Sunday, September 4, 2022

Kisah Film Terbaik: Episode 166 - Grease (1978)

Film Musikal Fashion Terbaik Sepanjang Masa

 4 September 2022

Rilis: 16 Juni 1978
Sutradara: Randal Kleiser
Produser: Robert Stigwood, Allan Carr
Sinematografi: Bill Butler
Score: Michael Gibson
Distribusi: Paramount Pictures
Pemeran: John Travolta, Olivia Newton-John, Stockard Channing, Eve Arden, Frankie Avalon, Joan Blondell, Edd Byrnes, Sid Caesar, Alice Ghostley, Dody Goodman, Sha Na Na
Durasi: 110 Menit
Genre: Komedi/Musikal/Romantis
RT: 76%


Benarkah sudah 44 tahun sejak John Travolta dan Olivia Newton-John, masing-masing sebagai Danny Zuko dan Sandy Olsson, menyanyikan You're the One That I Want to each other di Grease?

Komedi romantis yang sukses secara kritis dan komersial, berlatar musim panas tahun 1958, mencuri hati kami dan mengeluarkan sepatu dansa kami. Generasi telah menari dan bernyanyi – beberapa berkostum sebagai Danny dan Sandy – untuk lagu-lagu seperti Greased Lightning, Summer Nights, dan Hopelessly Devoted to You.


Dirilis pada tahun 1978, Grease adalah film fitur debut sutradara Randal Kleiser dan ditulis oleh Bronte Woodard dengan adaptasi oleh Allan Carr. Berdasarkan musikal tahun 1971 dengan nama yang sama oleh Jim Jacobs dan Warren Casey, film tersebut menampilkan Travolta, seorang pemimpin geng gemuk bernama T-Birds, dan Newton-John, seorang siswa pindahan Australia, yang saling jatuh cinta. satu musim panas.

Dipuji sebagai "signifikan secara budaya, historis, atau estetis" ketika dipilih untuk pelestarian di Pendaftaran Film Nasional AS, Grease menjadi film musik dengan pendapatan kotor tertinggi yang pernah ada di era akhir 1970-an itu.

Soundtrack film yang hummable adalah album terlaris kedua tahun ini di belakang soundtrack film laris 1977 Saturday Night Fever (yang juga dibintangi John Travolta sudah dibahas di Episode 163). Kompilasi 26 lagu tetap menjadi salah satu album rekaman musik terlaris di dunia.

Musikal romansa musim panas sekolah menengah atas memperoleh lima nominasi di Golden Globe 1979: Film Terbaik – Komedi atau Musikal, Aktor Terbaik dalam Film – Komedi atau Musikal untuk John Travolta, Aktris Terbaik dalam Film – Komedi atau Musikal untuk Olivia Newton-John, Lagu Asli Terbaik – Film untuk Barry Gibb's Grease, dan Lagu Asli Terbaik – Film untuk John Farrar You're the One that I Want.

Salah satu film yang disukai banyak orang untuk ditonton lagi dan lagi, film tersebut dibintangi oleh Travolta, 24 tahun, kelahiran New Jersey, yang masih segar dari kesuksesan hit bertema disko Saturday Night Fever sebagai Tony Manero.

Dalam wawancara HFPA pada tahun 1977, Travolta mengatakan bahwa sebagai seorang remaja, ia “mengambil beberapa pelajaran jazz dan beberapa pelajaran tap. Tapi aku selalu punya insting yang bagus untuk menari. Saya selalu suka menari. Sebagai seorang anak, saya akan pergi ke pertunjukan Broadway dan saya akan sangat senang dengan nomor tarian di pertunjukan ketika saya akan bepergian dari New Jersey ke New York dan melihat musikal Broadway atau sesuatu. Sebagai seorang anak, saya selalu menari secara alami. Kemudian saya memutuskan untuk mengejarnya dan mengambil beberapa pelajaran. Tapi sebenarnya saya mendapat lebih banyak pengalaman menari melalui pertunjukan. Saya melakukan musikal di teater musim panas dan di Broadway. Saya mendapat banyak pengalaman menari selama waktu itu. Saya akan mengatakan bahwa inti dari itu adalah itu. ”

Tentang Grease sendiri, dia berkata saat itu, “Ini murni film penonton umum. Ini musikal yang sangat menghibur dan semuanya. Semua orang akan bisa melihatnya.”

