Sunday, July 14, 2024

Kisah Film Terbaik: Episode 262 - The Thin Blue Line (1988)

 Film Kriminal Dokumentar Terbaik Sepanjang Masa

14 Juli 2024

Rilis: 25 Agustus 1988
Sutradara: Errol Morris
Produser: Mark Lipson
Sinematografi: Robert Chappell dan Stefan Czapsky
Score: Philip Glass
Distribusi: Miramax Films
Pemeran: Randall Adams dan David Ray Harris
Durasi: 103 Menit
Genre: Dokumentar/Kriminal
RT: 100%

The Thin Blue Line (1988) lebih dari sekadar film dokumenter yang menceritakan kisah penembakan seorang petugas polisi pada tahun 1976 dan penahanan orang yang salah atas kejahatan tersebut. Ini juga merupakan upaya untuk menunjukkan pemikiran Morris sendiri tentang berbagai cara terjadinya pembunuhan, untuk memberikan kejelasan pada misteri tersebut.

Suatu malam yang dingin di Dallas Barat, Texas, Petugas Robert Wood dan rekannya, Petugas Teresa Turko, melakukan pemberhentian rutin di jalan raya terhadap Komet Merkurius berwarna biru. Saat Wood mendekati jendela samping pengemudi, dia tertembak. Petugas Turko mungkin atau mungkin tidak berada di dalam mobilnya pada saat itu (detailnya terungkap kemudian di film), tetapi akhirnya menembaki kendaraan yang melarikan diri, meskipun dia tidak melihat penembak atau pelat nomornya. Randall Adams, seorang gelandangan berusia 27 tahun, dijatuhi hukuman mati karena kejahatan tersebut. Namun penyelidikan Morris mengarah pada saksi utama penuntut yang menyatakan dia sebagai pembunuh sebenarnya, seorang remaja berusia 16 tahun yang melarikan diri karena melakukan kejahatan, David Harris. Investigasi Morris akhirnya menghasilkan pembebasan Adams dari penjara.

Penayangan ulang penghentian lalu lintas dan penembakan yang ekspresionis dan bertentangan disambut dengan ketidakpercayaan dan bahkan kebingungan. Namun film dokumenter, seperti kebanyakan karya Morris dalam film dan sastra, tidak mencerminkan kebenaran, melainkan pencarian kebenaran.

“Ada kebingungan mengenai hakikat kebenaran dalam film dokumenter,” kata Morris. "Kebenaran tidak pernah terjamin. Anda mengejar kebenaran. Itu menjadi sebuah pencarian. Dengan kemampuan terbaik Anda, Anda ingin melanjutkan cerita ini dan membawanya ke kesimpulan jika Anda bisa. Saya mencoba menggunakan visual dengan cara yang tidak hanya ilustratif, tetapi untuk membawa Anda lebih dalam dan lebih dalam ke dalam misteri utama. Saya sangat bangga dengan The Thin Blue Line karena menurut saya ini inovatif dan berbeda dari film dokumenter mana pun yang dibuat sebelumnya, tetapi saya bahkan lebih bangga dengan penyelidikan saya investigasi terbaik yang pernah saya lakukan sebagai penyelidik swasta atau pembuat film."


Lampu polisi ini merupakan jantung dari The Thin Blue Line. Sesuatu yang aneh, fetisistik, misterius. Mobil polisi di jalan raya yang sepi di Dallas Barat dan tragedi yang disebabkan oleh penghentian lalu lintas rutin—tragedi yang mencakup beberapa pembunuhan, beberapa percobaan pembunuhan, dan kegagalan dalam menegakkan keadilan yang menyebabkan seorang gelandangan Ohio beberapa jam setelah eksekusi di Old Sparky, the Kursi listrik Texas. Ini adalah cerita film noir yang luar biasa. Hanya saja, tidak seperti kebanyakan film noir, hal itu benar-benar terjadi. Direktur fotografi Stefan Czapsky (dan saya) berbicara tentang lampu polisi. Kami menginginkan sesuatu yang sangat terang—untuk menonjolkan bingkai. Kami akhirnya mendapatkan lampu pendaratan untuk Learjet—sangat terang sehingga bola plastik yang menampungnya di atas mobil polisi terus-menerus meleleh dan harus diganti.


David Harris di Lew Sterrett Justice Center, penjara Dallas County. Itu adalah wawancara terakhir saya di akhir proses investigasi yang sangat panjang. Harris beberapa kali tidak muncul untuk wawancara yang difilmkan. Itu adalah salah satu alasan favoritku untuk melewatkan janji—"Aku hendak membunuh seseorang." Kalau dipikir-pikir lagi, saya menghadapi risiko besar mengikuti Harris berkeliling Texas. Dia bisa dengan mudah membunuhku. Saya berbicara dengannya sehari sebelum dia dieksekusi. Saat ini, Old Sparky telah digantikan oleh brankar suntikan mematikan. Itu yang kami sebut kemajuan. Penembakan di penjara adalah hal yang mudah dilakukan. Kami merekam semua wawancara pada Super 16mm 7248, dan rangkaian dramatis pada 35mm 5248.


