Sunday, November 20, 2022

Kisah Film Terbaik: Episode 177 - Encounters of the Spooky Kind (1980)

 Film Beladiri Horor Terbaik Sepanjang Masa

20 November 2022

Rilis: 24 Desember 1980
Sutradara: Sammo Kam-Bo Hung
Produser: Chan Pui-Wah, Raymond Chow, Lau Chi-chong
Sinematografi: Lee Yau-Tong, Ng Cho-wah
Score: Frankie Chan
Distribusi: Golden Harvest
Pemeran: Sammo Hung, Wong Ha, Dick Wei, Lam Ching-ying, Wu Ma
Durasi: 102 Menit
Genre: Aksi/Komedi

Taruhan Anda tidak menyadari ada Kung Fu Horror Comedies. Apakah Anda pikir saya akan membiarkan November berlalu tanpa membicarakan film seram? Saya menggunakan spooky secara bebas karena semua yang ada di Spooky Encounters (yang judul aslinya Encounters of the Spooky Kind) sebenarnya cukup jinak. Pasti ada elemen supernatural di sini dan satu adegan sangat mengganggu, tetapi film ini cukup tradisional dalam hal pengaturannya.

Saya sebenarnya tidak sepenuhnya yakin mengapa saya pernah mencoba film ini saat remaja. Saya baru saja masuk ke film Kung Fu sekitar tahun 2004 dan 20th Century Fox (RIP) telah memperoleh hak internasional untuk mendistribusikan banyak produksi Golden Harvest. Ini diwujudkan dalam beberapa DVD yang agak bagus yang diperbarui dengan transfer layar lebar anamorphic penuh dan bahkan suara surround. Saya pikir harga rendah dan fakta bahwa Sammo Hung mengarahkannya adalah yang membuat saya lebih unggul.

Pada saat itu, saya tidak menyadari betapa pentingnya film itu sebenarnya. Setelah dirilis pada tahun 1980, Spooky Encounters memulai seluruh sub-genre Komedi Horor Kung Fu. Disebut sebagai genre "jiangshi", itu mencampur cerita rakyat tradisional Tiongkok dengan seni bela diri dan melahirkan vampir melompat konyol yang juga bisa menendang pantat Anda. Jika Anda penggemar game Darkstalker Capcom, karakter Hsien-Ko terinspirasi langsung dari karya Hung.


Plotnya adalah campuran aneh dari tema yang berbeda dan hampir terasa seperti beberapa film yang dijepit bersama. Bold Cheung (Hung) adalah seorang pria yang dikenal di kampung halamannya sebagai orang yang tak kenal takut. Setelah mengalami mimpi buruk yang mengerikan di mana dia dimakan oleh beberapa zombie, dia bangun dan memulai kehidupan sehari-harinya. Sebagai pengemudi becak, dia hidup sederhana, tetapi selalu menginginkan lebih.

Setelah ditantang oleh beberapa rekannya untuk membuktikan keberaniannya, film ini dengan cepat mulai mencoba-coba supranatural dengan mengadu Cheung dengan beberapa vampir cermin ... atau sesuatu. Itu tidak pernah cukup dijelaskan dan film bergerak melewati ini begitu cepat sehingga saya tidak berpikir itu niatnya. Segera setelah itu, Cheung mendengar cerita dari pemilik toko tahu tentang istri yang selingkuh dan kembali ke rumah untuk memeriksa pasangannya. Tidakkah kamu tahu itu, dia curang dan cerita seram ini sepertinya terjadi padanya.

Jika Anda ingin deskripsi lebih lanjut, cukup periksa halaman Wikipedia. Untuk sebuah film Kung Fu, berbagai liku-likunya begitu banyak sehingga bagian plotnya terlihat sangat berantakan. Ini tidak selalu sulit untuk diikuti, tetapi Anda dapat mengatakan bahwa tujuan utama Hung dengan Spooky Encounters bukanlah untuk menciptakan narasi yang mengasyikkan dengan karakter yang kompleks. Jelas untuk memperkenalkan kegilaan monster klasik ke keributan, yang benar-benar berhasil dia lakukan.


Untuk tantangan kedua Cheung, dia harus menghabiskan malam di kuil yang gelap dan terpencil yang penuh dengan peti mati. Ini agak acak, tapi di sinilah kita pertama kali diperkenalkan dengan vampir yang melompat. Riasannya sangat bagus dan kurangnya efek digital benar-benar memberikan suasana keaslian ke seluruh tontonan. Lalu ada koreografi pertarungan, yang luar biasa.

