Sunday, March 17, 2024

Kisah Film Terbaik: Episode 245 - Hoosiers (1986)

 Film Pelatih Olahraga Terbaik Sepanjang Masa

17 Maret 2024

Rilis: 14 November 1986
Sutradara: David Anspaugh
Produser: Carter De Haven dan Angelo Pizzo
Sinematografi: Fred Murphy
Score: Jerry Goldsmith
Distribusi: Orion Pictures
Pemeran: Gene Hackman, Barbara Hershey, Dennis Hopper
Durasi: 114 Menit
Genre: Olahraga/Drama
RT: 91%


Bukan berarti “Hoosiers” adalah film olahraga terbaik yang pernah dibuat. Karena “Hoosiers” masih menjadi film olahraga terbaik yang pernah dibuat. Seiring berjalannya perdebatan di bar, ini adalah topik yang sering dibicarakan sambil menyesap segelas bir, namun tidak perlu ada diskusi.

Maaf, "Rocky". Permintaan maaf, “Field of Dreams.” Usaha yang bagus, “Raging Bull.” Kalian semua luar biasa, tapi “Hoosiers,” yang dirilis lebih dari 35 tahun lalu, tetap menjadi standar emas dalam sinema olahraga, kisah klasik tentang tim yang tidak diunggulkan, penebusan, mengatasi kesulitan, dan menempatkan tim di depan individu.

Berdasarkan pada tim bola basket Sekolah Menengah Milan yang secara tidak terduga memenangkan kejuaraan negara bagian Indiana pada tahun 1954, film ini berfokus pada Norman Dale yang diperankan oleh Gene Hackman, seorang pelatih dengan masa lalu yang buruk yang mengambil pekerjaan menjalankan tim bola basket sekolah menengah di Hickory, Indiana yang kecil, hingga kekecewaan warga kota yang tidak terlalu ramah terhadap metodenya, terutama ketika skuad kesulitan di awal musim.


Steve Hollar, yang berperan sebagai Rade Butcher, salah satu pemain di tim, setuju bahwa ini adalah film olahraga terbaik yang pernah dibuat.

“Tidak diragukan lagi,” katanya kepada TODAY.

“Saya pikir hal ini berdampak pada setiap film olahraga, bahkan yang bukan film basket. Menurutku ada bagian, tema, alur cerita, ide yang diambil langsung dari ‘Hoosiers.’”

Tentu saja, Hollar mungkin bias, tetapi pendapatnya tidak sendirian. Koresponden politik nasional NBC News dan penggemar berat “Hoosiers” Steve Kornacki juga menganggapnya sebagai film olahraga terbaik sepanjang masa.


"Saya bersedia. Ini adalah kisah olahraga Cinderella klasik yang dibuat dengan sangat baik dan secara sempurna menangkap waktu, tempat, dan budaya tertentu,” katanya kepada TODAY.

“Tetapi lebih dari itu, ada sesuatu yang benar dan heroik dalam karakter Gene Hackman. Dia mendapatkan kesempatan kedua yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, dia bertekad untuk melakukan hal yang benar kali ini, dan dia tidak akan menyerah bahkan ketika massa hendak mengusirnya ke luar kota. Ketika pengambilan gambar terakhir itu mengudara di akhir film, Anda sangat ingin pengambilan gambar itu dilakukan, untuk dia dan untuk semua pemain yang telah mempercayainya.”


Ironisnya, sutradara “Hoosiers” David Anspaugh tidak menganggapnya sebagai film olahraga.

“Kami tidak pernah menyebutnya sebagai film olahraga,” katanya kepada TODAY. “Saya masih tidak menyebutnya sebagai film olahraga.”

“Saya ingat (penulis skenario) Angelo (Pizzo), di atas mejanya, ketika dia menulis naskah, dia punya selembar kertas yang ditulis tangan, 'Ini bukan film olahraga,'” tambahnya.


Jadi, apa yang membuat “Hoosiers” membuatnya menonjol seperti seorang point guard yang memimpin puasa bertahun-tahun kemudian?

Film olahraga terbaik berhasil melampaui olahraga, dan “Hoosiers” melakukannya dengan keaslian yang tak tertandingi. Meskipun dibintangi oleh Gene Hackman, Dennis Hopper, dan Barbara Hershey sebagai bintang utama film tersebut, film tersebut juga menampilkan aktor-aktor yang tidak dikenal sebagai pemain dalam tim.

Hollar bermain basket kampus, tapi dia bukan jagoan Hollywood. Pemain bintang Jimmy Chitwood diperankan oleh Maris Valainis. Ollie, penjaga berukuran pint, diperankan oleh Wade Schenck, yang tidak pernah membuat film lain.


“Saya pikir kenyataannya adalah, saya tahu, ketika mereka memilih kami, mereka sangat bersemangat dalam memilih pemain bola basket yang mereka rasa bisa pandai bicara, cocok dengan peran individu dan bisa berakting,” kata Hollar. “Jadi mereka menginginkan pemain bola basket terlebih dahulu.”

Film ini secara visual menghipnotis, dengan keseluruhan “Hoosiers” merasa murung dan sinematografer Fred Murphy melakukan pekerjaan luar biasa untuk membuat penonton bioskop merasa seolah-olah mereka benar-benar berada di pedesaan Indiana tahun 1950-an.

“'Ada satu hal yang terlintas di benak saya ketika saya menonton film hari ini, dan itu adalah, saya tidak ingat pernah melihat film lain yang terlihat seperti ini,'” kenang Anspaugh kepada Pizzo setelah memeriksa rekaman mentah selama pembuatan film.


