Sunday, May 12, 2024

Kisah Film Terbaik: Episode 253 - Near Dark (1987)

 Film Kultus Barat Terbaik Sepanjang Masa

12 Mei 2024

Rilis: 2 Oktober 1987
Sutradara: Kathryn Bigelow
Produser: Steven-Charles Jafee
Sinematografi: Adam Greenberg
Score: Tangerine Dream
Distribusi: De Laurentiis Entertainment Group
Pemeran: Adrian Pasdar, Jenny Wright, Lance Henriksen, Bill Paxton, Jenette Goldstein, Tim Thomerson
Durasi: 95 Menit
Genre: Horor/Barat
RT: 83%


Saya menonton Near Dark karya Kathryn Bigelow bersama ayah saya sekitar pertengahan Oktober 1987. Kami berada di Magic Lantern di Spokane untuk menonton drama semiotobiografi Perang Dunia II karya John Boorman, Hope and Glory, tetapi karena alasan tertentu kami sampai di sana terlambat, dan saya membujuknya untuk membeli tiket untuk film tersebut. Hibrida horor-Barat dari Bigelow sebagai gantinya.


Meskipun saya telah menonton banyak film horor di drive-in lokal, seiring berkembangnya genre, ini bukanlah salah satu favorit ayah saya. Saya pikir aku meyakinkannya bahwa kita harus mencobanya dengan mengatakan itu adalah film aksi yang dibintangi tiga aktor dari Aliens (Sudah dibahas di Episode 241), dan bukan kisah vampir yang mengintai di jalan raya yang sepi dan kota-kota kecil kumuh di Midwest Amerika.

Saya begitu asyik dengan apa yang terjadi sehingga saya tidak memantau reaksi ayah saya terhadap semua kekerasan, kegilaan yang berlumuran darah yang diatur Bigelow dengan sangat ahli. Film itu membuatku terpesona. Yang saya ingat adalah pernyataan singkatnya setelah kami kembali ke mobil. "Berengsek!" dia menyatakan. “Itu sangat bagus. Sangat bagus. Senang Anda membujuk saya melakukannya.”

Itu saja. Tidak ada lagi. Hanya pernyataan penegasan sederhana bahwa saya memilih sesuatu yang baik untuk kita berdua lihat. Namun saat kami berkendara pulang dalam keheningan, senyuman di wajah saya tidak pernah hilang. Ini adalah momen kami. Kami menikmati malam yang menyenangkan di teater, dan untuk pertama kalinya, sayalah yang memilih apa yang kami tonton.

Tapi dia juga benar. Near Dark karya Bigelow adalah film yang sangat bagus. Lebih dari 35 tahun terakhir telah membuktikan bahwa hal ini lebih baik dari itu. Keajaiban kecil yang murung ini perlahan-lahan berkembang melampaui status klasik kultus dan mulai naik peringkat ke tingkat yang lebih tinggi. Meskipun saya tidak akan mengatakan bahwa ini termasuk dalam banyak percakapan “mahakarya”, rasanya hal-hal telah bergerak ke arah itu. Lumayan untuk sebuah kejutan beranggaran rendah yang mungkin diperjuangkan oleh para kritikus, tetapi sebagian besar penonton berusaha keras untuk mengabaikannya.

Skenario yang dibuat oleh Bigelow dan rekan penulis Eric Red (The Hitcher) bermain seperti perpaduan persilangan Howard Hawks Western dengan Fritz Lang noir. Koboi Caleb Colton (Adrian Pasdar) berjalan-jalan ke kota setelah seharian bekerja di pertanian keluarga bersama ayah dokter hewannya Loy (Tim Thomerson) dan adik perempuannya yang dewasa sebelum waktunya, Sarah (Marcie Leeds). Dia bertemu dengan orang asing yang cantik, Mae (Jenny Wright), berdiri di bawah lampu jalan yang sepi, dan seketika percikan api beterbangan.

Satu hal mengarah ke hal lain, dan mereka tiba-tiba berciuman di kursi depan truknya. Tapi fajar akan datang, dan Mae lari ke jalan yang kosong, ketakutan, tapi sebelumnya dia secara tidak sengaja menggigit leher Caleb. Hal berikutnya yang dia tahu, dia telah diculik oleh keluarga liar orang luar yang dipimpin oleh Jesse Hooker (Lance Henriksen) yang sangat kejam dan kekasih reptilnya yang kejam, Diamondback (Jenette Goldstein). Caleb harus mencari tahu apa yang sedang terjadi, siapa orang-orang ini, dan apa yang perlu dia lakukan untuk kembali ke rumah, dan jika dia bisa menyelamatkan Mae dalam prosesnya, itu juga tidak masalah baginya.


