Sunday, November 19, 2023

Kisah Film Terbaik: Episode 229 - The Karate Kid (1984)

 Film Latihan Terbaik Sepanjang Masa

19 November 2023

Rilis: 22 Juni 1984
Sutradara: John G. Avildsen
Produser: Jerry Weintraub
Sinematografi: James Crabe
Score: Bill Conti
Distribusi: Columbia Pictures
Pemeran: Ralph Macchio, Noriyuki "Pat" Morita, Elisabeth Shue, William Zabka, Martin Kove, Randee Heller
Durasi: 126 Menit
Genre: Aksi/Drama/Keluarga/Olahraga
RT: 89%


Setiap kali saya menonton film yang melibatkan karakter Asia sebelum tahun 2000-an, saya merasa sedikit khawatir. Representasi Asia di media dan hiburan merupakan perjalanan yang panjang, namun terkadang melihat ke masa lalu bisa jadi menyakitkan. Film-film favorit seperti Sixteen Candles (Sudah dibahas di Episode 226) dan Breakfast at Tiffany's (Episode 145) meninggalkan rasa masam di mulutku, bukan karena aku tidak bisa memahami perjuangan gadis Amerika Sam saat remaja atau karena aku tidak terpesona oleh keeksentrikan Holly Golightly, tapi karena film-film itu berisi karikatur orang yang mirip denganku. Mereka mengubah wajah-wajah Asia menjadi sasaran lelucon. Ini selalu menjadi ketakutan saya dan mengapa saya menghindari The Karate Kid. Gagasan tentang seorang pria Jepang yang bijaksana dan berpengalaman yang mengajarkan karate kepada seorang anak kulit putih dari New Jersey adalah sesuatu yang langsung saya pikirkan: Tidak, saya akan meneruskan nostalgia itu.

Saya rasa saya tidak bersikap adil, mengingat saya belum pernah menonton filmnya. Namun saya lelah merasa marah dan sedikit malu melihat representasi itu, dan saya tidak ingin kecewa lagi.

'Cobra Kai' Mengubah Segalanya Bagi Saya


Tapi kemudian saya mulai menonton Cobra Kai. Sebagian karena tugas saya adalah terus mendapat informasi tentang acara-acara populer, tetapi juga karena saya penasaran. Serial ini dimulai di YouTube Red sebelum diakuisisi oleh Netflix, dan memiliki pemeran asli dari film tersebut, dan tampaknya sangat disukai oleh banyak orang. Selain itu, saya tidak berpikir saya akan tersandung pada rasisme atau sentimen rasis dari serial yang dibuat pada tahun 2018. Jadi saya mulai menontonnya.

Dan wajar untuk mengatakan bahwa saya langsung terpesona oleh karakter-karakter dalam serial tersebut. Dari Daniel LaRusso dari Ralph Macchio hingga Johnny Lawrence dari William Zabka, dua karakter yang saya kenal hanya melalui osmosis budaya pop, hingga anak-anak baru di blok seperti Miguel Diaz dari Xolo Maridueña, Robby Keene dari Tanner Buchanan, dan Samantha LaRusso dari Mary Mouser.

Untungnya, acara tersebut mengisi beberapa kesenjangan dalam pengetahuan saya tentang apa yang terjadi di film. Namun, memutar kilas balik film tersebut menyadarkan saya bahwa film tersebut sebenarnya tidak seburuk yang saya bayangkan. Pak Miyagi yang diperankan oleh Pat Morita memang memiliki aksen Jepang yang kental, namun kata-katanya berkesan dan dia dihormati oleh Daniel, bukan karakter yang kita tertawakan. Dia tampaknya tidak menjadi sasaran lelucon apa pun dan sering bertindak sebagai sosok ayah yang penuh kasih dan pelindung bagi protagonis kita. Jadi setelah menonton serial ini di Netflix dan membicarakannya di tempat kerja, saya memutuskan untuk mencoba The Karate Kid.

Tuan Miyagi Adalah Karakter yang Menonjol


Sungguh mengejutkan apa yang menonjol bagi saya dari sudut pandang seseorang yang telah melihat keseluruhan Cobra Kai. Adegan Dengan Daniel dan Ali (Elisabeth Shue) terasa seperti pengisi, lucu tetapi pada akhirnya tidak ada konsekuensinya. Sementara itu, inti filmnya sebenarnya tentang Daniel dan Mr. Miyagi. Bahkan Johnny, yang memainkan peran besar dalam pertunjukan tersebut, merasa seperti bagian yang sangat kecil dari film tersebut.

