Bicara tentang menyepuh bunga bakung!

Setelah "Layla" yang dikerjakan ulang, Eric memperkenalkan lagu baru lainnya, "My Father's Eyes". Dia berkata, “Ini masalah yang sangat pribadi, tetapi saya tidak pernah bertemu ayah saya, dan saya menyadari bahwa yang paling dekat yang pernah saya lihat di mata ayah saya adalah ketika saya menatap mata putra saya. Jadi saya menulis lagu ini tentang itu. Ini adalah siklus yang aneh yang terjadi pada saya, dan hal lain yang saya rasa ingin saya bagikan”. Lagu tersebut dipotong dari siaran dan dihilangkan dari rilis resmi hingga edisi 2013 Expanded and Remastered keluar. Selama beberapa tahun berikutnya, Eric menampilkannya di atas panggung secara teratur dan seperti, "Circus," "My Father's Eyes" akan direkam untuk Pilgrim tahun 1998.

“Running On Faith” adalah yang berikutnya, dengan Eric mengambil dobro dan slide kaca untuk lagu tersebut. Eric menceritakan, “Itu ada di Journeyman jadi saya tahu bahwa lagu itu mudah diadaptasi. Itu adalah pilihan yang jelas dan juga merupakan lagu yang cukup terkenal dan bagian dari repertoar panggung saya yang biasa. Saya pikir itu bagus untuk memasukkannya.” Dia melanjutkan, “Saya memainkan dobro karena saya melakukannya di rekaman. Saya tidak memainkannya di atas panggung jadi itu adalah kesempatan lain. Program ini memberi saya semua kesempatan untuk melakukan hal-hal yang selalu saya lakukan di rumah tetapi tidak dilakukan di atas panggung.”

Bagian utama dari rekaman itu bergerak cepat menuju akhir dan itu tidak lain adalah blues. “Walking Blues” – digunakan sebagai lagu pembuka untuk MTV Unplugged with Eric Clapton – siaran Part 2 – menampilkan Eric sendirian di dobro. Meskipun itu akan menjadi hal yang biasa di tahun-tahun berikutnya, ini adalah pertama kalinya para penggemar melihat dan mendengar lagu yang dibawakan dengan cara ini. "Walking Blues", seperti yang dilakukan oleh Eric untuk Unplugged, sebenarnya adalah hibrida. Dia meminjam bagian gitar dari "Feel Like Going Home" milik Muddy Waters, dan menambahkan lirik Robert Johnson. Eric mengenang, “Ini semacam penghargaan simultan saya untuk mereka berdua. Itu adalah lagu yang saya mainkan sejak saya berusia 14 tahun, tetapi baru-baru ini saya memutuskan untuk mulai menyanyikannya.”

Selanjutnya adalah lagu lama Snooks Eaglin, “Alberta”, dengan awal yang lucu dan salah; Eric lupa melepas slide kaca dari jari kelingkingnya dan menyuruh band untuk "bertahan, bertahan." Seperti semua lagu sampul dalam pertunjukan, itu adalah hal lain yang dia dengar selama masa mudanya yang selalu ingin dia lakukan. Dia mengatakan itu “dapat diakses oleh saya sebagai pemain gitar pemula, karena terdiri dari tiga akord dan hanya memetik lurus. Itu hanya bersarang di kepala saya sebagai lagu yang sangat sentimental dan bagian dari pengaruh awal saya”.

“San Francisco Bay Blues” – tampil dengan kazoo seperti “versi one man band” asli Jesse Fuller dan “Malted Milk” (cover kedua Robert Johnson malam itu) menyelesaikan semuanya. Tapi tak lama setelah memberitahu penonton studio "itu saja," Eric mengatakan mereka perlu melakukan dua - tidak tiga - tidak LIMA lagu lagi dan menambahkan "jika Anda tidak keberatan, saya tidak keberatan." Tak perlu dikatakan, tidak ada yang keberatan!

Setelah pengambilan kedua "My Father's Eyes" ada jeda singkat dan kamera dimatikan. Eric melakukan "Rollin' and Tumblin'" dadakan, yang terakhir kali ia tampilkan bersama Jack Bruce dan Ginger Baker di Cream. Para musisi berpengalaman dengan cepat mengambilnya dan penonton bertepuk tangan. Sutradara, menyadari betapa berharganya ini, memberi isyarat kepada kru untuk mulai syuting. Mereka hanya berhasil menangkap sebagiannya, itulah sebabnya perekaman dimulai secara tiba-tiba. Bahkan, Eric sangat senang ketika lagu itu berakhir, dia bertanya kepada sutradara, “Apakah kamu mengerti?”

