Sunday, December 4, 2022

Kisah Film Terbaik: Episode 179 - The Decline of Western Civilization (1981)

 Film Punk Terbaik Sepanjang Masa

4 Desember 2022

Rilis: 1 Juli 1981
Sutradara: Penelope Spheeris
Produser: Gordon Brown, Jeff Prettyman, Penelope Spheeris
Sinematografi: Steve Conant
Score: Charlie Mullin
Distribusi: Nu-Image Film, Media Home Entertainment
Durasi: 100 Menit
Genre: Dokumentar/Sejarah
RT: 100%

1981 adalah tahun yang beragam untuk sejarah perfilman, dengan film klasik seperti The Evil Dead (Akan dibahas di Episode berikutnya), Raiders of the Lost Ark (Ada di Episode sebelumnya), Time Bandits, dan The Fox and the Hound tayang di bioskop tahun itu. Di antara film-film yang merayakan ulang tahun ke-40 mereka adalah film dokumenter punk yang memberontak dan radikal, The Decline of Western Civilization. Disutradarai dan diproduksi oleh Penelope Spheeris, pembuat film dokumenter perintis ini memaparkan dunia pada signifikansi artistik, sosial, dan budaya dari kancah musik punk Los Angeles meskipun sebagian besar masyarakat pada saat itu mengabaikan punk sebagai kebisingan dan kekerasan yang tidak berharga.

Untuk peringatan 40 tahun The Decline of Western Civilization, merupakan kehormatan dan hak istimewa untuk mewawancarai Penelope. Kami membahas pengaruhnya, hubungannya dengan skena punk LA, proses pembuatan film dokumenter, dan hubungannya dengan Orange County.

Anda menghabiskan masa remaja dan awal 20-an di sini di Orange County. Seperti apakah itu bagi Anda?

Ketika ayah saya meninggal, ibu saya menikah dengan seorang tentara, dan kami pindah ke California Selatan dari Arkansas. Kami tinggal di taman trailer yang berbeda di dekat San Diego. Kemudian dia menceraikan prajurit itu, menikah dengan seorang pelaut, dan kami pindah ke Long Beach untuk tinggal di rumah petak yang dipenuhi kecoa. Suatu saat dia bisa membeli rumah dan kami pindah ke Midway City lalu Westminster.

Saya bersekolah di Westminster High School dan mendapat banyak masalah saat bergaul dengan teman-teman lowrider saya. Setelah kecelakaan mobil yang parah, ibu saya membentak saya, menampar wajah saya, dan berkata bahwa saya tidak akan berarti apa-apa dalam hidup. Itu benar-benar membuatku kesal. Saya pikir saya didorong oleh kemarahan sejak saat itu. Saya punya sesuatu untuk dibuktikan.

Apakah Anda terlibat dalam skena OC punk? Kalau pernah, siapa band favoritmu?

Ketika saya tinggal di OC, yaitu pada tahun 60-an, tidak ada scene punk. Adegan itu tidak terjadi sampai akhir tahun 70-an, tetapi bahkan saat itu, kami memiliki versi penghinaan kami sendiri terhadap pinggiran kota.

Suatu hari terpikir oleh saya bahwa bangunan tertua di lingkungan kami adalah 7-Eleven. Sungguh aneh tinggal di tempat yang tidak memiliki sejarah. OC memang memiliki sejarah sekarang dan begitu banyak band keren yang diciptakan sebagai hasil dari kebosanan pinggiran kota itu.

Dari mana gairah Anda untuk membuat film berasal?

Aku tidak tahu. Pikir itu mungkin ada dalam DNA saya jika itu memungkinkan. Saya memiliki sepupu Yunani yang sangat produktif dan dihormati, Costa-Gavras. Dia menyutradarai beberapa film luar biasa seperti ibu Z. Costa dan ayah saya adalah kakak beradik.

Sebagai anak tertua dari empat bersaudara, saya dititipkan pada dua kakak laki-laki dan perempuan saya karena ibu kami selalu bekerja 2 pekerjaan, 16 jam sehari. Kami akan menghemat uang dengan membersihkan pekarangan orang dan pergi ke pertunjukan siang hari Sabtu untuk melihat fitur ganda, biasanya komedi.

Siapa pengaruh kreatif Anda pada awal pembuatan film?

Ironisnya, ketika saya masih di sekolah film UCLA, pembuat film favorit saya adalah Costa-Gavras, John Cassavetes, dan Frederick Wiseman. Saya tidak menyadari pada waktu itu bahwa saya berhubungan dengan Costa. Saya hanya menyukai cara dia membuat film bernaskah terasa seperti film dokumenter. Sama untuk Cassavetes. Karya Frederick Wiseman sangat menarik bagi saya karena dia sangat objektif terkait materi pelajarannya. Film favorit saya adalah Titicut Follies, dibuat pada tahun 1967, tepat ketika saya mulai belajar film di UCLA.

Apa yang menginspirasi Anda untuk membuat film dokumenter tentang kancah punk LA sebagai film fitur lengkap pertama Anda?

