Tuesday, November 16, 2021

Kisah Dalam "The Crystal Maze", Pertunjukan Game Paling Epik Yang Pernah Dibuat

Itu adalah tontonan yang sangat ambisius, sangat berisiko, melanggar anggaran seperti yang belum pernah dilihat televisi Inggris sebelumnya. Sekarang, 30 tahun setelah debutnya, pembuat acara memberi tahu bagaimana mereka membuat mahakarya yang tidak disengaja.

16 November 2021


Diluncurkan pada tanggal 15 Februari 1990, The Crystal Maze adalah game petualangan anggaran besar yang ditempatkan di dalam set terbesar di televisi Inggris, yang disajikan oleh orang yang menulis The Rocky Horror Picture Show, di mana kontestan berpakaian jumpsuit menyelesaikan permainan tiga menit yang cerdik di kembali untuk kristal yang memungkinkan mereka melompat-lompat menangkap potongan kertas emas di kubah geodesik. Coba ajukan itu hari ini.

Acara ini kemudian menjadi hit peringkat besar untuk Channel 4, dengan hingga 6 juta pemirsa. Sekarang menjadi kultus klasik di Inggris dan internasional, ditampilkan secara teratur di saluran TV acara permainan khusus. Tetapi kesuksesannya – dan pertunjukan itu sendiri – hampir seluruhnya terjadi secara tidak sengaja.

Sekarang, 30 tahun kemudian berbicara kepada beberapa karakter kunci dalam pembuatan dan kesuksesan acara tersebut.

Pemeran karakter

Richard O'Brien: Pembawa acara The Crystal Maze dari peluncurannya pada Februari 1990 hingga 1993. Aktor dan penulis naskah terkenal karena menulis dan membintangi The Rocky Horror Picture Show.

David G. Croft: Sutradara dan produser. Tokoh TV berpengalaman yang penyutradaraan dan kredit produksinya termasuk Top of the Pops, Shooting Stars, dan Live Aid asli. Sekarang kepala televisi di National Film & Television School.

James Dillon: Desainer produksi. Telah merancang daftar panjang acara untuk TV dan panggung termasuk The Mighty Boosh dan The Royle Family.

Sandra Caron: Memainkan karakter peramal yang dikenal sebagai "Mumsy". Aktor dengan karir panjang di panggung dan layar.

Ken Day: Seorang direktur perusahaan berusia 25 tahun dari Essex yang muncul di episode pertama The Crystal Maze dan menjadi kapten tim.


Richard O'Brien: Saya diminta pergi ke Chatsworth untuk membicarakan program ini. Kami seharusnya melakukan The Keys to Fort Boyard versi Inggris [pertunjukan Prancis yang terkenal di mana para kontestan dikirim ke ruang tertutup untuk menyelesaikan tantangan yang ditetapkan]. Malcolm (Heyworth, direktur pelaksana Chatsworth Television, sekarang sudah pensiun) berkata kepada Channel 4, “Baiklah, mari kita rock and roll!” Tapi orang Prancis berkata, “Ah, tapi bentengnya belum siap.” Dia berkata, “Apa yang kamu bicarakan? Saya baru saja menghabiskan seperempat juta pon uang saya sendiri untuk membangun set dan melakukan ini.” Tapi mereka terus mengatakan itu tidak akan siap.

David G. Croft: Saya tidak ingat ide siapa itu, tetapi kami memutuskan bahwa kami perlu membuat Fort Boyard versi kami sendiri. Kami pergi ke Prancis dan berkata, "Kami tidak akan membuat Fort Boyard; kami akan membuat versi yang berbeda."

Pilot, bagaimanapun, tidak berjalan dengan baik.

RO'B: Saya melakukan pelari pada hari pertama, saya harus mengatakan. Aku kesal dan malu pada diriku sendiri. Saya pikir saya salah, jadi saya melakukan pelari. Malcolm mengejar saya kembali ke rumah saya dan berkata, “Saya tidak ingin orang yang kami miliki di sana hari ini, kami telah mendandani Anda dengan kostum dan semua itu, saya ingin Richard O'Brien, saya ingin Anda menjadi lebih diri sendiri.” Dia berkata, "Temukan pakaianmu sendiri untuk besok dan ikutlah dan jadilah dirimu sendiri."