“Hoosiers” juga mempertahankan elemen kunci dalam film apa pun. Ini benar-benar membuat ketagihan, bahkan jika Anda pernah melihatnya. Pilih sebuah adegan: rapat kota di mana Jimmy mengatakan dia hanya akan bermain jika Pelatih Dale tetap bekerja. Shooter Hopper berlari di lapangan sambil mabuk. Pertandingan kejuaraan. Masih banyak lagi dan semuanya memukau.

“Ada begitu banyak adegan yang melekat pada saya selama beberapa dekade. Bagaimana Anda tidak merinding ketika Jimmy Chitwood muncul di rapat kota untuk memberikan ultimatum 'pelatih tetap/saya bermain'?” kata Kornacki.

“Saya pikir bagian yang menyenangkan selama bertahun-tahun adalah berapa kali saya menonton film itu. Maksud saya, itu bisa saja bermain, Anda tahu, di suatu tempat berjalan melewati ruangan dan… sulit untuk tidak berhenti dan menonton film gila itu,” kata Hollar. “Tidak peduli di mana pun itu di film. Ini tidak seperti, 'Oh, saya pernah melihat bagian itu.' Tidak, Anda seperti terjebak dalam menontonnya.”


Sama seperti film lainnya, “Hoosiers” bisa jadi sangat berbeda. Peran Hackman awalnya diberikan kepada Jack Nicholson, seorang penggemar berat bola basket yang terlihat di tepi lapangan pertandingan Los Angeles Lakers selama bertahun-tahun. Anspaugh mengatakan Nicholson akhirnya harus lulus karena dia terlibat dalam tuntutan hukum atas film lain yang seharusnya dia buat. Brian Dennehy, Burt Reynolds, Robert Duvall dan Paul Newman semuanya akan didekati mengenai peran tersebut, tetapi Hackman akhirnya mendapatkan peran tersebut.

“Hoosiers” mendapatkan sepasang nominasi Academy Award, satu untuk aktor pendukung terbaik untuk Hopper dan satu untuk skor terbaik untuk mendiang Jerry Goldsmith, yang musik briliannya bergantian antara tempo cepat dan termenung, sesuai dengan laju dinamis kompetisi yang diperlukan dalam sebuah olahraga. film dengan sifat kota kelabu suram yang melekat pada tim.


Anspaugh mengatakan dia awalnya menawarkan pertunjukan tersebut kepada John Mellencamp, penduduk asli Indiana, tetapi menyadari bahwa musisi tersebut tidak menyukai film tersebut setelah melihat pemutaran perdana. Mellencamp tidak memberikan komentar ketika ditanya tentang hal itu pada TODAY. Karya Goldsmith begitu sempurna sehingga dia membuat musik untuk “Rudy,” film olahraga favorit lainnya karya Anspaugh dan Pizzo.

“Dia berkata, 'Jika kalian membuat film lain,' dia berkata, 'Saya ikut. Saya akan berkomitmen untuk itu sekarang,'” kata Anspaugh tentang Goldsmith.

Anspaugh sendiri melihat beberapa “Hoosiers” dalam proyek bertema olahraga lain yang telah memikat penonton, “Ted Lasso” pemenang Emmy.


“Saya ingin menulis surat kepada (produser eksekutif) Bill Lawrence setelah menonton beberapa episode pertama musim pertama 'Ted Lasso' yang mengatakan, 'Teman saya, saya dilahirkan untuk mengarahkan acara ini. Tolong pekerjakan saya. Saya ingin datang dan melakukan pertunjukan Anda,'” katanya. “Karena di satu sisi, ini benar-benar mendapatkan banyak tombol yang menurut saya kita tekan dengan 'Hoosiers.'”

Anspaugh juga mengatakan film tersebut dapat digunakan di dunia nyata.

“Saya telah berbicara dengan banyak orang, bahkan dengan pelatih profesional, tetapi saya telah berbicara dengan banyak pelatih sekolah menengah dan beberapa perguruan tinggi yang mengatakan mereka akan memutar film itu setidaknya sekali atau dua kali selama musim (untuk) mencoba dan menginspirasi tim,” katanya.


Tiga dekade setelah dirilis, Anspaugh merasa warisan “Hoosiers” sulit untuk didefinisikan.

“Saya tidak tahu,” katanya. “Ini seperti bertanya kepada seniman mana pun, menurut saya, kapan segala sesuatunya berhasil, dan sesuatu telah merenggut nyawanya, dan itu berhasil, apakah itu sebuah karya musik, atau lukisan, atau novel, atau semacamnya. Anda tidak akan mengetahuinya sampai hal itu terungkap.”

“Terkadang keajaiban terjadi seperti ini, dan saya tidak bisa menjelaskannya,” tambahnya. “Saya tidak tahu apa warisannya, selain sebagai seorang seniman, Anda harus jujur pada pesan awal Anda, apa tujuan Anda dengan film tersebut, dan menceritakan kisahnya sejujur ​​mungkin.”

Hollar, yang kini menjadi dokter gigi di negara asalnya, Indiana, bangga menjadi bagian dari film yang telah teruji oleh waktu.

“Saya selalu kagum, saya selalu merasa rendah hati,” kata Hollar. “Jika kamu harus memilih satu film untuk diputar, apalagi satu film olahraga, nak, sudah takdirnya aku memilih yang tepat, pastinya.”

Sumber: TODAY

No comments:

Post a Comment

Top 25 Hal Tersembunyi Dari Seri Assassin's Creed yang Hanya Dapat Ditemukan Penggemar Super

Seri game Assassin's Creed penuh dengan easter egg dan hal-hal tersembunyi. Berikut adalah beberapa hal yang akhirnya dilewatkan oleh ba...