Wednesday, October 2, 2024

Mengapa "What's Going On" karya Marvin Gaye Merupakan Album Terbaik Sepanjang Masa

2 Oktober 2024

... atau setidaknya pesaing yang sangat bagus.


Situasi saat ini yang kita hadapi adalah saat yang tepat untuk menjelajahi jalur musik yang belum pernah kita jelajahi sebelumnya, atau mengunjungi kembali jalur yang sudah kita lupakan. Dan dalam pikiran aneh saya, ini berarti kesempatan lain untuk memberi peringkat pada berbagai hal. Hanya karena itu menyenangkan.

Saat bekerja di rumah, sambil memutar musik secara acak di ponsel saya, "What's Going On" karya Marvin Gaye muncul. Wah, sungguh lagu yang legendaris, saya ingat berpikir. Nah, mengapa tidak mendengarkan ulang seluruh albumnya, sudah lama sekali.

Astaga.

Apakah ada yang lebih baik dari ini?


Saya akan terus terang dan mengatakan bahwa kebanyakan manusia pernah mendengar setidaknya satu lagu Marvin Gaye pada suatu waktu. Jika Anda bukan seorang sarjana musik, lagu ini mungkin adalah ‘Ain’t no Mountain High Enough’ bersama Tammi Terrell, “Sexual healing” dari albumnya ‘Midnight Love’, atau bahkan lagu yang menjadi judul album yang menarik dalam artikel ini. Jika Anda seorang sarjana musik, saya rasa Anda sudah mendengar banyak hal dari Marvin (ya, saya memanggilnya Marvin, dia teman baik saya).

“What’s Going On” telah dipuja dalam industri musik sejak dirilis pada tahun 1971. Namun, saya rasa banyak orang cenderung lupa betapa luar biasanya album itu saat itu, dan masih tetap luar biasa hingga hari ini.

Marvin Gaye adalah salah satu dari sedikit artis legendaris, bersama dengan Stevie (kita semua tahu siapa dia), Michael (idem), Prince atau The Beatles, yang memiliki begitu banyak lagu klasik, sehingga mendengarkan seluruh diskografi mereka hampir menjadi keharusan bagi pecinta musik, dan diskusi tentang album terbaik mereka adalah perjuangan sehari-hari.

Dalam kasus Marvin, orang bisa membicarakan kehebatan "Here, my dear", atau sensualitas yang kuat dari 'I want you', tetapi saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa 'What's going on' bukan hanya yang terpenting, tetapi juga yang terbaik. Yang, mengingat kaliber artisnya, secara otomatis menempatkannya di daftar album papan atas, dengan mempertimbangkan semua genre.

Tetapi saya tidak hanya mengatakan bahwa album itu ada di daftar papan atas, saya mengatakan album itu mungkin benar-benar album terhebat sepanjang masa — atau, seperti yang kami para maniak peringkat suka menyebutnya: yang TERBAIK!


Jadi apa yang membuat saya mengatakan pernyataan seperti itu?


Baiklah, pertama-tama saya ingin menekankan bahwa tentu saja album itu mungkin juga bukan yang TERBAIK. Ini hanyalah argumen yang saya buat. Seperti yang mungkin Anda sadari, "mungkin" adalah jaring pengaman saya. Jangan melihatnya sebagai kurangnya rasa percaya diri, tetapi hanya sebagai tanda kejujuran intelektual saya: ada banyak sekali album klasik dari berbagai genre yang membentuk budaya secara keseluruhan, dan sebutan GOAT yang sangat disukai bergantung pada begitu banyak faktor sehingga mustahil untuk sampai pada kesimpulan yang bersih dan tidak diragukan lagi. Anggap saja hal itu tidak diragukan lagi "dalam pembicaraan".

Saya tidak akan melakukan analisis musik yang sangat tepat. Saya tidak akan membahas detail rekayasa teknis atau kehalusan melodi, pilihan instrumen; Saya tidak akan mengulas rekaman lagu demi lagu, dan saya tidak akan memberikan daftar lengkap tentang mengapa album ini begitu penting bagi budaya secara keseluruhan. Saya hanya akan mencoba memberi Anda argumen yang sederhana dan ringkas, dan Anda akan yakin untuk menyelidikinya sendiri dengan lebih mendalam.

Baiklah. Sekarang saya akan melanjutkan dengan daftar fakta lama yang bagus, yang bersama-sama menciptakan pukulan yang merupakan album ini.