Melihat Morita memerankan Miyagi, saya bisa melihat langsung bagaimana Daniel terpengaruh sekaligus terinspirasi olehnya. Pelajarannya lebih dari sekedar mengajar karate, tapi juga pelajaran hidup. Terkadang dia tegas dan serius, tapi terkadang dia juga hangat dan penuh perhatian. Dia adalah seorang laki-laki yang sangat menderita namun tetap berhasil menjadi laki-laki yang terhormat dan sopan. Ketakutan saya bahwa Miyagi akan jatuh ke dalam stereotip minoritas teladan, lemah lembut dan bersuara lembut, diredakan dengan cara dia tidak hanya membela dirinya sendiri tetapi juga cara dia membela Daniel.


Cara film ini secara perlahan mengembangkan ikatan antara Miyagi, seorang pria yang kehilangan istri dan anaknya, dengan Daniel, seorang anak yang tidak memiliki ayah, sangat bermanfaat untuk ditonton. Macchio dan Morita memiliki chemistry yang hebat dalam adegan mereka bersama, dengan Miyagi perlahan-lahan bertransformasi dari guru menjadi sosok ayah. Ketika Daniel belajar lebih banyak tentang Miyagi, mengetahui suatu malam bahwa istri Miyagi meninggal saat melahirkan di kamp interniran Manzanar ketika dia berperang dalam Perang Dunia II di Eropa, dia mulai memandang mentornya secara berbeda.

Saat-saat ini melihat kehidupan Miyagi bukan sebagai guru atau pembimbing bagi Daniel, tetapi sebagai seorang pria Amerika keturunan Asia yang berjuang dengan trauma masa lalu dan identitasnya sendiri. Ini adalah orang yang berjuang untuk negara yang memasukkan warga Amerika ke kamp konsentrasi dan memandang mereka seperti musuh, kehilangan segalanya, dan masih berhasil mempertahankan kesatuannya. Dia telah disingkirkan, dia menghabiskan hidupnya dengan berduka, dan dia melihat dalam diri Daniel putra yang tidak pernah dia miliki. Sungguh menakjubkan bahwa semua itu diwujudkan dalam sebuah film yang, di permukaan, hanyalah tentang seorang anak yang pindah ke kota baru dan berurusan dengan gadis-gadis dan para penindas.

"The Karate Kid" Menyiapkan Seluruh franchise Bercerita yang Kuat



Saya mengatakan semua ini bukan karena ini adalah satu-satunya hal yang menonjol bagi saya dalam film tersebut, tetapi karena adegan itulah yang pada akhirnya membuat saya terpesona. Saya jelas menyukai musik dan adegan karate, terutama final di Turnamen All-Valley. Namun mengetahui di mana jalan itu akan berakhir, berkat Cobra Kai, membuat saya kurang berhati-hati dalam menjelajahi perjalanan menuju ke sana. Mengetahui bahwa Daniel yang lebih tua mewarisi pandangan hidup dan gaya mengajar Miyagi dan masih menghormatinya, dan mengetahui bahwa keluarganya melihatnya sebagai bagian dari keluarga, bahkan Miyagi mengenal bayi Sam, memberi saya kenyamanan yang sulit saya temukan di tempat lain. .

Menonton pertunjukannya terlebih dahulu menawarkan wawasan yang tidak terduga. Dimulai dengan Cobra Kai, cukup mudah untuk bersimpati pada Johnny, yang, sebagai orang dewasa, terdampar, agak menyedihkan, terjebak di masa lalu, dan hanya berusaha melewati hari demi hari. Mengetahui bahwa tindakannya di All-Valley pada akhirnya menghancurkan hidupnya membuat adegan di mana kita melihatnya menyapu kaki di The Karate Kid jauh lebih tragis. Masuk ke film tanpa sepengetahuan itu, Johnny sepertinya hanya menjadi pengganggu dengan beberapa masalah serius. Dia sebenarnya tidak memiliki banyak adegan di mana karakternya diperiksa. Meskipun beberapa adegan yang kita dapatkan darinya di All-Valley menunjukkan sekilas dia akan menjadi pria seperti apa. Sebenarnya bukan orang jahat tapi sesat dari orang yang juga pernah patah semangat karena perang.

The Karate Kid pada akhirnya adalah sebuah cerita yang dimaksudkan untuk menginspirasi, ini adalah kisah yang tidak diunggulkan. Dengan sendirinya, ini menghibur dan terkadang tidak konvensional, tetapi dikombinasikan dengan skema yang lebih besar dan Cobra Kai, ini membentuk dinasti penceritaan yang kuat yang lebih dari sekadar memamerkan gerakan karate yang keren.

Sumber: collider

No comments:

Post a Comment

Apakah Ini Saat-saat Buruk atau Saat-saat Baik? Kisah Petani Zen

Ketika kita berhenti berusaha memaksakan kehidupan agar berjalan sesuai keinginan kita, secara alami kita akan merasakan lebih banyak kelent...