Sunday, July 17, 2022

Kisah Film Terbaik: Episode 159 - Harlan County, USA (1976)

Film Protes Dokumentar Terbaik Sepanjang Masa

17 Juli 2022

Rilis: 15 Oktober 1976
Sutradara dan Produser: Barbara Kopple
Sinematografi: Kevin Keating dan Hart Perry
Score: Hazel Dickens, Merle Travis, David Morris
Distribusi: Cinema 5
Durasi: 103 Menit
Genre: Dokumentar
RT: 100%


Saat itu Juni 1973 ketika para penambang yang bekerja di Tambang Brookside memilih untuk bergabung dengan serikat Pekerja Tambang Amerika Serikat. Mereka muak dengan Serikat Buruh Selatan (SLU), yang kesetiaannya pada majikan mereka, Eastover Mining Company, anak perusahaan Duke Power — bukan para penambang.

Duke Power menolak menandatangani kontrak para penambang yang mendorong 180 penambang untuk mogok selama 13 bulan. Saat itu Juli 1973 ketika para penambang keluar dari pekerjaan, dan sebelum selesai mereka membawa cerita mereka ke Wall Street.

Barbara Kopple mendengar tentang nasib penambang, mengumpulkan kru sederhana, dan menuju Harlan County, Kentucky. Berbekal kamera, Kopple mendokumentasikan kejenakaan, penangkapan, tuduhan korupsi, spionase, pembunuhan, dan istri-istri yang memegang garis piket untuk suami mereka selama pemogokan.


Dokumenter Kopple, Harlan County, USA memenangkan Academy Award Best Documentary pada tahun 1976 karena meliput pemogokan United Mine Worker di Brookside Mine dan saya mendapat hak istimewa untuk mewawancarai orang yang tambangnya difilmkan oleh Kopple untuk dokumenter tersebut.

Melvin dan Betty Blanton

sudah berkemas dan siap untuk pergi ke jalan raya ketika saya sampai di sana dan siapa yang bisa menyalahkan mereka — cuaca dingin dan kelabu dan mereka sedang dalam perjalanan ke negara bagian Sunshine tempat mereka musim dingin setiap tahun. Saat itu 28 Desember 2008.

Pasangan itu belum pernah melihat film yang menampilkan milik mereka, tetapi saya memiliki DVD saya di tangan dan mereka setuju untuk menonton —

Menonton film Kopple dengan Blanton

itu nyata. Mereka mengenal hampir semua orang di dalamnya, memanggil mereka dengan nama — mengolok-olok mode — menertawakan dasi yang dikenakan satu orang dan rambut panjang di yang lain. Agar adil itu adalah tahun 70-an, tetapi, duduk di sana dengan Blanton itu seperti kemarin bagi mereka.

Harlan County USA's

adegan pembuka dan FIRE IN THE HOLE yang familier membawa senyum langsung ke wajah Blanton — bagaimanapun, itu adalah milik mereka yang mereka lihat.


Saya bertanya kepada Mr. Blanton bagaimana film saya bisa difilmkan — mengapa mereka tidak syuting di Brookside dan dia bilang tidak mungkin mereka bisa syuting di Brookside dan seseorang merujuk Kopple kepadanya untuk meminta izin membuat film dokumenter di tambangnya.

Itu mudah. Brookside tidak ingin gadis-gadis itu berkeliaran di tambang mereka dengan kamera-kamera itu. Gadis-gadis itu bertanya apakah kami akan membiarkan mereka menembak kami, jadi kami bertanya kepada anak laki-laki dan mereka mengatakan tidak apa-apa dengan mereka. Nah, begitulah yang terjadi. Melvin Blanton

Itu cukup sederhana, baiklah.

"Ya, begitulah yang terjadi."

Ketika ditanya apa dampak pemogokan terhadap bisnisnya, Mr. Blanton mengatakan kepada saya bahwa dia “menjual 44 ribu ton batu bara ke Duke Power selama pemogokan di Brookside.”

Setelah jeda singkat, “44-ribu ton…itu adalah tumpukan batu bara yang tepat, nona muda.”