DGC: Richard adalah pria yang sangat menarik dan memiliki latar belakang yang sangat menarik. Dia tidak terlihat seperti orang lain dan yang penting tentang pembawa acara adalah kami tidak menginginkan seorang presenter – kami tidak ingin seseorang yang akan membuat publik berkata, “Oh, itu dia yang anu.” Kami mempekerjakannya karena dia adalah seorang aktor, dan itu juga mengapa kami mendapatkan Ed Tudor Pole [yang menjadi pembawa acara dua seri terakhir].

James Dillon: Perangkat aslinya lebih terlihat seperti perangkat hiburan ringan, sedikit seperti pertunjukan permainan tradisional. Tapi itu adalah kesalahan, untuk berpikir ini adalah pertunjukan game daripada semacam dunia menarik yang bisa Anda masuki dan berpetualang. Setelah kami melepaskan diri dari konsep itu menjadi game berbasis studio menjadi petualangan perjalanan, menjadi lebih jelas apa yang harus kita lakukan.

RO'B: Kami sangat beruntung karena kami mendapat pertunjukan yang lebih baik. Dia [Malcolm] mengatakan dia tidak mampu untuk membiarkan ini pergi, jadi dia datang dengan versi Fort Boyard, yang sebenarnya merupakan peningkatan. Ini seperti ketika Anda pergi ke dapur dan berkata, "Ooh, saya akan membuat makan malam malam ini, dan itu akan menjadi luar biasa." Anda punya semua waktu, Anda punya semua bahannya, tetapi pada saat Anda meletakkannya di atas meja, semuanya berantakan.

Dan di lain waktu, Anda tidak selalu, Anda memiliki orang-orang yang datang dalam satu jam dan Anda berkata, "Ya Tuhan!" dan Anda berlari ke dapur, Anda memiliki bahan yang sama, semuanya sama, tetapi karena Anda menggabungkannya, Anda membuatnya ringan, seperti souffle. Ini peningkatan karena Anda tidak terlalu banyak memakan puding.


Tetapi bahkan ketika visi untuk pertunjukan itu ditetapkan, logistiknya masih menakutkan.

DGC: Itu adalah pertunjukan yang sulit untuk difilmkan; kami menggunakan teknologi baru, kami membangun studio televisi di dalam Shepperton Studios, itu adalah set hiburan terbesar yang pernah dibangun, anggarannya sangat besar, ada banyak beban di dalamnya dan banyak tekanan pada diri saya dan Malcolm. Kami tidak yakin itu akan berhasil – tidak ada yang seperti itu sehingga kami tidak memiliki program serupa untuk dilihat.

JD: Pada saat itu, saya yakin Crystal Maze adalah set terbesar yang pernah dibuat untuk acara TV, hanya karena ukuran studio dan banyaknya pemandangan. Itu beberapa tahun sebelum orang-orang mulai melakukan pertunjukan permainan bergaya hiburan – Gladiator datang beberapa tahun kemudian dengan tempat seukuran arena ini. Tetapi mereka berbeda, kami memiliki set film yang harus Anda masuki dan lakukan tantangan.


RO'B: Di Fort Boyard ada singa yang berkeliaran. Mereka tidak akan pernah membiarkan kontestan masuk dengan singa, itu konyol. Dan mereka menginginkan gadis gulat lumpur, karena mereka orang Prancis. Tapi kami lolos dari semua itu.

DCG: Kami akan bolak-balik ke Paris dan suatu hari mereka mengantar kami ke bagian industri Paris dan membuka pintu gudang dan ada kubah kristal. Kami berkata, "Apa yang kamu lakukan dengan itu?" Mereka berkata, “Kami tidak tahu, kami baru saja membangunnya, tetapi kami tidak tahu apa yang harus dilakukan dengannya.” Kami berkata, "Kami akan memilikinya!"

JD: Mereka akan memberi kami kubah tetapi kemudian mereka tidak bisa, atau tidak mau – mungkin perlu dibongkar atau diangkut atau semacamnya. Jadi saya akhirnya pergi ke sebuah perusahaan yang membuat kubah geodesik untuk pameran – itu adalah satu-satunya bagian dari set yang dirancang oleh komputer, meskipun ini dengan program desain berbantuan komputer yang sangat awal.


Dan kemudian ada permainan – dan para pemain – untuk dipertimbangkan.