Randall Adams di Unit Eastham, juga dikenal sebagai "The Ham." Itu adalah wawancara pertama saya untuk The Thin Blue Line, hampir tiga tahun sebelum saya memfilmkan David Harris. Saya menghindari berbicara dengan orang lain sebelum wawancara, meskipun saya mempersiapkan diri dengan cermat dan memikirkan apa yang ingin saya capai. Tapi lebih dari itu, saya membiarkannya terjadi. Ada gagasan jahat bahwa orang sungguhan bukanlah aktor dan aktor bukanlah orang sungguhan, yang menurut saya tidak benar. Wawancara yang sangat bagus adalah pertunjukan. Itu tidak berarti itu palsu. Namun kemampuan untuk mendapatkan wawancara yang baik tentang film melibatkan penyutradaraan. Anda tidak duduk di sana seperti kentang di kursi. Anda mencoba membuat sesuatu terjadi di depan kamera. Hal ini berlaku pada aktor. Itu benar dengan orang sungguhan. Baik atau buruk, mereka berdua adalah manusia.


Naik derek ke sini untuk menghentikan lalu lintas. Saya suka tembakan lebar. Bidikan lebar menempatkan kita dalam sebuah adegan, namun kita belum tentu melihat ke dalam adegan tersebut. Close-up kami teliti. Kami mencoba menjelajahinya. Kami bereaksi terhadap perbedaan panjang fokus dengan cara yang sangat berbeda. Ini mungkin lensa 25mm atau 21mm. Saya berharap itu lebih luas. Saya suka yang 10mm, saya suka yang 12mm, dan saya suka yang 14mm. Anda tidak dapat hidup tanpanya—atau setidaknya perangkat yang setara dalam kamera format lebar. Saya memiliki seorang desainer produksi jenius, Ted Bafaloukos, yang menciptakan papan cerita yang luar biasa indah. Tujuan kami adalah untuk mengilustrasikan berbagai versi tentang apa yang mungkin terjadi malam itu. Tujuannya untuk mengejar kebenaran, menyelidiki kebenaran kejadian malam itu.


Kejahatan tersebut ditampilkan sebagai rangkaian close-up yang aneh, bidikan lebar, bidikan sedang, sudut ekspresionis—lensa yang lebih panjang, melalui kaca depan mobil polisi, yang diparkir di belakang kendaraan tersangka. Pencahayaannya sangat indah. Kami berada di negara film noir di sini.


Melihat kembali ke mobil polisi. Robert Wood mendekati kendaraan tersangka. Petugas Turko, rekannya, masih berada di dalam meski tidak terlihat jelas. Ini meninggalkan misteri apakah dia keluar dari mobil pada awalnya. Petugas Wood dengan senternya mendekati mobil yang berhenti. Dia berputar beberapa kali ketika dia ditembak jadi kami memilih seorang penari untuk memerankannya. Kami menginginkan seseorang yang dapat melakukan putaran berulang kali. Semuanya dalam gerakan lambat—saya suka gerakan berlebihan. Ini memberikan tindakan yang tidak nyata.


Kami berada di dalam kendaraan tersangka, Komet biru. Tangan siapa yang memegang kemudi? Kami tidak tahu. Itu terlepas. Dia meraih pistol di bawah kursi. Sulit untuk menempatkan kamera di tempat yang Anda inginkan saat mengambil gambar di dalam mobil—terkadang Anda harus melepas kursi, terkadang kaca depan, terkadang Anda bahkan harus melihat mobil menjadi dua. Setiap bidikan dalam urutan ini dibingkai dengan indah. Ini adalah pencarian kebenaran yang melampaui pencarian realitas. Untuk menjawab pertanyaan: Siapa yang mengambil pistol dari bawah kursi pengemudi? Siapa yang mengirim lima siput ke polisi? Kebenaran disajikan dengan mencoba menentukan kebenaran. Hal ini tidak dilakukan dengan memilih lensa 50mm dibandingkan lensa 35mm. Hal ini tidak dicapai dengan memiliki kamera genggam melainkan kamera yang dipasang pada boneka. Semua ini demi misteri yang saya coba pecahkan.


Hanya ada sedikit lampu jalan. Kemungkinan besar rekan Wood, Petugas Turko, tidak pernah keluar dari mobil. Dia tidak melihat dengan jelas apakah di dalam kendaraan itu ada dua penumpang atau satu. Penonton diminta memikirkan gambar-gambar dan bukti-bukti tersebut. Saya tidak tahu pasti, tapi tebakan saya pasangannya keluar dari mobil. Ini malam yang dingin, dia tetap di dalam. Rekannya berjalan ke sisi pengemudi kendaraan, tertembak beberapa kali. Dia berlari dan mobil melaju kencang di malam hari, menunjukkan bahwa dia sebenarnya tidak berada di tempat untuk melihat pelat nomor mobil atau siapa yang ada di dalamnya. Anda sedang membuat sebuah misteri. Anda tidak memerankan kembali; Saya yakin istilah itu menyesatkan dan tidak tepat.


