Sunday, March 10, 2024

Kisah Film Terbaik: Episode 244 - Blue Velvet (1986)

 Film Pinggiran Kota Terbaik Sepanjang Masa

10 Maret 2024

Rilis: 19 September 1986
Sutradara: David Lynch
Produser: Fred Caruso
Sinematografi: Frederick Elmes
Score: Angelo Badalamenti
Distribusi: De Laurentiis Entertainment Group
Pemeran: Kyle MacLachlan, Isabella Rossellini, Dennis Hopper, Laura Dern, Hope Lange, George Dickerson, Dean Stockwell
Durasi: 120 Menit
Genre: Kriminal/Drama/Thriller/Misteri
RT: 95%


Jika ada satu pertanyaan yang lebih sering dilontarkan daripada pertanyaan lainnya “Apa film favoritmu?” Dan jika ada orang yang mendapatkan lebih dari yang lain, itu adalah Trevor dan saya sendiri, yang mendedikasikan diri kami untuk memprogram film-film yang dipersembahkan oleh bioskop kami untuk Anda. Jika Anda mengenal Trevor, itu mudah - dia selalu siap dengan bangga memberi tahu Anda bahwa itu adalah film petualangan/thriller klasik Steven Spielberg tahun 1975, Jaws (Sudah dibahas di Episode 37), dan menjelaskan banyak alasannya. Demikian pula, saya selalu lebih dari siap untuk membagikan film favorit saya — yang mungkin paling baik dibuktikan dengan fakta bahwa ini adalah satu-satunya film yang ditampilkan dua kali di mural Tribute to Art House & Cult Cinema di lobi kami — misteri Blue Velvet tahun 1986 karya David Lynch. Yang tidak selalu mudah adalah Mengapa…


Saya kira semuanya dimulai dengan ON TV. Ini adalah beberapa televisi berlangganan AWAL, dipersembahkan oleh sebuah kotak yang akan Anda nyalakan ketika Anda ingin menonton…yah, presentasi bersepeda dari The Cannonball Run, Condorman, Tarzan the Ape Man, Taps, The Pirate Movie, dan The Elephant Man. Cukuplah untuk mengatakan bahwa saya sudah hafal banyak film-film ini sejak usia dini, dan dalam kasus The Elephant Man (dan, oke, The Pirate Movie juga harus diakui…) saya agak terobsesi. Seperti banyak orang yang tumbuh besar dengan film tersebut, saya selalu berasumsi bahwa film tersebut adalah sebuah “film lama”, yang dibuat dalam masa “hitam-putih”, tentu saja sebuah film klasik yang digembar-gemborkan dari masa keemasan perfilman. Saya tidak ingat persis film apa yang begitu memengaruhi saya, tetapi kalau dipikir-pikir lagi, menurut saya kemungkinan besar film itu adalah film pertama yang membuat saya menangis. Ketika saya mengingat kembali film-film yang benar-benar mengguncang emosi saya saat masih kecil - Testament, Terms of Endearment (Episode 221), The Color Purple, E.T. The Extra Terrestrial (Episode 212), dan tentu saja momen traumatis yang tak termaafkan dalam The NeverEnding Story dan Who Framed Roger Rabbit? (Kasihan, sepatu kecil yang malang…), The Elephant Man adalah yang paling awal. Ditambah lagi dengan estetika filmnya – sinematografi dan desain latar yang indah, skor yang mengingatkan kita pada sirkus paling menyedihkan di dunia, dan tentu saja, riasan yang luar biasa – dan saya terpikat.

