Wednesday, July 31, 2024

“A Blessin’ and a Lesson”: Kisah di Balik “Tutti Frutti” oleh Little Richard

31 Juli 2024

Little Richard adalah kontradiksi yang terus berjalan. Karena didikan religiusnya, ia tidak dapat sepenuhnya menyukai rock ‘n’ roll, namun ia memberi kita beberapa rekaman paling menarik yang pernah didengar dunia. Anak ketiga dari 12 bersaudara dari Macon, Georgia, Richard Penniman adalah putra seorang diaken gereja yang menjual minuman keras ilegal dan memiliki sebuah kelab malam. Saat masih kecil, Richard mulai bernyanyi dan bermain piano. Ia menemukan kekuatan musik gospel dan ingin tumbuh menjadi seorang pendeta. Pada tahun 1947, Sister Rosetta Tharpe menemukan penyanyi muda itu dan menawarinya kesempatan untuk tampil di acaranya di Auditorium Kota Macon (Georgia), yang memberinya inspirasi untuk menjadi penghibur profesional.

Setelah belajar saksofon di sekolah menengah, Richard beralih ke piano untuk menyalurkan suara nyanyiannya yang kuat. Pada tahun 1949, ia mulai tampil sebagai drag queen sebagai Princess LaVonne dan meninggalkan rumah untuk bergabung dengan pertunjukan kedokteran keliling. Tahun berikutnya, Penniman bergabung dengan Buster Brown’s Orchestra, yang memberinya nama Little Richard. Ia membuat rekaman untuk RCA Victor dan Peacock dengan beberapa kesuksesan regional, tetapi baru setelah ia bekerja sama dengan Specialty Records di New Orleans, ia mengalami kemenangan terbesarnya. Mari kita lihat kisah di balik "Tutti Frutti" oleh Little Richard.





Wop bop a loo bop a lop bom bom

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

A wop bop a loo bop a lop ba ba

Aku punya seorang gadis bernama Sue. Dia tahu persis apa yang harus dilakukan

Aku punya seorang gadis bernama Sue. Dia tahu persis apa yang harus dilakukan

Dia hebat di Timur, dia hebat di Barat

Tapi dialah gadis yang paling kucintai


Semuanya Bermula di Dapur

Lagu "Tutti Frutti" lahir dari rasa frustrasi. Saat Little Richard masih kecil, dia akan memukul panci dan wajan dan mengganggu tetangga. Bertahun-tahun kemudian, dia sedang mencuci piring di stasiun bus Greyhound ketika dia merasa kesal dengan bosnya. Pada tahun 1990, Little Richard mengatakan kepada majalah Rolling Stone, "Aku tidak bisa membantah bosku. Dia akan membawa semua panci ini kembali untukku cuci, dan suatu hari aku berkata, 'Aku harus melakukan sesuatu untuk menghentikan pria ini membawa semua panci ini kembali untukku cuci,' dan aku berkata, 'Awap bop a lup bop a wop bam boom, keluarkan!' dan itulah yang kumaksud saat itu. Jadi aku menulis 'Tutti Frutti' di dapur." 

Wop bop a loo bop a lop bom bom

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

A wop bop a loo bop a lop ba ba

“Berkah dan Pelajaran”

Pada tahun 1999, Little Richard mengatakan kepada majalah Mojo, “Pencapaian terbesar saya adalah ‘Tutti Frutti.’ Lagu itu membawa saya keluar dari dapur—saya adalah pencuci piring di stasiun bus Greyhound, menghasilkan $10 seminggu dengan bekerja 12 jam sehari, dan ‘Tutti Frutti’ adalah berkah dan pelajaran. Saya bersyukur kepada Tuhan untuk ‘Tutti Frutti.’”


Saya punya seorang gadis bernama Daisy. Dia hampir membuat saya gila

Punya seorang gadis bernama Daisy. Dia hampir membuat saya gila

Dia tahu cara mencintaiku, ya memang

Wah, kamu tidak tahu apa yang dia lakukan padaku


Good Booty

Lirik aslinya lebih sugestif. Tutti frutti / good booty / If it’s tight, it’s alright / If it’s greasy, it makes it easy. Penulis lirik Dorothy LaBostrie membantu menyempurnakan liriknya, membawa lagu itu ke tempat yang aman untuk disiarkan. Singel yang sukses di Specialty Records ini mencapai No. 2 di tangga lagu Billboard R&B, diikuti oleh "Long Tall Sally," "Slippin' and Slidin'," "Rip It Up," dan "Ready Teddy."


Tutti frutti, oh rootien

Tutti frutti, oh rootie, ooh

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Wop bop a loo bop, ow


Artis Kulit Putih Masuk Tangga Lagu Lebih Tinggi

Pat Boone baru saja sukses meng-cover "Ain't that a Shame" oleh Fats Domino saat ia meng-cover "Tutti Frutti." Boone membawa lagu tersebut ke No. 12 di Billboard Hot 100, sementara versi Little Richard memuncaki No. 18. Elvis Presley memasukkan lagu tersebut ke dalam album debut RCA-nya yang berjudul sama dan memasukkannya sebagai sisi-B dari "Blue Suede Shoes." Pada tahun 1984, Little Richard mengatakan kepada Washington Post, “Mereka tidak ingin saya menghalangi orang kulit putih. … Saya merasa saya didorong ke sudut ritme dan blues agar tidak menghalangi para rocker karena di sanalah uang berada. Ketika “Tutti Frutti” dirilis … mereka membutuhkan bintang rock untuk menghalangi saya masuk ke rumah orang kulit putih karena saya adalah pahlawan bagi anak-anak kulit putih. Anak-anak kulit putih akan menempatkan Pat Boone di atas meja rias dan saya di dalam laci karena mereka lebih menyukai versi saya, tetapi keluarga tidak menginginkan saya karena citra yang saya proyeksikan.”


Oh tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie, ooh

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

A wop bop a loo bop a lop bom bom


Woo!


Little Richard akan berteriak, “Aaaaaaaahhh,” tepat sebelum solo saksofon tenor untuk memberi isyarat kepada Lee Allen kapan harus mulai bermain. Ia menjadi terkenal karena lagunya "Woo!" yang kemudian ditiru oleh Paul McCartney saat The Beatles membawakan ulang lagu-lagu Little Richard. Kuartet Liverpool itu membawakan "Tutti Frutti" secara rutin, tetapi mereka tidak merekamnya. Mereka memotong "Long Tall Sally" dan "Kansas City/Hey Hey Hey Hey!"

Aku punya cewek bernama Daisy. Dia hampir membuatku gila

Punya cewek bernama Daisy. Dia hampir membuatku gila

Dia tahu cara mencintaiku, ya memang

Wah, kau tidak tahu apa yang dia lakukan padaku

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie, ooh

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

Tutti frutti, oh rootie

A wop bop a loo bop a lop bam boom


Sumber: americansongwriter

No comments:

Post a Comment

Peringkat Pembalap F1 yang Merupakan Satu-satunya yang Mewakili Negaranya

12 September 2024 Formula 1 adalah olahraga global, dan pembalap dari total 41 negara telah berkompetisi di Kejuaraan tersebut sejak balapan...