Ken Day: Saya adalah kapten di episode pertama dan saya masih memikirkannya sampai hari ini. Istri saya pada saat itu melamar untuk tampil di acara lain ... Itu dibatalkan tetapi orang yang sama mengatakan mereka mencari orang untuk melakukan ini dan kami hanya pergi ke wawancara untuk tertawa. Mereka menyuruh kami melakukan beberapa tes MENSA dasar. Saya berusia 25 tahun saat itu dan saya berusia 56 tahun sekarang; Saya hanya berpikir, Mengapa tidak? Saya rasa kami tidak menandatangani formulir kesehatan dan keselamatan apa pun; Saya pikir itu hanya risiko yang diterima. Ini adalah pra-penyangkalan.


RO'B: Ketika kami mendapatkan orang-orang yang sangat macho, seseorang dari polisi atau pemadam kebakaran atau sesuatu atau lainnya, saya selalu memastikan bahwa saya akan memegang tangan mereka dan mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Ini adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Saya tahu betul bahwa di televisi semua teman mereka akan melihat mereka berlari dengan Richard memegang tangan mereka – saya suka itu.

Benda-benda yang jatuh ke dalam air menambahkan humor yang agak sadis, tetapi tidak terlalu berlebihan. Itu tidak berbahaya. Hal lain adalah faktor frustrasi, yang sangat bagus. Orang-orang yang merancang pertunjukan ingin kami memiliki permainan baru setiap saat, tetapi Malcolm mengatakan kami tidak mampu membelinya, jadi kami memutar ulang permainan, mungkin maksimal empat kali. Setelah Anda memainkannya sekali dan orang-orang di rumah telah melihat cara kerjanya, mereka akan mengharapkan orang-orang yang bermain untuk mengambilnya dengan cepat, tetapi tentu saja mereka tidak bisa. Orang-orang di rumah berkata, “Gampang! Anda hanya melakukan itu. Belok di tikungan, bodoh!”

DGC: Di awal setiap seri kami harus mengembangkan 48 game. Kami memiliki empat zona dengan enam sel di setiap zona dan rata-rata kontestan program akan memainkan 12 hingga 13 pertandingan, dan kami tidak ingin permainan dimainkan lebih dari lima kali di udara. Melalui sistem matematika yang rumit, ditambah anggaran, kami memulainya dengan 48.

Saya akan membuat game, desainer akan membuat game, perusahaan tempat kami bekerja, Artem, akan membuat game, anggota masyarakat akan mengirimkan ide, dan cukup sering saya hanya berjalan di sekitar toko mainan dan berkata, “Itu kelihatan bagus". Cukup sering kami menskalakan game hingga ukuran raksasa.

Tantangannya adalah memasukkan mereka ke dalam sel berukuran 12 kaki kali 12 kaki dan mereka harus dapat dimainkan dalam dua atau tiga menit. Banyak ide yang dibawa kepada saya adalah nonstarter karena membutuhkan lebih banyak ruang.


RO'B: Kami memiliki seorang gadis yang merupakan kapten tim. Di dalam ruangan ada pagar kawat dengan lubang di dalamnya – di sisi lain lubang itu ada meja putar, di seberang meja ada kristal. Di lantai ada pegangan engkol dalam tiga bagian dan yang harus dia lakukan hanyalah menyatukan pegangan engkol, memasukkannya ke dalam slot, memasukkannya ke dalam persneling, memutar pegangan, dan meja akan berputar dan sampai kristal berada di dekat celah di pagar kawat, memasukkan tangannya, mengambil kristal, dan berjalan keluar. Itu bukan ilmu roket. Dia punya waktu dua setengah menit.

Tapi dia masuk dan mengambil pegangan engkol dan melemparkannya ke atas pagar. Kami semua bertanya, "Permisi?" Saya bisa mendengar suara Malcolm berkata, "Richard, kita harus melakukan ini lagi". Dan kami melakukannya lagi dan itu satu-satunya yang pernah kami rekam lagi.


DGC: Game favorit saya mungkin adalah game bernama Ratrun, yang merupakan labirin berlapis-lapis yang mengharuskan kontestan untuk naik ke dalam dan mematikan jam tertentu, mengambil kristal, dan keluar. Itu gelap, sesak, dan benar-benar sangat menakutkan. Saya menyukainya karena begitu lugas namun begitu menuntut. Kami memang memiliki seorang wanita yang keluar dari itu dan pingsan dan kami harus memotong. Semua kontestan diberi pemeriksaan medis dan jika mereka memiliki kondisi apa pun, mereka harus mencentang kotak – wanita ini tidak mencentang kotak untuk claustrophobia.