1. Musiknya berbicara sendiri: Pujian kritis

Yah, itu tidak perlu dikatakan lagi. Syarat minimum untuk album GOAT adalah sangat bagus. Biasanya, sangat bagus sehingga tidak hanya diakui kehebatan musiknya oleh semua kritikus dan akademisi, tetapi juga disukai (setidaknya singelnya) oleh hampir semua orang di alam semesta. Jangan bilang ibumu tidak pernah bergoyang dan/atau menjentikkan jari pada "Mercy mercy me" atau ayahmu tidak pernah menyanyikan lagu klasik 'now that's music' pada nada pertama "What's going on". Itulah yang akan dilakukan album ini kepadamu.

2. Produksinya berada di level yang berbeda.

Maksudku level Quincy Jones dan Dr. Dre. Namun pada tahun 1971. Dan diproduksi oleh Marvin Gaye sendiri.

Cukup duduk di sofa yang nyaman, dan dengarkan seluruh album, hari ini, dengan headphone favoritmu, pada level maksimal, dan albumnya hampir tidak akan berdesis atau berdesis. Biola, conga, harmoni latar, gitar akustik tersembunyi, vokal Marvin, dan banyak elemen kecil lainnya secara ajaib berpadu seperti putih dan kuning telur dalam telur orak-arik paling lembut. Proses mixing dan mastering-nya benar-benar sempurna. Dan tidak akan terdengar kuno. Tetaplah duduk dengan tenang dan nikmati pusaran Marvin yang halus. Silakan.

3. Pendek dan sempurna — tidak ada trek "pengisi".

Panjangnya 9 lagu. Seperti "Thriller" milik Michael. Yakin?

Oke, mungkin Anda tidak boleh semudah itu diyakinkan. Namun bagi saya, keringkasan itu penting. Itu argumen yang bagus untuk meyakinkan saya mendengarkan semuanya sejak awal, dan dalam satu suasana. Selain itu, sejumlah kecil lagu secara signifikan mengurangi kemungkinan adanya lagu yang buruk di antara lagu-lagu yang bagus. Yang biasanya memalukan.

Saat ini, format album perlahan-lahan mulai punah, dan kita melihat lebih banyak 'daftar putar' (setidaknya, beberapa artis seperti Drake memiliki kejujuran untuk menyebut beberapa proyek mereka seperti itu), membuat koleksi lagu, dan mendukung hukum kuno angka besar: dalam 25 lagu, setidaknya harus ada satu atau dua lagu yang menjadi hit, bukan? Namun, saya tidak menyalahkan para artis, itu bukan salah mereka.

Itulah suasana umum dalam musik, di era streaming kita: orang ingin menikmati singel yang bagus, dan tidak terlalu peduli dengan album.

Seseorang dapat mengatakan bahwa Snoop Dogg adalah seorang visioner pada masanya, memiliki rata-rata 20 lagu dalam setiap albumnya sejak albumnya tahun 1996 “Tha Doggfather”, album keduanya setelah album klasik “Doggystyle”. Chris Brown tetap menjadi raja statistik utama dengan 45 lagu dan 2 jam 39 menit untuk albumnya “Heartbreak on a Full Moon”. WOW. Maksud saya, siapa yang mau mendengarkannya?

Namun, kita sedang menyimpang. Itu adalah topik yang PANJANG untuk dibahas. Berikut adalah postingan yang bagus dari seorang kolega Medium saya tentang topik tersebut:

Meskipun demikian, 9 lagu dalam album pendek seharusnya tetap bagus. Dalam kasus kami, semuanya bagus. Percayalah.

Namun, Anda tidak perlu mempercayai kata-kata saya. Dengarkan saja. Saya tantang Anda untuk menemukan lagu yang buruk.

4. Menceritakan kisah musik yang koheren, dari awal hingga akhir.

Saya hampir dapat mengatakan bahwa ini adalah album ‘konsep’ karena ada alur musik yang akan menemani Anda sepanjang rekaman. Anda menaiki perahu di awal, dan tidak pernah meninggalkannya sampai akhir. Dalam praktiknya, hal itu ditandai dengan jelas oleh tema musik umum di seluruh album, yang dimulai oleh lagu pertama ("What's Going on") dan hanya ditinggalkan di lagu "Right on" dan "Inner City Blues" yang sangat asyik. Dengan jeda "Wholy Holy" yang sangat indah di antara keduanya, di mana biola masih memainkan tema umum di latar belakang. Ajaib.

Hal yang menakjubkan adalah bahwa semua lagu masih tunggal dan memiliki identitasnya sendiri. Beberapa ritme digabungkan pada tingkat master, dan Anda pada dasarnya tidak melihat waktu berlalu saat mendengarkannya.