Ketika E.T. The Extra Terrestrial keluar dan menjadi fenomena instan, sulit untuk melihat atau membaca apapun tentang film tersebut tanpa menyebut Steven Spielberg. Anda hampir tidak akan melihat gambar judul alien di sampul majalah tanpa Spielberg berdiri tepat di sampingnya. Itu adalah perkenalan saya dengan gagasan tentang seorang pembuat film, seorang Sutradara, seseorang “di belakang kamera” (tidak terlalu — yah, kadang-kadang) yang membayangkan sebuah film, menyatukan bagian-bagiannya, memfilmkannya, menjadikannya sedemikian rupa sehingga kita dapat melihatnya. Dengan pukulan satu-dua E.T. dan Poltergeist (Episode 211) di Musim Panas 1982, diikuti dengan namanya yang dikaitkan dengan segala hal mulai dari Gremlins (Episode 227) hingga The Goonies hingga Amazing Stories dan seterusnya, pria ini dengan cepat menjadi pahlawan saya. Dan ketika saya mulai belajar sebanyak mungkin tentang dia, hal itu membawa saya pada pemahaman yang lebih mendalam tentang industri pembuatan film secara umum, dan saya mulai tertarik untuk belajar lebih banyak tentang para pembuat film secara umum, mengalami keseluruhan karya mereka dan mencoba untuk melakukannya. pilihlah apa yang menyatukan cerita-cerita tersebut, estetika, trik, dan pendekatan apa yang mungkin saya temukan di seluruh karya mereka, mungkinkah saya memiliki pahlawan pembuat film lain yang bahkan tidak saya sadari? Saya masih heran sampai hari ini, misalnya, bahwa orang tidak berbicara tentang Rob Reiner dengan cara yang sama seperti mereka berbicara tentang Spielberg atau Hitchcock atau Burton atau Nolan atau Campion atau Landis atau Von Trier atau siapa pun yang Nama muncul ketika kita berbicara tentang pembuat film yang telah memberi kita karya yang terkenal dan dapat diandalkan. Lihat lari ini sendiri - This Spinal Tap (Episode 225), The Sure Thing, Stand By Me (Sudah dibahas di Episode lalu), The Princess Bride, When Harry Met Sally…, Misery, A Few Good Men. Kecuali The Sure Thing, ini adalah beberapa film ikonik. Apakah hanya karena film-filmnya terlalu berbeda sehingga kehadiran Reiner tidak cukup terasa sehingga membuatnya lebih dikenal sebagai pembuat film? Apakah seseorang perlu menjadi pembuat film Auteur untuk merayakan ketenaran seperti itu?

Jangan katakan apa pun tentang Robert Zemeckis yang hebat… Tapi saya ngelantur.

JADI… Pada tahun 1986, ketika saya sedang asyik mendalami karya para pembuat film yang filmnya saya sukai, saya mendengar bahwa orang di balik The Elephant Man merilis film baru. Jadi aku memohon pada ayahku untuk mengajakku melihatnya. Dan cara kerja ayah saya adalah ini - dia akan mengajak saya melihat apa pun yang ingin saya lihat, dan dia akan mengajak saya melihat apa pun yang ingin dia lihat. Tidak ada pertanyaan yang ditanyakan. Ibuku juga sering mengajakku ke bioskop, tapi seleranya lebih cerdas: bersamanya aku beruntung bisa menonton film-film hebat seperti Amadeus, Nine to Five, Terms of Endearment, Mask, dan film pertama yang kuingat aku tonton di bioskop — dan masih menjadi salah satu favoritku sepanjang masa — Arthur tahun 1981. Dengan ayah di sisi lain, itu adalah The Terminator (Episode 230), Commando, Future-Kill, Runaway (film yang sangat saya sukai, terlalu banyak), hampir semua hal yang tampak mengagumkan baik bagi remaja pra-remaja yang terobsesi dengan film maupun hiperaktifnya. -ayah yang berjiwa remaja. Dan inilah film baru karya David Lynch, yang The Elephant Man-nya sangat mempengaruhi saya, dan saya harus menontonnya. Jika masih ingat, ibu tertarik karena putri Ingrid Bergman, Isabella Rossellini, membintangi film tersebut, jadi dia ikut serta. Jadi saya pergi ke Teater Bijou di Pantai Hermosa, sebuah bioskop kecil dengan dua layar yang akan segera saya pelajari dianggap sebagai "rumah seni" dan akan segera menjadi yang pertama dari apa yang akan menjadi rumah kedua bagi banyak orang. bioskop, untuk melihat Blue Velvet karya David Lynch.