KD: Momen paling memalukan saya adalah harus memasang kembali steker besar yang ada di dalam kotak plastik besar dengan sarung tangan karet ini. Anda dapat melihat saya mengocoknya di YouTube. Sarung tangan itu sangat elastis – saya tahu cara memasang kabel, tetapi teman-teman saya tidak pernah membiarkan saya melupakannya. Itu masih sesekali ditampilkan di Challenge TV dan saya akan mendapatkan teks dari seseorang yang berbunyi, "Wanker!"

DGC: Kontestan selalu disarankan ketika mereka memasuki sel untuk memberi tahu rekan satu tim mereka apa yang bisa mereka lihat. Dalam satu momen yang luar biasa, seorang kontestan berlari ke dalam sel dan berteriak, "Saya bisa melihat tiga buah polistiren dan seorang juru kamera!"

Setiap tim yang terdiri dari enam pemain akan memainkan 10 permainan: Setiap kristal yang mereka menangkan membelikan mereka lima detik di dalam Crystal Dome, atau dapat digunakan untuk melepaskan pemain yang terperangkap di ruang permainan.

RO'B: Itu adalah pertunjukan yang sangat beruntung untuk dikerjakan. Permainannya luar biasa; beberapa dari mereka lebih sulit daripada yang lain. Tapi tidak masalah jika ada yang memenangkan hadiah, karena itu omong kosong bukan?

DCG: Pada hari-hari awal pengembangan format, Malcolm dan saya akan berkata, “Jadi, apa yang kami berikan sebagai hadiah?” Dan dia akan berkata, "Bagaimana dengan mesin cuci dan lemari es?" dan saya berkata, “Kami tidak bisa memberikan mesin cuci dan kulkas di The Crystal Maze!” Kami menyadari bahwa hadiahnya harus berbeda, dan karena pertunjukannya sangat menuntut fisik – seperti melompat dari pesawat, mengendarai Porsche, hal-hal semacam itu.

Tapi kenyataannya, kami punya anggaran. Semua pertunjukan memiliki anggaran hadiah dan terkadang Anda harus mengambil jalan pintas, jujur ​​saja. Terkadang hadiahnya agak norak tapi semuanya berasal dari tempat yang sama – itu hadiah aktivitas karena Anda baru saja melakukan pertunjukan aktivitas.

KD: Richard O'Brien selalu seperti itu – itu bukan akting, itu dia. Dia muncul dengan Rolls-Royce convertible biru berpakaian seperti yang Anda lihat di acara itu, dan dia menyanyikan lagu-lagu dan melakukan suara sepanjang waktu, apakah kami duduk-duduk di antara pemotretan atau apa pun. Dia adalah pria yang benar-benar cantik – gila seperti sekotak katak.

DGC: Anggarannya sekitar £125.000 per episode. Biasanya butuh dua hari untuk syuting setiap episode dan kami akan melakukannya tiga dalam seminggu, jadi lima minggu untuk syuting serial. Hari pertama adalah dengan Richard di mana mereka akan memainkan semua permainan, melakukan Crystal Dome dan mengetahui hasilnya, dan kemudian pada hari kedua saya akan memiliki kontestan dan satu kamera – jika saya membutuhkan syuting tambahan karena saya tidak bisa dapatkan mereka pada saat itu, biasanya tembakan gameplay, saya akan kembali dan mengambilnya.

 

KD: Yang aneh adalah Anda melakukan semua permainan pada hari pertama dan kemudian pada hari kedua Anda kembali untuk memotret semua closeup. Setiap kali mereka berkata, "Cut!" Anda harus menahan pose dan seseorang akan datang dan mengambil polaroid Anda dan kemudian Anda bisa bergerak, kemudian ketika mereka datang untuk melakukan close-up [keesokan harinya] wanita kontinuitas akan menempatkan Anda semua di posisi yang sama. Saya harus mengatur permainan yang sama lagi tetapi dengan kamera di wajah saya, yang mengerikan karena saya merasa tidak enak karena melakukan kesalahan pertama kali.

