Monday, December 13, 2021

Kisah Film Terbaik: Episode 129 - Deep Red (1975)

 Film Giallo Terbaik Sepanjang Masa

12 Desember 2021

Rilis: 7 Maret 1975
Sutradara: Dario Argento
Produser: Salvatore Argento
Sinematografi: Luigi Kuveiller
Score: Giorgio Gaslini dan Goblin
Distribusi: Cineriz
Pemeran: David Hemmings, Daria Nicolodi, Gabriele Lavia, Macha Meril, Clara Calamai
Durasi: 127 Menit
Genre: Misteri/Horor
RT: 93%


Ada saat-saat dalam kehidupan seseorang ketika, setelah selesai menonton film, Anda berpikir, “Astaga! Ini langsung naik ke tiga film favorit saya sepanjang masa!”. Maksudku, setidaknya aku berharap ada saat-saat itu untukmu. Tentu, Anda mungkin tidak menggunakan kata-kata yang tepat, tetapi Anda tahu apa yang saya maksud. Sebuah film yang Anda lihat yang benar-benar menggerakkan Anda. Anda merasakannya… di dada Anda atau mungkin di perut Anda. Dan perasaan itu tidak hilang begitu Anda meninggalkan tempat duduk Anda (apakah Anda berada di teater atau di sofa). Anda masih merasakannya beberapa jam kemudian saat Anda mencuci piring atau berbelanja. Jenis film yang, ketika Anda menontonnya, Anda menangkap diri sendiri sejenak dan berpikir, "film ini luar biasa!" Karya giallo Dario Argento, DEEP RED (alias PROFONDO ROSSO) adalah salah satu film itu bagi saya.


46 Tahun lalu DEEP RED adalah film yang tidak pernah ketinggalan zaman bagi saya, tidak peduli berapa kali saya melihatnya. Tinggal di Austin, seperti yang saya lakukan sekarang, saya diberkati telah melihatnya di layar lebar, tidak hanya sekali tetapi dua kali. Kali kedua saya cukup beruntung bisa melihatnya dengan iringan live soundtrack Goblin versi Claudio Simonetti. Tempatnya tidak ideal, itu adalah bar dengan beberapa kursi yang dilemparkan ke lantai dansa dan layar kecil tinggi di atas panggung yang membuatku sakit leher saat mencoba menontonnya. Namun, saya tidak akan menukar ingatan mendengar musik ikonik yang dimainkan secara langsung dari salah satu pendiri band.


Saya ingat pertama kali saya menonton DEEP RED. Itu kembali ketika saluran IFC ada dalam bentuk aslinya, tidak kurang. Ingat hari-hari itu? Saya membalik saluran karena baru saja dimulai. Saya langsung tertarik…dan bagaimana tidak? Musik menyeramkan yang diputar di samping tembakan pembuka pembunuhan yang terjadi dalam bayangan di sebuah ruangan yang dihiasi dengan pohon Natal? Saya belum pernah melihat yang seperti film ini sebelumnya dan itu seperti emas yang mencolok. Eureka! Aku menemukannya! Pada tontonan pertama DEEP RED itu, saya tidak hanya menemukan salah satu film favorit saya, tetapi juga salah satu genre favorit saya, giallo, serta salah satu sutradara terbaik, Dario Argento. Dan bukan hanya salah satu sutradara giallo/horror terbaik—salah satu yang terbaik, titik.

“Tapi, SJ, kenapa kamu sangat menyukai DEEP RED? Itu tidak masuk akal.” Yah, Brent, banyak film Argento tidak masuk akal, dari segi plot. Bagi saya — sekali lagi, izinkan saya menekankan: bagi saya — saya tidak menonton filmnya untuk plot pada saat ini. Saya telah melihat cukup banyak film Argento untuk mengetahui bahwa ini bukan tentang plot, ini tentang visual, urutan kematian yang luar biasa, dan musik.


DEEP RED penuh dengan gerakan dan bidikan kamera yang inovatif. Ada bidikan sekitar 11 menit di mana kamera bergerak melintasi meja di atas objek seperti boneka voodoo benang, gambar pembunuhan, kelereng, dan pisau lipat tepat sebelum memotong ke bidikan mata yang sangat dekat. Itu salah satu foto yang membuat jantung saya berdebar, saya sangat menyukainya. Lokasi dan desain set keduanya luar biasa di sini juga. Tidak ada yang meneriakkan dekorasi Italia tahun 1970-an seperti film Argento.


Sementara Argento bisa dibilang telah melakukan kematian yang lebih baik (kematian pembuka di SUSPIRIA dan kematian lubang intip di OPERA keduanya langsung muncul di pikiran), pembunuhan di DEEP RED masih sangat berkesan. Mereka mungkin tidak serumit beberapa orang, tetapi cara pengambilan gambarnya sangat indah. Warna darahnya, sudut kameranya…sepertinya mereka semua ditangkap dengan penuh kasih seperti Anda akan memotret pesta ulang tahun ke-5 anak Anda yang penuh dengan boneka robot ventriloquist yang menakutkan yang menyerang setelah Paman Tommy.


Kontribusi musik Goblin untuk film-film Argento tidak dapat dilebih-lebihkan. Musik di DEEP RED dan SUSPIRIA adalah bagian utama dari kedua film, tidak mungkin untuk memikirkan salah satunya tanpa skor Goblin yang diputar di kepala Anda. Cobalah. Itu tidak bisa dilakukan. Jika Anda seperti kami, saat Anda membagikan permen kepada anak-anak di Halloween, Anda memiliki Goblin yang meledak dari speaker Anda. Tentu, itu akan membuat beberapa anak menjauh, tetapi layak untuk melihat ekspresi wajah mereka ketika sepotong musik cukup untuk menakut-nakuti mereka dan membuat mereka berlari di trotoar tanpa permen.

Saya akan lalai jika saya tidak menyebutkan aktor luar biasa di DEEP RED. Baik David Hemmings (BLOW UP, HARLEQUIN) dan Daria Nicolodi (TENEBRAE) hebat dalam film ini. Hubungan mereka seperti lemparan kembali ke pasangan komedi awal seperti Cary Grant dan Rosalind Russell di HIS GIRL FRIDAY. Bukan sesuatu yang Anda harapkan dalam film di mana orang-orang dibunuh tetapi itu berhasil. Nicolodi sangat menyenangkan. Sementara Macha Méril (NIGHT TRAIN MURDERS) tidak di dalamnya untuk waktu yang lama, penampilannya menentukan nada untuk apa yang akan datang dalam film.


Jika Anda belum pernah menonton DEEP RED atau sudah lama tidak menontonnya, mengapa tidak bergabung dengan saya untuk merayakan 4-5 besar perilisan film fantastis ini dengan menontonnya malam ini? Sementara beberapa orang mungkin berpendapat DEEP RED bukan yang terbaik dari Argento, ini tentu saja merupakan entri penting dalam karyanya serta dalam genre giallo. Dan, bagi saya, ini adalah salah satu film favorit saya sepanjang masa.


Sumber: Dailygrindhouse

No comments:

Post a Comment

Top 10 Sistem Pertarungan Di Game Assassin's Creed Terbaik

Kesuksesan game Assassin's Creed sangat bergantung pada kualitas sistem pertarungannya — manakah yang terbaik dalam hal ini? 17 Mei 2024...