Karena tampilan zombie yang kaku dan funky, dia benar-benar memancarkan kehadiran menakutkan yang membantu menciptakan ketakutan saat ini. Tidak lama sebelum Anda tertawa, dan Spooky Encounters tidak pernah menghindar dari absurditas premisnya. Meskipun awalnya agak gelap, film ini dengan cepat bersantai dengan nyaman di perkemahan dan menggemakan persis apa yang dilakukan Hollywood dengan sekuel horor yang tak ada habisnya pada saat itu.

Yang paling saya gagal pahami adalah mengapa elemen horor ini tidak lebih terasa. Untuk semua pembicaraan yang dilakukan Cheung tentang zombie dan hantu dan semacamnya, seluruh bagian tengah film lebih tentang bos Cheung yang mencoba membunuhnya. Bahkan ada perkelahian restoran yang agak klasik yang terasa seperti milik film Jackie Chan, bukan film horor.


Saya tidak bisa terlalu keras tentang itu, karena Spooky Encounters adalah yang pertama dari jenisnya. Kecepatannya juga sangat cepat sehingga runtime hampir dua jam terasa seperti 40 menit. Segalanya terus berjalan dan film tidak pernah berhenti untuk membiarkan Anda menganalisis betapa tipisnya beberapa hubungan antar adegan.

Pada titik ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya menulis "mengganggu sekali" di paragraf pembuka. Saat saya menonton ulang Spooky Encounters, saya lupa banyak sentuhan lucu yang ditaburkan Hung. Apa yang tidak pernah bisa saya lupakan adalah pemandangan liar di mana saya bersumpah demi Tuhan mereka memenggal seekor ayam hidup. Karena plotnya berkisar pada okultisme, seorang dukun disewa untuk membunuh Cheung dan dia perlu melakukan ritual konyol ini untuk mengendalikan orang mati. Itu melibatkan meminum darah ayam dan saya berharap kepada Tuhan bahwa undang-undang keselamatan hewan China yang lemah tidak mengakibatkan burung malang disembelih (walaupun itu mungkin nyata, menurut retrospektif Den of Geek ini).

Adegan yang satu ini adalah hal yang saya ingat dengan jelas setelah 16 tahun. Saya jelas ingat zombie dan nama yang funky - yang mencoba untuk mendukung kesuksesan Close Encounters of the Third Kind (Ada di Episode 162) -, tetapi orang tidak lupa melihat seekor ayam dipenggal kepalanya. Percayakah Anda jika saya mengatakan itu sebenarnya bukan bagian yang paling mengejutkan?


Saya mengerti konteks endingnya, tapi adegan Cheung memukuli istri selingkuhnya di final itu menggelikan. Jelas Hung tidak mendukung pelecehan pasangan, tapi itu pasti sesuatu yang tidak akan terbang di bioskop modern. Saya harus memberinya alat peraga untuk tidak mundur dari menunjukkannya, tetapi Anda perlu melihat seluruh film sebelum Anda mengeluarkannya dari konteks.

Itu sebenarnya sesuatu yang bisa saya gunakan untuk menggambarkan keseluruhan film. Jika Anda menyukai elemen horor, Spooky Encounters tidak tahan dalam hal itu. Mengetahui sejarah di balik film tersebut, saya mengerti mengapa Hung tidak melangkah lebih jauh dengan memasukkan elemen-elemen itu. Namun, jika Anda hanya ingin menonton film Kung Fu yang sering kacau, Spooky Encounters adalah ledakan mutlak. Bahwa hal itu menyebabkan penciptaan Mr. Vampire beberapa tahun kemudian juga luar biasa, karena film itu adalah sebuah mahakarya.

Ada banyak sekali film horor Kung Fu yang muncul setelah Spooky Encounters, tapi ini tidak boleh dilewatkan jika Anda menyukai gaya komedi Sammo Hung. Ini memiliki ciri khasnya yang tidak salah lagi, mulai dari desain set hingga adegan pertarungan dan perubahan nada liar. Mungkin ada film yang lebih baik yang berbagi tema ini, tetapi setiap genre harus dimulai dari suatu tempat.

Sumber: flixist

No comments:

Post a Comment

Top 25 Hal Tersembunyi Dari Seri Assassin's Creed yang Hanya Dapat Ditemukan Penggemar Super

Seri game Assassin's Creed penuh dengan easter egg dan hal-hal tersembunyi. Berikut adalah beberapa hal yang akhirnya dilewatkan oleh ba...