JD: Kami melihat film sebagai inspirasi, yang bukan merupakan pendekatan yang dilakukan orang dengan acara permainan pada saat itu. Pengaruh Blade Runner sedang terjadi pada saat itu ... Dan di tempat lain ia mencoba untuk menciptakan kembali tempat eksotis yang akan Anda kunjungi, jadi Aztec memiliki tema Amerika Selatan. Dan itu dimaksudkan untuk menjadi stasiun luar angkasa, bukan hanya tempat di dunia tetapi sebenarnya dunia luar. Ada kain belakang yang memiliki Bumi dan Bulan di atasnya sehingga Anda merasa mengambang di luar angkasa.

Kami memperkenalkan parit di sekitar kubah, dengan jembatan bertenaga hidrolik, yang dipanggil Richard agar mereka bisa memasuki kubah. Kami memiliki banyak hal yang jika saya melakukannya sekarang, saya mungkin akan berpikir, Tidak, itu bukan ide yang baik, tetapi pada saat itu saya berpikir, Ya, ya, kita harus memiliki parit dengan jembatan hidrolik.

Air selalu menjadi hal yang sulit di set karena sangat berat. Setelah Anda memiliki kedalaman apa pun, Anda berbicara tentang berton-ton tekanan. Jadi di tiga atau empat area seperti sungai Aztec, di mana mereka semua memulai setiap episode dengan berkano di atas sungai, ada beberapa struktur yang sangat terlibat untuk menjaganya agar tidak pecah.

 

Salah satu inovasi utama acara itu adalah sisi O'Brien pada kamera – tetapi seperti banyak hal lain di acara itu, mereka muncul secara tidak sengaja.

RO'B: Pada seri pertama kami memiliki lima kamera, dua di luar sel dan tiga melihat permainan. Dan para produser tidak menonton yang di luar karena mereka terlalu sibuk melihat bagaimana permainan itu dimainkan. Salah satu operator kamera di luar berkata, "Apa yang harus kita lakukan, Richard, apakah kita harus syuting bagian belakang kepala mereka?" Dan saya berkata, "Tidak, tidak, datang ke sini."

Saya baru saja mulai berbicara di depan kamera, tentang apa saja. Saya hanya mencoba membuat juru kamera tertawa dan segera setelah saya melihat kamera bergetar di pundaknya, saya akan melihat kembali ke jam dan berkata, "Oke, setengah menit lagi."

Mereka tidak tahu bahwa mereka memiliki salah satu dari ini sampai mereka datang untuk mengedit serial ini bersama-sama, dan begitu mereka melakukannya, mereka menyadari cara kerjanya – potongan cepat dari saya mengatakan, "Mereka tidak akan pernah mengelola ini", atau saya' d mengeluarkan harmonika, dan tanpa sadar itu menambahkan keterlibatan antara saya dan penonton di rumah karena saya melihat langsung ke kamera. Saya tidak pernah melakukannya ketika para kontestan ada di sana, hanya ketika mereka membelakangi.

DCG: Masterstroke Richard, dan saya tidak bisa memberinya cukup pujian untuk ini, apakah, Anda tahu selama program ketika dia berbicara ke kamera? Itu adalah idenya. Ketika seorang kontestan masuk ke dalam permainan, yang saya lihat hanyalah kamera permainan. Saya tidak menyadari sampai akhir episode pertama bahwa Richard telah berbicara dengan salah satu kamera lain. Kami tidak tahu! Dia melakukan itu sendiri. Ketika kami menyadari apa yang bisa dibawanya ke pertunjukan, kami memintanya untuk melakukannya sepanjang waktu, dan dia melakukannya.

Satu-satunya karakter lain dalam pertunjukan itu adalah Mumsy, yang tinggal di zona abad pertengahan.

Sandra Caron: Awalnya akan ada empat orang di masing-masing dari empat zona; salah satunya adalah seorang peramal. Tapi akhirnya hanya aku. Kami hanya berimprovisasi, tidak ada naskah. Saya belum pernah tampil di acara seperti itu; itu fantastis. Itu sangat berbeda dengan hal lain yang pernah saya lakukan.


RO'B: Mumsy baru saja dibawa untuk tiga pertandingan di seri pertama dan itu saja. Saya menyebutnya sebagai Mumsy dan begitu saya melakukannya, saya menetapkannya sebagai Mumsy dan dia tinggal bersama kami selamanya.