“Running On Faith”, “Walking Blues”, “San Francisco Bay Blues” dan “Malted Milk” kemudian diputar untuk kedua kalinya. Lagu terakhir yang direkam adalah “Worried Life Blues” – yang dipotong dari siaran dan rilis tahun 1992 tetapi disertakan dalam edisi 2013 – dan “Old Love” dari Journeyman tahun 1989. Yang terakhir adalah salah satu poin tertinggi malam itu, dengan Eric mengambil solo improvisasi panjangnya yang biasa selama lagu. Itu ditangkap dalam satu pengambilan brilian di penghujung malam.

Apa yang mengejutkan banyak orang pada saat itu adalah suara kaya Eric. Dia berkata, “Sangat menyenangkan bisa bernyanyi dengan full band secara akustik dan dapat mendengar suara Anda; Saya merasa jauh lebih mudah untuk menyesuaikan volume suara saya sendiri. Di atas panggung, saya sepertinya bernyanyi terus menerus. Di sini, saya bisa bernyanyi dengan tenang, dan memiliki jangkauan yang lebih dinamis.”

Nathan East, anggota lama band Clapton, mengenang WE! pada tahun 2012 tentang rekaman Unplugged. Nathan berkata, “Merupakan suatu kehormatan untuk berada di atas panggung bersama Eric dan ini menjadi penampilan yang sangat spesial karena berbagai alasan. Aransemen baru dari lagu-lagu seperti 'Layla', 'Old Love' dan 'Running On Faith' mengubah lagu-lagu ini menjadi klasik lagi. Tentu saja, 'Tears in Heaven' memiliki dampak yang kuat pada keseluruhan konser menjadi penghargaan emosional untuk Conor kecil yang semangatnya memenuhi ruangan. Saya menyukai seluruh pengalaman dan tantangan untuk menyajikan musik Eric dengan cara yang benar-benar tidak terhubung! Suasana di atas panggung begitu santai, bandnya luar biasa dan rasanya seperti ruangan yang penuh dengan teman-teman yang berbagi musik bersama pada suatu sore di pedesaan." Ketika ditanya apa lagu favoritnya, Nathan memberi tahu kami, "'Tears In Heaven ', 'Alberta', 'Nobody Knows You When You're Down and Out', 'Running On Faith', 'Layla', 'Before You Accuse Me', 'San Francisco Bay Blues', 'Old Love', 'Hey Hey' dan 'Walkin' Blues'.”

Pada kesempatan Ulang Tahun album ke-20, Gitaris Andy Fairweather Low mengatakan kepada WE!, "Saya hanya punya satu pemikiran - 'Hei Eric, kita harus melakukan ini lagi!' Itu adalah momen paling luar biasa dalam hidup saya. Tidak lebih, tidak kurang. Luar biasa."

Pada saat itu, tidak ada yang menyadari betapa suksesnya album itu nantinya. Bahkan, Eric bahkan tidak mau merilisnya karena merasa album studionya tidak sebaik materi baru. Setelah beberapa bujukan, album ini dirilis pada 25 Agustus 1992 dengan beberapa ulasan terbaik dalam karirnya. Album ini memperbaharui minat publik pada Eric, meningkatkan popularitasnya ke tingkat yang hampir tak terbayangkan (seperti penampilan 3 lagunya di Live Aid yang telah dilakukan 7 tahun sebelumnya pada tahun 1985) dan menetapkannya kembali sebagai artis yang harus diperhitungkan. Penggemar yang sama sekali baru datang dan generasi gitaris lain terinspirasi. Album ini kemudian menerima Diamond Record Award pertama (penjualan lebih dari 10 juta di AS), dan mengumpulkan 3 Grammy Awards (Album of the Year, Best Rock Song – “Layla” dan Best Male Rock Vocal Performance). Selama 18 bulan setelah dirilis, "Layla" dan "Tears In Heaven" berada di rotasi besar di stasiun radio di seluruh dunia. Ini memetakan nomor satu di empat negara, termasuk Amerika Serikat, dan berada di posisi tiga teratas di empat negara lainnya.

Versi acara yang diedit ulang dirilis untuk ditonton di rumah pada VHS dan cakram laser. Pada tahun 1997, diterbitkan dalam bentuk DVD. Format DVD sangat menarik bagi audiophiles karena memiliki audio dalam suara Dolby Digital Surround. Pada tahun 2013, Reprise Records merilis Unplugged: Expanded and Remastered sebagai set 2-CD/DVD dengan versi remaster dari album asli ditambah enam keluaran yang belum dirilis pada CD kedua. DVD memiliki versi konser yang baru dipulihkan, serta lebih dari satu jam cuplikan yang sebelumnya tidak terlihat dari latihan.