Kata "vampir" tidak pernah diucapkan, tapi jelas sekali siapa Jesse dan kelompok kecil pemakan dagingnya. Mereka hanya bisa keluar pada malam hari. Sinar matahari membunuh mereka. Mereka harus meminum darah manusia untuk bertahan hidup. Sebuah gigitan sederhana memiliki sifat transformatif. Perhitungannya jelas.

Bigelow menganggap puisi mengerikan dalam kesederhanaan ini. Dia menghilangkan mitologi dari makhluk-makhluk ini dan menjadikan mereka lebih manusiawi — dan jauh lebih menakutkan — daripada hampir semua penggambaran sinematik lainnya. Dia menggunakan kiasan Barat, noir, dan melodramatis dan, alih-alih memutarbalikkan keadaan, memainkan semuanya dengan relatif lurus. Hal ini memungkinkan kebrutalan situasi Caleb mencapai intensitas pugilistik yang menggelegar. Hal ini juga memberikan kisah cinta klasiknya dengan Mae sebuah cincin kebenaran pedih yang sama sekali tidak terduga.

Semua tema yang dimainkan Bigelow dan Red dipadukan dengan ketabahan yang membara di sebuah saloon kumuh di tengah-tengah Texas. Di sinilah Jesse memerintahkan Caleb untuk melakukan pembunuhan pertamanya. Sementara montase sebelumnya menunjukkan bagaimana gerombolan penjahat kejam ini melewati malam dan cara masing-masing mengintai mangsanya, pembantaian di bar adalah tempat di mana kekuatan penuh mereka akhirnya dilepaskan — dan itu sangat luar biasa.

Ini juga merupakan momen di mana mendiang Bill Paxton yang hebat memamerkan karya-karyanya dengan kekuatan yang karismatik dan jahat. Dia mendominasi urutan dengan keangkuhan panache, mempermainkan setiap orang yang kurang beruntung untuk berada di bar dengan urgensi kartun yang merupakan kombinasi kerennya James Dean, moxie Elvis Presley, dan flamboyan opera Vincent Price. Ini adalah hal yang menakjubkan, dan merupakan pengingat yang kuat akan bakat luar biasa Paxton, yang sayangnya jarang dimanfaatkan secara maksimal.

Bigelow kemudian menjadi wanita pertama yang memenangkan Sutradara Terbaik dan Film Terbaik Oscar untuk The Hurt Locker pada tahun 2010; dia akan menerima nominasi Film Terbaik kedua untuk Zero Dark Thirty pada tahun 2013. Pembuat film ini juga menyutradarai dua film klasik tambahan pada tahun 1990-an, Point Break dan Strange Days, keduanya, seperti Near Dark, dihentikan selama rilis awal hanya untuk membangun pengikut yang penuh semangat selama tahun-tahun berikutnya.

Betapapun menakjubkannya semua itu, ketertarikan saya terhadap Near Dark berawal dari pandangan pertama saya ketika saya melihat seorang anak berusia 13 tahun dengan mata terbelalak dan duduk di samping ayah saya yang tegas dan bungkam. Sebagai seorang anak, saya terpesona. Sebagai orang dewasa, setiap kunjungan ulang memberi saya kesenangan baru saat saya menemukan lapisan dalam mahakarya horor mengerikan Bigelow yang belum pernah saya sadari sebelumnya.


Namun kebahagiaan sederhana yang saya temukan saat mengetahui bahwa saya telah membawa ayah saya ke suatu tempat di luar zona nyamannya dan bahwa dia menikmati perjalanan itulah yang membuat film ini berkesan secara pribadi. Kami tidak sependapat dalam banyak hal. Perbedaan kami sangat besar. Meski begitu, dia terus mencari pendapat saya dan bersedia menantang dirinya sendiri dengan menonton film yang tidak sejalan dengan pandangan dunianya. Ini memberi saya kebahagiaan yang tak terkatakan.

Tidak semua rekomendasi saya “sangat bagus” seperti Near Dark, dan memang seharusnya begitu. Kami masih sering melakukan percakapan seru setelahnya, dan sangat jarang terjadi perbedaan pendapat yang begitu parah sehingga satu-satunya reaksi yang tepat adalah diam. Meskipun saya sangat menyukai film Bigelow, saya lebih menyukainya.

Sumber: moviefreak

No comments:

Post a Comment

Top 25 Album Steve Wonder Terbaik

3 Juli 2024 Hanya sedikit seniman yang memiliki pengaruh dan umur panjang seperti Stevie Wonder. Dengan karir yang dimulai sejak masa Motown...