Setelah Grease, Travolta menampilkan potongan dramatisnya di Pulp Fiction (1994) dan serial drama TV, The People v. O.J. Simpson: American Crime Story (2016) dan bakat komedinya dalam Get Shorty (1995) dan Hairspray (2007), sebuah musikal di mana ia memainkan Edna Turnblad.

Sekarang berusia 68 tahun, Travolta kehilangan istrinya, Kelly Preston, karena kanker payudara pada 12 Juli 2020 ketika dia berusia 57 tahun. Mereka memiliki tiga anak: Jett (lahir 1992, meninggal pada 2009), Ella Bleu (lahir 2000), dan Benjamin (lahir 2010).


Olivia Newton-John berusia 30 tahun ketika dia memfilmkan Grease. Penyanyi-penulis lagu-aktris-pengusaha-aktivis Australia kelahiran Inggris yang baru meninggal kurang sebulan yang lalu ini adalah salah satu artis musik terlaris dari paruh kedua abad ke-20 hingga saat ini, dengan penjualan global lebih dari 100 juta rekaman.


Dalam sebuah wawancara HFPA pada tahun 1978, Newton-John mengingat bagaimana dia terlibat dalam Grease. Dia berbagi, “Allan Carr, yang merupakan produser, mengirimi saya naskah dan bertanya apakah saya tertarik untuk memainkan peran Sandy. Saya telah melihat pertunjukan di Inggris mungkin tujuh tahun yang lalu. Aku menyukainya jadi aku tertarik padanya.

“Kemudian saya bertemu dengan John. Dia belum menjadi bintang besar dari Saturday Night Fever tapi aku punya firasat dia akan menjadi bintang besar. Untungnya, saya benar. Kami melakukannya dengan sangat baik.

“Kami melakukan tes layar bersama untuk memastikan semuanya akan berhasil. Saya tidak ingin melakukannya kecuali saya melihat diri saya terlebih dahulu. Saya belajar banyak darinya karena sebagai penyanyi, Anda cukup mengendalikan seluruh situasi sejauh lagu apa yang Anda nyanyikan, dan di mana Anda bernyanyi.

“Dalam sebuah film, ada begitu banyak faktor lain. Ada banyak aktor yang bekerja dengan Anda dan Anda berada di tangan sutradara, editor, pria kilat, naskahnya. Itu disiplin yang sangat baik bagi saya. Saya menemukan bahwa saya senang melakukannya.”

Grease dirilis ulang pada hari jadinya yang ke-20 pada tahun 1998 dan menduduki peringkat sebagai film terlaris kedua di belakang Titanic pada akhir pekan pembukaannya.

Dalam sebuah wawancara 2018 dengan Billboard pada peringatan 40 tahun Grease, Newton-John menunjukkan, “Lagu-lagunya abadi. Mereka menyenangkan dan memiliki energi yang besar. Musik bernuansa '50-an selalu populer. Ini nostalgia untuk generasi saya. Anak-anak muda menemukannya kembali setiap 10 tahun atau lebih. Orang-orang yang membeli album adalah cara bagi mereka untuk mengingat perasaan menonton film dan perasaan pada periode waktu itu. Saya merasa sangat bersyukur menjadi bagian dari film ini yang masih sangat dicintai.”

Newton-John menerima kehormatan Dame Commander of the Order of the British Empire (DBE) dalam Penghargaan Tahun Baru 2020. Dia menikah dengan John Easterling, pendiri dan presiden Amazon Herb Company. Dia memiliki seorang putri, Chloe Rose Lattanzi (lahir 1986), dengan mantan suami aktor Matt Lattanzi.