Dalam retrospeksi, pujian kritis dan penerimaan publik dari Unplugged membantu membuka jalan bagi kembalinya Eric ke format all blues dengan From The Cradle (1994) dan memungkinkannya untuk merekam album yang jauh lebih pribadi, serta menampilkan set "unplugged" di wisata selanjutnya. Pertunjukan live yang menakjubkan seperti "Driftin'" membuktikan kekuatan dan perkembangan permainan akustik Eric. Set akustik, seperti siaran asli Unplugged, sekarang berfungsi sebagai platform bagi Eric untuk membawakan lagu-lagu yang memengaruhinya seperti "When You've Got A Good Friend," "Alabama Woman," "Goodnight Irene" dan "Man Of The World ," dan untuk mengerjakan ulang lagu-lagu dari katalog belakangnya seperti "I've Got A Rock N Roll Heart," "Wonderful Tonight" dan "Lay Down Sally." Terakhir, episode Eric dari Unplugged dengan jelas menunjukkan bahwa seorang pria yang hanya dipersenjatai dengan gitar akustik dapat benar-benar bergoyang.

The Eric Clapton MTV Unplugged Band

Eric Clapton – guitar / vocals
Andy Fairweather Low – guitar
Nathan East – bass
Steve Ferrone – drums
Ray Cooper – percussion
Chuck Leavell – keyboards
Katie Kissoon – backing vocals
Tessa Niles – backing vocals

The Complete Performance Set List

01. Signe
02. Before You Accuse Me
03. Hey Hey
04. Tears In Heaven (not broadcast)
05. Circus Left Town
06. Lonely Stranger
07. Nobody Knows You When You’re Down And Out
08. Layla
09. Signe – Take 2 (not broadcast)
10. My Father’s Eyes (not broadcast)
11. Running On Faith
12. Walking Blues (not broadcast)
13. Alberta
14. San Francisco Bay Blues (not broadcast)
15. Malted Milk (not broadcast)
16. Signe – Take 3 (not broadcast)
17. Tears In Heaven – Take 2
18. My Father’s Eyes – Take 2 (not broadcast)
19. Rollin’ And Tumblin’
20. Running On Faith – Take 2 (not broadcast)
21. Walking Blues – Take 2
22. San Francisco Bay Blues – Take 2
23. Malted Milk – Take 2
24. Worried Life Blues (not broadcast)
25. Old Love

MTV Original Broadcast Version

Debut 11 Maret 1992  di AS dan 27 dan 29 Maret di Inggris
01. Before You Accuse Me
02. Lonely Stranger
03. Running On Faith
04. Nobody Knows You
05. Layla
06. Tears In Heaven
07. Circus Left Town
08. Alberta
09. Rolling And Tumbling
10. Old Love

MTV “Part 2” Broadcast

Debut Juni 1992
01. Walking Blues
02. Hey Hey
03. Layla
04. Rollin’ And Tumblin’
05. Signe
06. Malted Milk

2013 Unplugged: Expanded & Remastered Track List

CD and DVD Disc One
01. Signe
02. Before You Accuse Me
03. Hey Hey
04. Tears In Heaven
05. Lonely Stranger
06. Nobody Knows You When You’re Down And Out
07. Layla
08. Running On Faith
09. Walkin’ Blues
10. Alberta
11. San Francisco Bay Blues
12. Malted Milk
13. Old Love
14. Rollin’ & Tumblin’

CD Disc Two – Outtakes & Alternates (All Tracks Previously Unreleased)
01. Circus
02. My Father’s Eyes (Take 1)
03. Running On Faith (Take 1)
04. Walkin’ Blues (Take 1)
05. My Father’s Eyes (Take 2)
06. Worried Life Blues

DVD Disc Three - Rehearsal
01. Signe
02. Before You Accuse Me
03. Hey Hey
04. Tears In Heaven
05. Circus
06. Lonely Stranger
07. Nobody Knows You When You’re Down And Out
08. Layla
09. My Father’s Eyes
10.  Running On Faith
11.  Walkin’ Blues
12.  Alberta
13.  San Francisco Bay Blues
14.  Malted Milk

Fakta yang tidak banyak diketahui: Lou Reed dijadwalkan untuk merekam sebuah pertunjukan untuk MTV di Bray Studios segera setelah rekaman Eric, yang dimulai pada pukul 18:15. Para pemenang hadiah Clapton diundang untuk menonton rekaman kedua ini, tetapi Lou Reed tidak pernah muncul!

Sumber: whereseric

No comments:

Post a Comment

Top 10 Sistem Pertarungan Di Game Assassin's Creed Terbaik

Kesuksesan game Assassin's Creed sangat bergantung pada kualitas sistem pertarungannya — manakah yang terbaik dalam hal ini? 17 Mei 2024...