Thursday, September 19, 2024

30 Tahun Lalu: Puncak Komersial Soundgarden dengan ‘Black Hole Sun’

19 September 2024


Pada tahun 1994, arus utama Amerika telah sepenuhnya merangkul gerakan musik grunge.

Generasi X yang mengenakan pakaian flanel telah membantu menjadikan Nirvana dan Pearl Jam sebagai dua band terbesar di dunia. Namun, Soundgarden, grup grunge pertama Seattle yang menandatangani kontrak dengan label rekaman besar, mendapati diri mereka berada di pinggiran ketenaran rock. Itu akan segera berubah dengan hit terobosan grup tersebut pada tahun 1994 "Black Hole Sun."

Entah karena takdir atau hanya keberuntungan, inspirasi lagu itu datang kepada sang vokalis Chris Cornell secara tidak sengaja. "Saya salah dengar seorang pembawa berita, dan saya pikir dia mengatakan 'black hole sun', tetapi dia mengatakan sesuatu yang lain," kenang Cornell dalam percakapan tahun 2014 dengan Entertainment Weekly. "Jadi saya dikoreksi, tetapi setelah itu, saya berpikir, 'Yah, dia tidak mengatakannya, tetapi saya mendengarnya,' dan itu menciptakan gambaran ini di otak saya, dan saya pikir itu akan menjadi judul lagu yang luar biasa. Itu adalah frasa yang menggugah pikiran, dan itu menjadi lagu itu."

Dengan frasa judul yang bergema di kepalanya, Cornell menciptakan sebuah melodi. Dia bernyanyi dan menyenandungkan ide-ide untuk dirinya sendiri selama perjalanan pulang dengan mobil. "Saya menghabiskan banyak waktu memutar melodi-melodi itu di kepala saya sehingga saya tidak akan melupakannya," kenangnya saat berbicara dengan Uncut. "Saya pulang dan bersiul ke Dictaphone. Keesokan harinya saya membawanya ke dunia nyata, menetapkan beberapa perubahan kunci dalam bait untuk membuat melodi lebih menarik. Lalu saya menulis liriknya dan itu mirip – aliran kesadaran berdasarkan perasaan yang saya dapatkan dari bagian chorus dan judulnya."

Cornell kemudian memperkirakan ia menulis 'Black Hole Sun' dalam waktu sekitar 15 menit.

Struktur lagunya menyimpang dari lagu-lagu Soundgarden sebelumnya. Karena itu, Cornell khawatir tentang bagaimana teman-teman satu bandnya akan menanggapinya. "Saya pikir mereka mungkin menyukainya, tetapi tidak menganggapnya sebagai lagu Soundgarden," katanya. "Saya sendiri tidak yakin. Terkadang sebuah lagu melampaui batas dan Anda mungkin merasa lagu itu tidak sesuai dengan kepribadian musik yang berada di bawah bendera band itu." 

Mengapa Soundgarden Ragu-ragu dengan 'Black Hole Sun'

Cornell memberikan tiruannya kepada anggota band lainnya. Respons mereka positif, tetapi juga hati-hati.

“Itu bukan lagu berat yang berorientasi pada gitar seperti yang biasa kami dengarkan – lagu itu lebih bernuansa pop,” gitaris Kim Thayil kemudian mengatakan kepada Uncut. “Kami memahami bahwa lagu itu memiliki potensi komersial yang sangat kuat. Kami tidak tahu apa artinya itu bagi kami. Jika lagu itu menjadi besar, apakah orang-orang akan berharap untuk memainkannya di mana pun kami pergi? Ada keraguan.”

Pemain bass Ben Shepherd sedikit lebih bersemangat dengan lagu itu. “Saya langsung tahu bahwa itu adalah lagu yang sangat hebat," katanya kepada Uncut. "Saya menyamakannya dengan Stevie Wonder, tingkat penulisan lagu seperti itu. Hebat.”

Mungkin yang paling antusias adalah produser Michael Beinhorn. “Saya merasa seperti tertabrak bus," katanya sambil mengingat pertama kali dia mendengar "Black Hole Sun." "Biasanya ada saat ketika rentang perhatian Anda melayang dalam musik, tetapi ini seperti kepala saya terjepit. Itu adalah salah satu karya musik paling luar biasa yang pernah saya dengar. Saya memutarnya 15 kali berturut-turut. Saya memberi tahu Chris bahwa dia seorang jenius." Band tersebut memutuskan untuk merekam demo lagu tersebut. Penekanan akan diberikan pada elemen-elemen gelap dan menghantui dari lagu tersebut, karena para musisi percaya hal ini akan memungkinkan mereka untuk tetap setia pada sikap yang sudah mapan dari band mereka. Komponen kunci untuk tujuan ini adalah solo gitar Thayil yang memukau, yang muncul sedikit lebih dari setengah lagu.

