Sunday, September 1, 2024

Kisah Film Terbaik: Episode 269 - Field of Dreams (1989)

 Film Fantasi Olahraga Terbaik Sepanjang Masa

1 September 2024

Rilis: 5 Mei 1989
Sutradara: Paul Alden Robinson
Produser: Lawrence dan Charles Gordon
Sinematografi: John Lindley
Score: James Horner
Distribusi: Universal Pictures dan Carolco Pictures
Pemeran: Kevin Costner, Amy Madigan, James Earl Jones, Ray Liotta, Burt Lancaster
Durasi: 107 Menit
Genre: Olahraga/Fantasi/Drama/Keluarga
RT: 88%


Saya akan mulai dengan klise: Bisbol adalah hobi nasional Amerika.

Selama beberapa dekade, berbagai film telah berusaha menangkap sepotong makna besar yang diberikan Amerika pada bisbol dalam budayanya. Kebanyakan orang yang menonton film bersama ayah mereka telah menonton "A League of Their Own" dan "The Sandlot."

"Field of Dreams" adalah salah satu film bisbol klasik yang lebih dari sekadar bertujuan untuk sepotong jiwa Amerika, impian Amerika. "Field of Dreams" dibintangi Kevin Costner sebagai Ray Kinsella saat ia memiliki pengalaman mistis dengan suara yang didengarnya di ladang jagung di pertaniannya di Iowa.

"Jika Anda membangunnya, dia akan datang" telah menjadi bahasa sehari-hari kita sebagai kutipan yang dapat disandingkan dengan "Semoga kekuatan menyertai Anda."

Sepanjang film ini, kita mengikuti Ray saat ia menikmati setiap keajaiban kekanak-kanakan yang ditemuinya di sepanjang perjalanannya. Ia membangun lapangan bisbol di pertaniannya. Dia melakukan perjalanan darat ke Boston, mencari seorang penulis penyendiri yang mungkin berhubungan dengan mendiang ayah Ray.

Setiap momen dalam film ini berusaha menunjukkan seorang pria Amerika yang mengejar impian setiap anak. Dia mengingat pengalaman bisbolnya dengan ayahnya saat masih kecil. Setiap langkahnya, saya mendapati diri saya mengingat pengalaman saya sendiri.

Saya ingat permainan tunggal walk-off pertama saya di kelas tiga. Saya ingat tangkapan yang saya mainkan dengan ayah saya di halaman belakang rumah kami yang sempit. Saya ingat melakukan strike out dan membuat permainan hebat dan permainan pertama saya di Wrigley Field, ketika pria baik yang duduk di belakang saya memberi saya bola foul yang ditangkapnya.

Bisbol adalah bagian formatif dari hidup saya, seperti halnya jutaan orang Amerika lainnya.

"Field of Dreams" menyatakan bahwa bisbol bukan hanya permainan, tetapi sesuatu yang tertanam dalam aliran darah Amerika, dalam jiwa kita. Film ini abadi dan dapat membuat Anda melihat masa depan dan menghidupkan kembali masa lalu.

Dari sisi teknis, film ini kurang memenuhi sebagian besar sasaran. Naskahnya memiliki banyak dialog yang konyol dan tidak pas. Iramanya sangat kacau. Intro-nya adalah narasi eksposisi yang cukup menyedihkan yang mencoba memasukkan informasi selama puluhan tahun di momen-momen awal film.

Tidak ada sedikit pun yang penting saat Anda sampai di akhir film.

Yang penting dalam film ini adalah penekanannya pada permainan bisbol sebagai sesuatu yang penting bagi budaya kita. Ketika Ray akhirnya berhasil menangkap bola dengan mendiang ayahnya di momen-momen akhir film, mustahil untuk tidak merasakan gelombang emosi yang kuat.

Saya selalu teringat perasaan itu ketika saya duduk di lapangan bisbol dan mengingat masa kecil saya. Ketika Shoeless Joe Jackson muncul di kejauhan di lapangan buatan Ray, saya teringat kembali masa kecil saya ketika saya berharap suatu hari nanti saya akan "menjadi pemain profesional" dan bermain untuk Chicago Cubs.

Ray Kinsella membuang tabungan dan keuntungannya untuk membangun lapangannya. Dia menyerah pada setiap kebutuhan monoton dalam kehidupan sehari-hari, seperti pembayaran rumah, hanya untuk kembali menjadi anak-anak untuk sementara waktu dengan pemain favoritnya di lapangan.

Saya pasti akan melakukan hal yang sama jika mendengar suara itu memanggil saya.

Sudah 35 tahun sejak "Field of Dreams" pertama kali dirilis untuk penonton Amerika. Menontonnya hari ini tidak terasa kurang penting dan berdampak, bahkan untuk ketiga dan keempat kalinya.

Kevin Costner melakukan pekerjaan yang hebat dengan ternganga kagum dan menunjukkan kegembiraan yang luar biasa di matanya sepanjang film. James Earl Jones sebagai Terence Mann, penulis penyendiri yang bergaya seperti J.D. Salinger, lebih baik dari yang Anda harapkan.

Dalam "Field of Dreams," saya bisa, untuk beberapa saat, merasa seperti saat saya masih kecil. Saya ingin melempar bola ke Shoeless Joe Jackson dan pergi ke Fenway Park mencari Archibald "Moonlight" Graham untuk memberinya satu kesempatan mengayunkan tongkat melawan pelempar liga besar.

Bisbol adalah olahraga ajaib yang sering kali direduksi menjadi klise untuk mencoba dan mengungkapkan dengan kata-kata apa yang begitu luar biasa tentangnya. Dari tangkapan pertama Anda bersama ayah hingga liga kecil, hingga tim sekolah menengah, bisbol tumbuh bersama Anda seiring bertambahnya usia, ini adalah kisah yang terus berkembang — seperti Anda.

“Field of Dreams” tidak lekang oleh waktu. Jika dirilis hari ini, rasanya akan sama saja seperti film yang ditunjukkan ayah saya saat saya masih kecil.

Tidak masalah dari mana Anda berasal, tim apa yang Anda sukai, atau berapa usia Anda. Jika Anda pernah menangkap bola, bermain dalam pertandingan, atau bahkan hanya menonton pertandingan bisbol dan merasakan tarikan yang tak terlukiskan, film ini adalah teks dasar bagi budaya Amerika, dan bagi Anda.

“Hei, apakah ini Surga?” Shoeless Joe bertanya kepada Ray di awal film.

“Tidak. Ini Iowa,” jawab Ray.

Bisbol menjadi transenden saat hanya duduk di tribun. “Field of Dreams” adalah film tentang mengingat keindahan dan kesenangan sederhana yang datang dari berhubungan kembali dengan bisbol. Bahkan jika kenikmatan itu datang dari hal lain selain bisbol bagi Anda, Anda akan merasakan keajaiban itu sepuluh kali lipat, dan berharap dapat menemukannya sendiri, seperti yang dialami Ray Kinsella.

Sumber: miamistudent oleh Devin Ankeney

No comments:

Post a Comment

"Rock You Like A Hurricane" dari SCORPIONS Awalnya Memiliki Judul yang Lebih Sesungguhnya

"Saya pikir kami membutuhkan lagu rock dengan lirik yang seharusnya dilarang." 19 September 2024 Riff gitar yang langsung dikenali...