Saya hanya berkata sekali, “Ini dia Bu, saya akan menyilangkan telapak tangan Anda dengan perak. Dia mengalami malam yang sulit tadi malam." Dan kemudian kami memiliki karakter yang menyukai tempat [minuman]. Itu membangun semacam narasi dengan cara yang tidak biasa untuk pertunjukan game. Anak-anak dulu percaya dia benar-benar ibuku dan aku tinggal di sana. Beberapa akan datang dengan ide-ide bagus tentang bagaimana kita hidup dan di mana kita menyeduh kristal.

SC: Pada awalnya, Mumsy memiliki masalah dengan minuman dan saya membawa segelas air di atas meja bersama saya dan suatu hari seseorang memasukkan vodka ke dalamnya alih-alih air. Jadi itu sedikit mengejutkan.

Dan kemudian ada akhir yang terkenal, dengan tim-tim yang berebut token dengan gila-gilaan...

DGC: [Satu-satunya masalah dengan format] adalah ketika tim pergi ke Crystal Dome pada akhirnya untuk mengumpulkan token emas, itu terlalu mudah. Kami semua berdiri di penghujung hari selama 10 setengah jam sambil berpikir, Apa yang akan kami lakukan?

Kami lelah dan memeras otak kami dan asisten manajer lantai berkata, "Nah, mengapa Anda tidak memasukkan token perak, dan untuk setiap token perak, Anda kurangi dari total keseluruhan." Kami semua berbalik dan berkata, "Itu jenius." Dan itulah yang kami lakukan.

RO'B: Mustahil untuk membedakan antara emas dan perak di kubah saat mereka semua berkibar di udara. Mustahil. Hanya keberuntungan belaka. Sejujurnya, Anda meraih sebanyak yang Anda bisa dan mendorong mereka. Jika Anda mencoba menjadi pintar, Anda akan mendapatkan hasil yang sangat sedikit.

KD: Di kubah Anda tidak bisa melihat apa yang emas dan apa yang perak karena pencahayaan, itu tidak mungkin. Ditambah lagi, kami menyadari bahwa jika kami semua berbaring, kami akan menghentikan aliran udara dan itu akan mudah. Tetapi mereka berkata, “Bisakah kita syuting lagi dan bisakah kamu melompat sedikit lagi?”

RO’B: Kami akan merekam [urutan kubah] asli dari luar dengan tim di dalam kubah, lalu bel berbunyi dan mereka harus berhenti. Itu akan sah. Tapi kami akan menempatkan kamera di dalam [setelah itu] dan memulainya lagi dan membuat mereka melompat-lompat lagi dengan kamera menghadap ke atas, jadi Anda memiliki efek berputar. Faktanya, kami melakukannya keesokan paginya – tim yang bermain sehari sebelumnya akan pergi dan melakukan close-up tangan untuk mendapatkan kristal dan tembakan kecil seperti itu. Itu hanya untuk dampak tambahan. Kami membuat televisi, itu tidak curang.


Pertunjukan itu langsung menjadi hit ketika pertama kali muncul.

DGC: Channel 4 memberi tahu kami bahwa mereka akan mengulang pertunjukan pada pukul 6 sore untuk anak-anak [slot waktu aslinya adalah 20:30] dan kami cukup terkejut – kami tidak menyadari bahwa anak-anak akan menontonnya dan menyukainya. Yang penting kami membuat acara ini untuk orang dewasa, jadi anak-anak adalah penonton bonus.

Saluran 4 menyarankan agar kami membuat versi anak-anak, jadi kami melakukannya. Tapi kami sangat jelas bahwa kami akan membuatnya sama sulitnya – kami tidak akan menguranginya. Jika kami melakukan itu, anak-anak akan melihat apa yang telah kami lakukan dan mereka tidak akan terlalu senang. Kami tidak membuat konsesi apa pun. Anak-anak harus melakukan pertunjukan nyata.

RO'B: Seseorang berkata kami harus membuat acara khusus Natal dan kami melihat daftar besar orang yang ingin kami dapatkan, dan kami agak menyadari bahwa Anda mungkin menginginkan George Clooney tetapi Anda tidak akan mendapatkannya, Anda akan berakhir dengan kru B-list, C-list yang sebenarnya. Kemudian seseorang datang dengan ide untuk melakukan acara khusus anak-anak yang merupakan ide yang bagus. Itu adalah ide yang jauh lebih murah hati daripada hanya orang-orang showbiz yang muncul lagi dan tampil di televisi. Itu menyenangkan.