"Ya Pak," hanya itu yang bisa saya katakan.

Kamp Batubara

Saya menghabiskan waktu menjelajahi kota batu bara, juga disebut kamp batu bara, di Harlan County sehari sebelum saya bertemu dengan keluarga Blanton dan ingin sekali menanyakannya tentang mereka.


Mr Blanton menjelaskan alasan di balik kamp batubara.

Jarak yang harus ditempuh seorang penambang dan bagaimana waktu dilihat adalah dalam peningkatan 15 menit. Ambil contoh seorang pria yang hidup, katakanlah 3 mil dari tambang, menghitung waktu dengan jarinya, “itu adalah 45 menit hingga satu jam yang dihabiskan seorang pria untuk berjalan satu arah.

Hidup di kamp batubara tidak mudah, juga tidak mewah. Dan, seperti hal lainnya, beberapa lebih baik daripada yang lain — tergantung pada perusahaan yang membangunnya. Sayangnya, sebagian besar perusahaan batubara tertarik untuk menghasilkan uang — yaitu, keuntungan lebih dari yang mereka minati pada kenyamanan atau keamanan penambang mereka.


Kota-kota batu bara dilempar dengan cepat sehingga para pria dapat membawa keluarga mereka bersama mereka. Mereka tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi permanen. Mereka disiapkan demi kenyamanan sehingga seorang pria tidak harus jauh dari keluarganya dan kedua belah pihak menghasilkan lebih banyak uang. Melvin Blanton

Perusahaan Batubara Blanton mempekerjakan dua puluh lima orang, termasuk putra mereka, Jerry, dan merupakan salah satu dari sedikit yang tidak pernah mengalami kecelakaan tunggal atau kematian di tambang batu bara mereka.

Perempuan dan Batubara

pertambangan adalah urusan keluarga seperti yang kita lihat di Harlan County, USA. Perempuan merupakan bagian integral dari keberhasilan kemampuan laki-laki untuk mempertahankan pendiriannya dan akhirnya mendapatkan kontrak selama 13 bulan mogok kerja.


Itu tidak berbeda di rumah tangga Blanton.

“Kami tidak akan pernah mengirim anak laki-laki kami ke tambang jika ada kesempatan, dia tidak akan mundur. Itu tidak seperti yang mereka bicarakan di film. Semua orang mengatakan operator batu bara sangat buruk. Tidak seperti itu dengan kami.” Betty Blanton

Basil Collins


"Itu dia," kata Mr. Blanton begitu melihatnya.

Kamu kenal dia?

"Basil Collins?"

Aku mengangguk—terkejut dia tahu preman yang membawa senjata Duke Power. Saya harus tahu dan tidak sabar untuk bertanya tetapi sebelum saya bisa…

"Ya, saya bersedia. Dia ditangkap di sana di Filipina. Mereka yang menangkapnya, membuatnya berjalan seratus mil dalam apa yang mereka sebut sebagai 'Pawai Kematian Bataan'. Pernah dengar, kan, nona muda?”

Basil Collins adalah seorang POW — Apa? Bataan Death March — saya baru saja akan memberi tahu Mr. Blanton bahwa saya sangat menyadari peristiwa itu, tetapi sebelum saya bisa menjawab, dia membawa saya ke sekolah — memberi saya pendidikan yang tidak akan pernah saya lupakan.

Basil adalah seorang tawanan perang, ditahan di sel penjara kecil. Penjaga yang ditugaskan untuk merawatnya… memberinya makan dan semacamnya… dia memperlakukan Basil dengan tidak baik. Melakukan hal-hal yang tak terkatakan. Ketika perang usai dan Basil dibebaskan, dia kembali dan mengambil pedang penjaga itu darinya dan mendera, memenggal kepalanya.

Sambil menggelengkan kepalanya seolah tidak percaya, Tuan Blanton berkata, "Dia tidak takut pada apa pun."

“Itulah sebabnya Duke Power mempekerjakannya,” katanya. "Dia tidak takut pada apapun."

Saya akan bertanya kepada Anda apakah dia jahat tetapi sekarang, mengetahui semua ini ...