Kami memotretnya di City Island di New York dan di garasi di Brooklyn. Petugas Wood mendekati mobil dengan bayangan tak menyenangkan di depannya. Bidikan sudut rendah diterangi oleh lampu depan mobil polisi yang terang. Saya menggunakan isyarat musik dari Philip Glass, dari "Facades." Ini bekerja dengan sangat baik sehingga saya terus berkata, "Sebaiknya kita mencari seseorang untuk menulis seperti Philip Glass." Lalu saya berpikir, mengapa bukan Philip Glass sendiri? Butuh waktu berbulan-bulan untuk membuatnya melihat potongan kasar dari film tersebut tetapi begitu dia melakukannya, dia langsung berkata bahwa dia akan menulis musiknya. Dia tetap mengatakan bahwa itu adalah skor yang paling dia banggakan.


Sebagai pembuat film pemula, Anda diberitahu untuk tidak melewati batas. Sebagai pelanggar aturan yang sempurna, kami berulang kali melewati batas dengan tembakan. Itu salah satu cara untuk menciptakan drama. Ini meningkatkan ketegangan. Orang-orang mengeluhkan suara tembakan tersebut, dan mengatakan bahwa suara tersebut tidak terdengar realistis—apa pun maksudnya. Jadi, kami me-remixnya untuk menambahkan reverb, membuatnya lebih keras, menambahkan lebih banyak bass ke dalamnya.


Senternya jatuh dan pecah. Jadi, saya membayangkan bagaimana tampilannya. Detail sangat penting dalam memahami sebuah cerita. Membuat visual ini memungkinkan kita mempertimbangkan berbagai alternatif dan kemungkinan atas apa yang mungkin terjadi. Saya merasa bahwa mencoba membawa penonton ke dalam misteri itu dengan cara ini sebenarnya adalah cara paling jujur ​​untuk menceritakannya.


Kita tahu Petugas Turko akhirnya keluar, tapi saya yakin dia baru keluar setelah penembakan. Di soundtrack Anda mendengar ban, karet terbakar, dan mobil melaju kencang di malam hari, dia berulang kali menembakkan pistolnya tetapi tidak berhasil. Stefan Czapsky adalah DP paling berprestasi di Amerika untuk penerangan di malam hari dan menghasilkan orang kulit hitam yang sangat kaya. Terkadang kami bercanda tentang menciptakan tampilan yang pernah saya lihat di banyak drama kriminal tahun 40-an dan 50-an—sebuah film dokumenter noir.


Visual dan hal-hal ini tidak dimaksudkan untuk memberi tahu Anda apa yang sebenarnya terjadi—atau tentu saja bukan untuk mengilustrasikan apa yang saya yakini benar-benar terjadi—tetapi untuk membawa Anda ke inti misteri dari apa yang terjadi. Jika ada sesuatu yang ambigu, itu tidak berusaha menyembunyikan apa pun, namun mencoba membingkai serangkaian pertanyaan. Saya tidak ingin berargumen bahwa ini adalah representasi dari apa yang sebenarnya terjadi, namun ini adalah upaya untuk membangkitkan seperti apa keadaannya. Saya tidak ada di sana di jalan raya dan saat itu malam sangat gelap. Saya masih belum mengilustrasikan kejahatannya; Saya mengilustrasikan misteri seputar kejahatan tersebut.


Foto otopsi Petugas Wood. Saya suka memiliki bahan arsip sebagai bagian dari campuran editorial. Ini mengingatkan Anda akan realitas mendasar dari kejahatan tersebut. Membuat campuran bahan arsip nyata—surat kabar, foto otopsi, diagram polisi, dll.—menjadi bagian dari penyelidikan kejahatan tersebut. Saya menyukai kenyataan bahwa kami merasa ini adalah gambar otopsi; ia memiliki perasaan yang berbeda dari semua materi lainnya. Ada sesuatu pada gambar itu yang nyata. Ceritanya tidak boleh terlalu abstrak sehingga Anda melupakan tragedi kemanusiaan yang mendasari apa yang terjadi. Seseorang benar-benar kehilangan nyawanya di jalan ini pada malam itu.

Sumber: dga

No comments:

Post a Comment

Peringkat Pembalap F1 yang Merupakan Satu-satunya yang Mewakili Negaranya

12 September 2024 Formula 1 adalah olahraga global, dan pembalap dari total 41 negara telah berkompetisi di Kejuaraan tersebut sejak balapan...