Penghargaan khusus untuk peralihan di akhir "Save the children", untuk menjauh dari tempo lambat transisinya dan kembali ke ritme album utama "What's happening brother". Ya ampun.

Berbicara tentang transisi, transisi di antara lagu-lagu itu menakjubkan dan begitu halus sehingga benar-benar berperan dalam menjadikan album ini sebagai karya seni yang kokoh, untuk dinikmati dalam satu bagian. Jika Anda tidak melihat daftar lagu, terkadang hampir mustahil untuk mengatakan kapan satu lagu selesai dan yang lain dimulai.

Sebenarnya, saya baru-baru ini mengetahui (dari salah satu video Questlove dan Harry Weinger yang dapat Anda temukan di Youtube) bahwa Marvin merekam seluruh album dalam beberapa hari, satu lagu demi satu lagu mengikuti urutan album, yang, ketika Anda mendengarkan produk akhirnya, sangat masuk akal. Saya tidak berpikir koherensi dan aliran yang lancar seperti itu dapat dicapai tanpa pengaturan ini.

Perlu dicatat bahwa tingkat koherensi ini tidak wajib agar album menjadi hebat. Saya hanya percaya hal itu menambah pengalaman sebagai pendengar. Bagi saya, album seharusnya bukan hanya kumpulan lagu. Album ini jelas bukan.

5. Album ini berdampak besar pada budaya dan mungkin memengaruhi artis favorit Anda.

Album ini istimewa bagi Marvin. Ia mencoba membuat pernyataan besar, dan sejauh mungkin dari suara khas Motown yang telah disempurnakannya. Paket Motown yang sempurna dan lancar yang membuatnya terkenal. Oleh karena itu, ia ingin membangun sesuatu yang sangat berbeda, baik secara sonik maupun lirik. Dan ia berhasil melakukannya.

Fenomena ini dijelaskan oleh Questlove (dari kru Roots yang legendaris, dan baru-baru ini menampilkan kemampuan musikalnya di The Tonight Show bersama Jimmy Fallon) sebagai "album perpisahan".

Sebagai seorang artis, Anda mungkin merasa telah mencapai puncak artistik Anda pada suatu titik waktu tertentu, biasanya meraih kesuksesan komersial dan pujian kritis, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya dengan mengikuti jalan yang sama. Anda merasa tertekan di bawah tekanan. Oleh karena itu, Anda melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda di album berikutnya untuk menghindari perbandingan dengan kesuksesan Anda sebelumnya. Itulah album perpisahan.

Jika Anda beruntung, kreativitas yang dibutuhkan untuk mewujudkannya akhirnya mendefinisikan hal yang sama sekali baru, yang pada akhirnya menciptakan standar baru. Itulah yang terjadi dengan album Marvin yang satu ini.

“Marvin Gaye sudah lelah menjadi Marvin Gaye. Ia ingin menjadi gemuk dan menumbuhkan jenggot. Ia sudah lelah menjadi pangeran Motown. Namun, hal itu menjadi bumerang: “What’s Going On” akhirnya menjadi standar.”

Ahmir ‘Questlove’ Thompson

Album ini merupakan pernyataan yang sangat kreatif dan kuat, secara musikal (dengan falsetto legendaris yang tersebar di seluruh album, drum jazzy non-Motown, dan kurangnya fade out yang sempurna di akhir lagu) dan dalam konten lirik (menjadi jauh lebih politis daripada seharusnya rekaman Motown pada saat itu), dan pada saat yang sama sangat berbeda dengan hits saat ini, sehingga album ini dirilis dengan sangat sukses.

Album ini pada dasarnya membentuk industri soul dan seluruh industri musik untuk tahun-tahun berikutnya.

Album ini menginspirasi banyak artis favorit kita, dan membantu menciptakan beberapa album paling klasik, dari “Innervisions” milik Stevie Wonder hingga album favorit Anda dari Lauryn Hill, D’Angelo, atau Kanye West.

Tak perlu dikatakan lagi bahwa album ini jelas merupakan sumber kenikmatan pengambilan sampel yang luar biasa bagi para produser karena album ini menjadi sesuatu yang dapat diambil sampelnya. Sebutan khusus untuk garis bass yang jelas terinspirasi dari 'Flying high in the friendly sky' untuk membawa alur ke "Tell me (ft D'angelo)" dari "Fan-Tas-Tic, Vol2" klasik Slum Village.