“Tidak, dia tidak jahat. Kalau begitu, sekali lagi saya kira itu tergantung di pihak mana Anda berada. ”

Tepat.


Saya tidak mengetahuinya saat itu, tetapi Mr. Blanton adalah seorang militer — seorang Master Sargeant dianugerahi dua Bintang Perunggu — satu untuk melayani dalam Pertempuran untuk Okinawa dan yang lainnya untuk melayani konflik Korea.

Hal terburuk yang pernah ada. Laki-laki dibuat untuk berjalan dan berjalan dan mereka akan mati begitu saja. Menderita perlakuan yang mengerikan. Kadang-kadang mereka akan berdiri di sana dan mati berdiri tegak, sama seperti Anda sekarang. Kemudian, seperti kayu jus holler seseorang, dan mereka jatuh mati. Beberapa dari mereka mengatakan itu akan mengacaukan mereka karena mereka akan berbicara dengan mereka ketika mereka mati dan mereka akan jatuh seperti itu.

“Bagaimana dengan wanita muda itu? Menurutmu apa yang telah kamu lakukan?”

Saya? Jika saya sedang berbicara dengan seseorang yang tiba-tiba terguling mati seperti itu? Hukum yang baik, Pak, itu akan sangat menakutkan saya sehingga saya kehilangan akal. Dengar, Ida sangat menakuti musuh sehingga mereka akan menjatuhkan senjata, amunisi, melarikan diri, pihak kita akan berkumpul. Lalu kami bernyanyi 'Siapa yang berjalan siapa sekarang dan berapa mil lagi sebelumnya ...

Dia tertawa, menampar kakinya, menginjak kakinya, dan begitu pula Betty. Saya takut mendengarkan cerita jadi ketika dia bertanya apa yang akan saya lakukan — itu sedikit seperti ummwhahaha. Saya senang dia tidak pergi BOO!

Kami semua menertawakan kebodohan saya dan itu meringankan suasana hati yang berat.

Blanton menoleh, tersenyum, menggelengkan kepalanya, dan mengatakannya lagi— “Basil. Dia-tidak-Takut-Terhadap-Apapun.”

28 April 2009

empat bulan setelah kami bertemu di bulan Desember, Melvin Blanton meninggal.


HARLAN — Melvin K. Blanton, dari Lexington, KY meninggal 28 April 2009, di Rumah Sakit St. Joseph. Ia lahir di Harlan County pada tahun 1921 dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di sana dan tidak pernah kehilangan cintanya pada pegunungan. Setelah lulus ia memasuki dinas militer dan dengan bangga melayani negaranya sebagai M/Sersan dalam Pertempuran Okinawa di mana ia dianugerahi Bintang Perunggu. Dia bertugas di konflik Korea dan mendapatkan Bintang Perunggu keduanya.

Setelah kembali ke kehidupan sipil, ia menjadikan penambangan batu bara sebagai karier seumur hidupnya dan tidak pernah kehilangan antusiasme untuk itu. Dia adalah pemilik dan operator Blanton Coal Co. dan J & J Coal Sales hingga pensiun.

Layanan pemakaman dengan Kehormatan Militer disajikan oleh Pengawal Kehormatan Kabupaten Harlan. Pembawa jenazah kehormatan adalah mantan karyawan dan teman dekat Blanton Coal Company.

Saya tidak akan pernah lupa dan akan selalu menghargai waktu yang saya habiskan bersama keluarga Blanton pagi itu di bulan Desember dan menghargai perspektif yang mereka tawarkan mengenai waktu penuh gejolak dalam sejarah Harlan.

Pam Golden Writer yang mencintai kehidupan dan menjalaninya di luar kotak.

Sumber: medium

No comments:

Post a Comment

Top 25 Hal Tersembunyi Dari Seri Assassin's Creed yang Hanya Dapat Ditemukan Penggemar Super

Seri game Assassin's Creed penuh dengan easter egg dan hal-hal tersembunyi. Berikut adalah beberapa hal yang akhirnya dilewatkan oleh ba...