Pada usia 73, penyanyi-aktris terkenal karena kepositifannya terus dengan berani melawan kanker payudara stadium IV. Dalam sebuah wawancara di The Dr. Oz Show, dia berkata, “Saya merasa sangat, sangat bersyukur bahwa saya baik-baik saja dan telah melakukannya untuk sementara waktu. Saya sangat beruntung menikah dengan pria luar biasa yang bekerja dengan obat-obatan tanaman, dan saya pikir telah banyak membantu saya.”

Juga di Grease adalah mendiang Jeff Conaway yang muncul sebagai Kenickie, teman Danny Zuko. Conaway meninggal pada 27 Mei 2011 karena berbagai penyebab, termasuk pneumonia aspirasi dan ensefalopati. Kredit pasca-Grease Conaway termasuk Elvira: Mistress of the Dark (1988), Jawbreaker (1999), dan Do You Wanna Know a Secret? (2001).


Aktris teater dan film pemenang penghargaan Stockard Channing, yang tak terlupakan sebagai Betty Rizzo di Grease, menjelaskan pendekatannya terhadap peran pendukungnya dalam sebuah wawancara HFPA pada tahun 2003. Dia menjelaskan, “Anda hanya mencoba menciptakan manusia. Kebetulan kamera lebih sering ada di sana saat Anda memainkan peran utama dan lebih jarang di sana saat Anda memainkan peran pendukung.

“Jadi pada dasarnya, Anda mencoba, bersama dengan aktor lain, menciptakan realitas yang menghibur dan informatif bagi penonton. Ini barang yang hampir sama. ”

Dia melanjutkan, “Dalam semua kasus, Anda bekerja dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda. Anda mungkin sendirian dalam sebuah adegan, Anda hanya memiliki kamera dan sutradara mengarahkan Anda dan Anda berada dalam isolasi, tetapi sebagian besar waktu Anda bekerja dengan orang lain. Tidak masalah seberapa banyak kamera melihat karena prosesnya sama.”

Channing membuat film lain setelah Grease seperti Six Degrees of Separation (1993), Road to Avonlea (1995), Up Close and Personal (1997), Practical Magic (1999), dan The Business of Strangers (2001).


Pada tahun 1982, Grease 2 dirilis, dibintangi oleh Maxwell Caulfield dan Michelle Pfeiffer sebagai kelas pelumas yang lebih baru. Beberapa anggota pemeran asli mengulangi peran mereka.

Tahun ini, diumumkan bahwa seri prekuel 10 episode dengan pemeran pendatang baru akan membawa malam musim panas kembali ke Paramount Plus di Grease: Rise of the Pink Ladies.

Serial ini, yang berlatar tahun 1954, atau empat tahun sebelum Danny Zuko dan T-birds-nya menguasai Rydell High, akan membawa ke layar kisah asal usul geng gadis terkenal, The Pink Ladies. Pemerannya termasuk Marisa Davila, Cheyenne Isabel Wells, Ari Notartomaso, Tricia Fukuhara, Shanel Bailey, Madison Thompson, Johnathan Nieves, Jason Schmidt, dan Maxwell Whittington-Cooper.

Juga dalam pasca-produksi adalah Summer Lovin dari Paramount Pictures, yang merupakan prekuel dari Grease dan berfokus pada hubungan asmara yang dimiliki Danny dan Sandy sebelum terhubung kembali di sekolah menengah. Film ini akan disutradarai oleh Brett Haley dan ditulis oleh John August dan Leah McKendrick.

Dengan semua spin-off ini, Grease pasti masih menjadi kata! Bawa malam musim panas!

Sumber: goldenglobes

No comments:

Post a Comment

Apakah Ini Saat-saat Buruk atau Saat-saat Baik? Kisah Petani Zen

Ketika kita berhenti berusaha memaksakan kehidupan agar berjalan sesuai keinginan kita, secara alami kita akan merasakan lebih banyak kelent...