Mungkin penting untuk disebutkan di sini bahwa saya berumur sepuluh tahun. Blue Velvet dirilis pada bulan September 1986, jadi demi keadilan bagi orang tuaku, secara teknis aku masih sebulan lagi untuk menginjak usia sebelas tahun… Oke, itu tidak terlalu membuat perbedaan, tapi tidak, orang tuaku belum tentu membaca tentang film-film ini sebelum mereka membawa anak-anak mereka menemui mereka. Kalau mereka tahu sebuah film punya rating R, mereka pikir oke, ada yang dimaki-maki — anak-anak kita bisa mengatasinya — ada kekerasan di dalamnya — anak-anak kita pasti bisa mengatasinya — dan kalau ada ketelanjangan, kita akan menyerahkan seluruhnya - Benda pelindung mata. Saya ingat melihat Cat People dan The Entity bersama ibu saya, dan dia duduk di sebelah saya dengan tangannya yang bergerak-gerak dengan marah di depan mata saya sepanjang waktu, tangannya sepertinya memikirkan sistem sensor percobaan mereka sendiri antara adegan kekerasan seksual dan kilatan ketelanjangan sesaat di dalamnya, yang tentu saja tidak dapat saya lihat.

Lalu ada film seperti Blue Velvet. Cukuplah untuk mengatakan, tidak ada di antara kami yang pernah melihat hal seperti itu. Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk melindungi mata dan telinga anak laki-laki berusia sepuluh tahun dari serangan sinematik layar lebar yang penuh kekerasan, penyimpangan, dan ancaman yang eksplosif dan tidak senonoh — terutama jika dikemas dalam pertemuan Mayberry yang elegan dengan The Hardy Boys kemasan? Bagaimana cara memprediksi bahwa dongeng seperti mimpi yang dibuka dengan standar Bobby Vinton kuno dan gambar indah dari pagar kayu putih dan petugas pemadam kebakaran yang melambai pada akhirnya akan mengungkapkan dirinya sebagai Virgil sinematik yang membawa kita semakin dalam ke Neraka? Dan bagaimana Anda menemukan bandwidth untuk mengamankan masker keselamatan pada anak Anda kemudian pesawat akan jatuh dan Anda sendiri yang bertahan?

Untungnya bagi saya, mereka tidak mencobanya. Mungkin mereka cukup menghormati saya pada saat itu sehingga mereka mau menerimanya. Ini mungkin terasa seperti hiperbola, tapi saya benar-benar bersungguh-sungguh - saya ngeri memikirkan bagaimana hidup saya mungkin berbeda hari ini jika mereka berhenti pada “Sekarang tunjukkan padaku… ” dan menarik saya keluar dari bioskop itu.

Film itu menandai saya. Lebih dari segalanya, itu adalah perkenalan saya dengan sinema Art House - dan di banyak tingkatan. Pertama, film ini menunjukkan kepada saya jenis film yang belum pernah saya tonton sebelumnya: film yang sepertinya kurang tertarik untuk menyajikan narasi untuk saya ikuti, dan lebih tertarik untuk membangkitkan ide, suasana hati, dan emosi. Terlebih lagi, mencampuradukkannya dan membiarkannya menimbulkan konflik di kepala saya. Emosi luar biasa saat menertawakan sesuatu yang menurut sebagian diriku mungkin tidak seharusnya aku tertawakan. Pengalaman mendengar orang lain menertawakan hal yang sama di sekitar saya, dan bertanya-tanya apakah mereka juga merasa aneh karenanya. Pengalaman menonton sesuatu yang menurut saya tidak seharusnya saya tonton — dan tentunya tidak bersama orang tua saya, atau dengan penonton bersama yang terdiri dari orang asing. Pemahaman yang berkembang tentang nilai bioskop seperti The Bijou - pada saat itu saya hanya menonton beberapa film di sana, namun semuanya memiliki kesamaan: semuanya terasa lebih kreatif, dan lebih unik, dibandingkan, katakanlah, Blue Thunder atau Back to School. Atau bahkan film yang memenangkan Oscar, seperti Out of Africa dan Cocoon. Saya dengan cepat menjadi pengunjung tetap di The Bijou, menonton setiap film yang saya bisa di sana, dan menambahkan nama-nama seperti Pedro Almodóvar, Spike Lee, Wim Wenders, Allison Anders, Kenneth Anger, Lizzie Borden, John Waters, Jim Jarmusch, Penelope Spheeris, dan kemudian, Gregg Araki, Jane Campion, Todd Haynes, Mike Leigh, Todd Solondz, dan Hal Hartley, hingga daftar pahlawan pembuat film saya yang terus bertambah yang rilis barunya, dan pemutaran kebangkitannya, tidak akan pernah saya lewatkan.