6. Album ini membahas tema-tema yang masih (sangat) penting saat ini.

Album ini membuat jiwa sadar secara sosial. Untuk pertama kalinya (setidaknya sejauh pengetahuan saya), seorang artis Motown (dan yang terbaik) bersikap sangat politis, dan berbicara tentang kehidupan ghetto, hak-hak sipil, kemiskinan, dan kekerasan. Dan Tuhan. Dan lingkungan. Dan kebutuhan akan cinta untuk menyelamatkan dunia, yang "ditakdirkan untuk mati". Ya, pada tahun 1971.

Berry Gordy, bos Motown yang ikonik saat itu, tidak siap untuk ini, dan sangat tidak senang dengan apa yang pertama kali didengarnya. Namun dunia tidak meminta pendapatnya, dan membuat singel "What's Going On" menjadi sukses komersial yang besar. Jadi, Anda tahu, dia hanya meminta lebih banyak lagi kepada Marvin. Dan album itu pun tercipta.

Jadi... Album itu cukup hebat.

Album itu sebenarnya merupakan kesuksesan komersial terbesar Motown saat itu. Itu kembali ke poin 1. Itu biasanya merupakan bagian dari paket dalam album klasik. Namun, menurut saya itu bukan argumen tersendiri.

Ada begitu banyak hal menarik untuk dipelajari tentang rekaman itu (saya khususnya merekomendasikan serangkaian video pendek yang dibintangi Questlove dan Harry Weinger yang berbicara tentang album dan Motown, yang dapat Anda temukan dengan mudah di Youtube). Namun, Anda harus melakukannya sendiri!

Saya tidak akan menceritakan kisah lengkap tentang asal usul album itu, yang telah diceritakan oleh banyak orang sebelum saya. Namun, bacalah.

Namun, bagaimana album itu dibandingkan dengan pesaing GOAT lainnya?

Baiklah, saya tidak akan melakukan analisis perbandingan yang tepat dengan semua kemungkinan GOAT, itu akan menjadi tidak ada gunanya.


Namun, Anda dapat bertanya kepada diri sendiri: apakah para pesaing ini memiliki semua 6 aset yang baru saja saya sebutkan?


Apakah mereka memilikinya?

Beberapa dari mereka mungkin memilikinya. Namun dalam koleksi klasik saya, selalu ada aset yang kurang, bahkan tanpa mempertimbangkan konten lirik sebagai kendala yang sulit (poin 3 khususnya adalah pembunuh GOAT).


  • “Songs in a Key of Life” panjang dan memiliki satu lagu yang ‘biasa saja’ (‘Saturn’).
  • “Thriller” memiliki ‘Baby Be Mine’. Dibandingkan dengan yang lain, sulit.
  • “Abbey Road” memiliki “Polythene Pam”. Sekali lagi, sulit.
  • “Ok Computer” diikuti oleh “Kid A”, dan sebaliknya. Sulit untuk memilih.
  • “Nation of Millions” terlalu panjang.
  • “Illmatic” adalah… mmm. Sulit. Mungkin “the Genesis” tidak diperlukan?


Yah, saya tidak bisa melakukan itu tanpa batas. Namun, tetap saja, permainan yang menyenangkan, bukan?

Sekali lagi, itu berdasarkan pengetahuan saya yang sederhana. Dan pendapat saya. Tentu saja saya bias oleh sejarah pribadi saya dengan album ini. Anda mungkin memikirkan GOAT Anda, yang tentu saja menjadi alasan mengapa percakapan ini menyenangkan. Sebenarnya…

… nikmati saja musiknya

Ide utamanya adalah menyadari semua musik luar biasa yang dapat kita akses, khususnya dengan layanan streaming yang luar biasa yang dapat saya kritik karena dampaknya terhadap durasi album saat ini, tetapi hanya dapat saya syukuri karena harta karun yang mereka simpan di perangkat kita.

Jika saya membuat Anda kembali ke musik Marvin Gaye, atau bahkan lebih baik menemukannya, saya senang. Oke, jadi saya membuat poin yang agresif dan cukup konyol hanya untuk membuat Anda mendengarkan sebuah album. Saya mengakuinya. Tetapi itu hanya dari tempat cinta. Dan durasinya kurang dari 40 menit.

Anda bisa melakukannya.

Dan Anda mungkin belajar satu atau dua hal tentang musik, dan keadaan dunia pada tahun 71. Atau mungkin pada tahun 2020.

Sumber: medium

No comments:

Post a Comment

Top 10 Senjata Grenade Launcher Terbaik Di Game Destiny 2

5 Oktober 2024 Destiny 2 memperkenalkan beberapa jenis senjata baru ke dalam sandbox Destiny. Senjata-senjata ini termasuk Submachine Gun, L...