“Solo tersebut memungkinkan saya untuk melakukan sesuatu yang gila dan berisik, yang merupakan salah satu dari beberapa hal yang secara gaya melengkapi lagu tersebut dan menonjolkan sisi Soundgarden yang gelap dan psikedelik,” kenangnya kemudian.

“Black Hole Sun” menjadi lagu ketujuh pada album Soundgarden yang sangat penting, Superunknown. Anehnya, lagu tersebut tidak dipilih sebagai singel pertama ... atau bahkan yang kedua. Penghargaan tersebut diberikan kepada “Spoonman” dan “The Day I Tried to Live,” masing-masing. Label rekaman "A&M tidak akan merilisnya sebagai singel pertama,” Beinhorn kemudian berkomentar. “Saya pikir mereka merasa sombong, mereka tahu orang-orang akan tetap memainkannya.”

'Black Hole Sun' Banyak Disalahartikan

Superunknown dirilis pada 8 Maret 1994. Kurang dari sebulan kemudian, vokalis Nirvana Kurt Cobain bunuh diri. Kematiannya menggemparkan dunia musik, terutama di kancah musik Seattle.

Ketika "Black Hole Sun" dirilis sebagai singel pada 13 Mei, banyak penggemar yang tidak tahu apa-apa salah menafsirkan liriknya. Beinhorn mengingat tanggapannya: "Lagu itu menyentuh hati yang sangat kuat. Orang-orang [membuat] hubungan mereka sendiri dengan lagu itu. Sebagian orang mengira lagu itu tentang kematian Kurt Cobain."

Lagu itu menjadi hit terbesar Soundgarden, bertahan selama total tujuh minggu di No. 1 di tangga lagu Mainstream Rock Billboard. Sementara itu, video yang menyertainya diputar banyak di MTV.

Klip yang disutradarai oleh Howard Greenhalgh itu menyandingkan gambar-gambar pinggiran kota yang kejam dan menyimpang dengan adegan-adegan saat band itu tampil. "Saya suka video itu karena berhasil," Cornell kemudian mengakui kepada Artist Direct.

“Kebetulan saja ada orang dengan ide hebat yang kebetulan percaya pada gagasan kami bahwa kami adalah bintang video yang enggan dan tidak akan memberi Anda apa pun. Kontras antara kami yang tidak memberi Anda apa pun dan visi Anda sebenarnya akan lebih baik daripada jika kami melompat-lompat dan bertingkah seperti orang rock gila dan Anda melakukan suntingan flash jump-cut dan pencahayaan yang gila. Kami sudah cukup aneh, dan kami lelah berusaha untuk tidak menjadi aneh. Berhasil. Itu adalah pelajaran yang besar.”

Warisan 'Black Hole Sun'

Didukung oleh kesuksesan "Black Hole Sun," Superunknown terus terjual lebih dari 9 juta kopi di seluruh dunia. Lagu itu juga membawa pulang penghargaan untuk 'Penampilan Hard Rock Terbaik' di Grammy 1995.

Sejak dirilis, "Black Hole Sun" telah dinyanyikan ulang oleh banyak artis eklektik, termasuk Peter Frampton, penyanyi lounge Richard Cheese, dan grup alt-pop Jepang Cibo Matto. Sebagian liriknya juga digunakan dalam lagu "Weird Al" Yankovic tahun 1996 berjudul "The Alternative Polka." Instrumen piano dari "Black Hole Sun" juga ditampilkan dalam episode perdana Westworld di HBO.

"Black Hole Sun" adalah "lagu yang bagus untuk kita jadikan hit internasional karena lagu ini tidak dapat dikategorikan di hampir semua level," kata Cornell pada tahun 2014. "Lagu ini murung dan muram, tetapi sangat populer di musim panas dan tampilan videonya membantu, dengan nuansa musim semi yang menakutkan. Lagu ini menciptakan nuansa, tetapi saya tidak dapat memberi tahu Anda secara spesifik tentang apa lagu itu. Dan jika saya tidak dapat memberi tahu, bagaimana orang lain dapat terhubung dengannya? Mungkin lagu ini cukup terbuka sehingga orang dapat menjadikannya sebagai soundtrack untuk momen mereka."

Pada tahun 2019, ilmuwan NASA mengambil foto pertama lubang hitam, yang terletak 54 juta tahun cahaya dari Bumi. Penggemar Soundgarden mengajukan petisi agar album ini diberi nama Cornell, yang meninggal pada tahun 2017. Petisi tersebut terlambat karena lubang hitam tersebut diberi nama Powehi. Namun, upaya yang ditunjukkan oleh para pecinta musik membuktikan bahwa "Black Hole Sun" terus bersinar lama setelah dirilis.

Sumber: ultimateclassicrock

No comments:

Post a Comment

"Rock You Like A Hurricane" dari SCORPIONS Awalnya Memiliki Judul yang Lebih Sesungguhnya

"Saya pikir kami membutuhkan lagu rock dengan lirik yang seharusnya dilarang." 19 September 2024 Riff gitar yang langsung dikenali...