DGC: Saya ingat Channel 4 datang kepada saya dan berkata, "David, apakah Anda ingin membuat Crystal Maze versi selebriti?" Dan saya berkata, "Tidak dalam hidup Anda!" Ide yang mengerikan. Kami bekerja sangat keras untuk menjaga suasana misteri di sekitar seri dan memiliki integritas dan pada tahun 1990 hingga 1995 Anda tidak akan melakukan itu. Sekarang akan ada versi selebriti – tetapi juga akan ada kehadiran web besar-besaran yang tidak kami miliki.

Kami bahkan tidak memiliki barang dagangan. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya sekarang? Hasbro menciptakan permainan dan ada mesin slot pub, dan beberapa instalasi, seperti yang ada di arena bowling di Southampton, tetapi sebenarnya tidak ada kesempatan untuk itu saat itu. Juga, seri lengkapnya tidak pernah dirilis dalam bentuk DVD, dan saya tidak mengerti mengapa.

RO'B: Saya ingin pergi di akhir Seri 3, karena saya adalah seorang aktor dan saya tidak ingin menjadi pembawa acara game. Dan saya tidak ingin itu menurunkan angka pemirsa karena, Anda tahu, itu adalah topi tua, "melihat itu". Channel 4 mengatakan mereka memindahkannya dari malam ke jam 2 atau 3 sore. Saya tidak ingin menempuh jalan itu dan menemukan nilai saya menjadi berkurang – saya tidak ingin tidak bisa berakting.

Saya memohon untuk pergi setelah pukul tiga dan mereka berkata, "Lakukan satu lagi," dan saya berkata, "Oke." Saya membuat empat film tak lama setelah itu dan saya tidak berpikir saya akan diizinkan untuk melakukannya jika saya tetap sebagai pembawa acara permainan, jadi itu adalah keputusan yang tepat untuk saya.

Saya mengerti bahwa hidup saya akan berubah setelah berada di televisi dan itu terjadi. Orang-orang akan menangkap saya jika saya berada di bandara atau sesuatu – maksud saya secara fisik menangkap saya – dan berkata, “Oh! Itu kamu!"

DGC: Saya memiliki salinan majalah Broadcast berbingkai dari 18 Mei 1990, dan ini adalah minggu yang berakhir 6 Mei 1990, dan coba tebak apa yang nomor satu? Crystal Maze, 3,81 juta. Kami adalah acara hiburan terbaik Channel 4 selama enam tahun. Itu sangat besar. Secara pribadi saya pikir mereka mengakhirinya terlalu cepat; tapi itu keputusan mereka.

SC: Saya tinggal di LA sekarang dan saya berbicara dengan seorang pria muda di sebuah toko. Dia bilang dia akan menjadi aktor. Dia dari Shropshire dan aku bilang aku ada di The Crystal Maze dan dia ketakutan. Mereka masih melakukannya. Masih ada di benak orang, apakah mereka berusia 10 atau 11 tahun saat itu. Itulah kekuatan TV – dan saya hanya menyala selama dua atau tiga menit setiap kali.


DGC: Sayang mereka tidak bisa mengembalikannya. Rights issue sedikit mendung, tetapi hak dipegang oleh Zodiac. Karena Crystal Maze adalah versi Fort Boyard yang diubah, formatnya dimiliki oleh Prancis. Jika ada yang akan membuatnya lagi, itu adalah Zodiac.

Saya telah didekati sekitar 15 kali selama bertahun-tahun untuk melakukannya, tetapi apa yang membuat semua orang pergi, saya pikir adalah biaya awal untuk memulai. Jika Anda membuat set itu, mungkin harganya £ 750.000 hingga £ 1 juta dan itu banyak sebelum Anda membuat bingkai.

Anda dapat bekerja untuk waktu yang lama dan tidak bekerja di acara yang memiliki kesadaran publik seperti ini. Saya telah melakukan beberapa hal lain seperti Top of the Pops dan Shooting Stars, dan sangat menyenangkan bisa mengerjakan acara yang diingat orang.

Sumber: buzzfeed

1 comment:

Top 25 Hal Tersembunyi Dari Seri Assassin's Creed yang Hanya Dapat Ditemukan Penggemar Super

Seri game Assassin's Creed penuh dengan easter egg dan hal-hal tersembunyi. Berikut adalah beberapa hal yang akhirnya dilewatkan oleh ba...