Saya langsung ingin menonton setiap film seperti Blue Velvet, dan mempertaruhkan hidup saya untuk itu - yang tentu saja merupakan gagasan yang bodoh dan pada akhirnya mustahil, tetapi pengembaraan itu sepadan. Sepanjang perjalanan saya mengembangkan kegilaan untuk memperkenalkan teman-teman saya pada film-film seperti Blue Velvet, dan banyak film auteur, avant garde, dan pembuat film lainnya yang saya temukan sepanjang perjalanan. Bersama dengan The Bijou, saya membuat rumah di Arsip Video yang berdekatan dengan Pantai Manhattan, sebuah toko video yang benar-benar fantastis tempat pegawai yang paham film memperkenalkan saya pada makanan yang lebih gelap seperti Nekromantik, Der Todesking, dan sebuah film kecil yang sangat mengerikan yang tidak boleh dimiliki oleh orang seusia saya. telah diizinkan untuk menonton berjudul In A Glass Cage. Suatu hari saya muncul dan menemukan tempat itu benar-benar dihias untuk merayakan peluncuran salah satu film fitur pertama panitera, tapi itu adalah cerita untuk waktu yang berbeda. Intinya adalah — Blue Velvet memberikan sebuah jalan di depan saya yang pada saat itu saya tidak dapat memahaminya, namun saya seperti kereta api, tidak pernah melihat ke belakang, dan masih terus berjalan lebih dari tiga puluh lima tahun kemudian.

Lalu bagaimana dengan film itu sendiri yang saya sukai? Sangat banyak, tapi saya harap intinya tidak hilang bahwa elemen-elemen ini bukanlah alasan mengapa film ini begitu penting bagi saya. Dan, dengan mempertimbangkan pendapat David Lynch mengenai hal-hal seperti itu, sebenarnya, siapa yang peduli? Perhatikan sendiri. Suka, atau benci, untuk diri Anda sendiri. Anda mungkin menganggapnya lucu, atau Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana orang waras akan menganggapnya lucu. Anda mungkin menganggapnya menggelegar dan menyinggung, atau Anda mungkin menganggapnya tidak berbahaya dibandingkan dengan banyak film yang muncul setelahnya. Anda mungkin menganggapnya sebagai sebuah karya seni, atau Anda mungkin menganggapnya sebagai karya sampah yang memanjakan diri sendiri. Atau, Anda mungkin terkagum-kagum dengan gagasan bahwa sebuah film bisa menjadi sampah yang memanjakan diri sendiri dan sekaligus menjadi karya seni yang memukau.

Sumber: thefridacinema

No comments:

Post a Comment

Top 25 Hal Tersembunyi Dari Seri Assassin's Creed yang Hanya Dapat Ditemukan Penggemar Super

Seri game Assassin's Creed penuh dengan easter egg dan hal-hal tersembunyi. Berikut adalah beberapa hal yang akhirnya dilewatkan oleh ba...