Saya selalu menjadi penggemar fanatik rock 'n' roll. Saya memiliki banyak koleksi vinil saat itu. Namun, ketika pertengahan tahun 70-an tiba, saya memutuskan untuk tidak lagi membeli rekaman atau mendengarkan radio. Itu semua Bee Gees dan Doobie Brothers. Tak tertahankan.

Kemudian, ketika skena punk dimulai di sini di LA, saya pergi ke semua klub bawah tanah. Saya merasa sangat terdorong untuk mendokumentasikan pemandangan itu karena itu unik, tidak seperti yang pernah saya lihat atau alami sebelumnya. Saya merasa secara naluriah ada kepentingan sejarah di dalamnya.

Bagaimana Anda mendapatkan judul film tersebut?

Kami semua yang bekerja di Majalah Slash sedang duduk di atap kantor pada suatu malam sambil minum bir. Saya hampir setengah syuting, dan kami mulai berbicara tentang apa yang akan saya beri judul film. Kami semua setuju itu ada hubungannya dengan menghormati entropi. Kami bertukar pikiran tentang kekacauan dan gangguan arus utama.

Dalam perjalanan pulang, terpikir oleh saya bahwa buku itu seharusnya berjudul The Decline of Western Civilization, yang merupakan turunan dari buku karya Oswald Spengler berjudul The Decline of the West.

Bagaimana Anda bisa melibatkan begitu banyak band dalam film dokumenter ini?

Pada dasarnya, mereka hanyalah band yang saya kenal dan menjadi penggemarnya. Saya berusaha keras untuk memfilmkan Germs karena mereka dilarang di setiap klub. Saya harus menyewa studio latihan untuk memfilmkan mereka. Dan saya benar-benar tahu saya membutuhkan Black Flag karena jika Anda harus menyebutkan satu band yang memulai semuanya di So Cal, itu adalah mereka di Polliwog Park di Hermosa Beach, CA.

Saya selamanya berterima kasih kepada [penyanyi] Keith Morris dari Circle Jerks karena dia membantu menyusun pertunjukan yang saya filmkan di The Fleetwood [sebuah klub di Redondo Beach, CA] di mana dia tampil dengan tagihan yang sama dengan Fear.

Momen apa yang paling berkesan selama syuting?

Saya mengalami kesulitan meyakinkan Darby Crash (penyanyi Germs) untuk melakukan wawancara. Dia sebenarnya pria yang sangat pemalu, percaya atau tidak. Kecuali dia dijebak.

Saya pikir momen yang paling berkesan adalah ketika saya akhirnya bisa melakukan wawancara dengannya. Dia hanya akan setuju untuk melakukannya jika saya akan membawakan sarapan untuknya dan Michelle (orang kepercayaan Darby) karena mereka berdua mabuk. Jadi, saya pergi ke Pasar Ralph, membeli banyak bahan sarapan, dan memintanya untuk memasaknya sementara saya memfilmkannya.

Apa yang akan Anda anggap sebagai adegan atau adegan yang paling sulit untuk diambil gambarnya?

Mungkin bagian dari penampilan Fear saat Lee Ving [penyanyi Fear] bertengkar dengan gadis di atas panggung. Saya sangat berkonflik. Saya tidak benar-benar tahu apakah mereka melakukannya karena kamera berputar, karena mereka hanya mencoba menjadi punk rock pada saat itu atau jika seseorang akan terluka. Saya tidak tahu seberapa jauh konfrontasi fisik akan terjadi, tetapi, pada titik tertentu, saya menyadari bahwa tidak ada yang akan terluka dan itu semua sangat teatrikal.

Apa yang akan Anda anggap sebagai adegan atau adegan yang paling menyenangkan untuk diambil gambarnya?

Saya sangat suka syuting intro, bagian "Mohon maklum" dari film tersebut, karena setiap pengumuman dibaca dengan cara yang kreatif dan berbeda. Saya masih suka menonton bagian film itu dan saya tidak pernah menonton ulang film saya.

Film ini dilarang di LA oleh Kepala Polisi Daryl Gates. Apa yang menyebabkan larangan ini? Apakah Anda dapat menemukan cara alternatif untuk menunjukkannya? Kapan film itu akhirnya diputar di LA?

Setelah saya menyelesaikan filmnya, saya membawanya ke berbagai bioskop di LA mencoba untuk tayang selama seminggu atau setidaknya satu malam, tetapi semua orang menutup saya. Saya praktis memohon kepada Mann bersaudara yang memiliki Chinese Theatre pada saat itu, dan mereka memberi tahu saya bahwa tidak ada yang mau menonton film punk rock, terutama film dokumenter punk rock.

Saya akhirnya bisa memesan satu malam di teater di Hollywood Boulevard. Itu adalah pertunjukan tengah malam dan begitu banyak bajingan keluar sehingga mereka tumpah ke jalan setelah mengemasi teater dan polisi menutup Hollywood Boulevard. Kemudian, untuk membuat penonton gaduh senang, mereka mengadakan pemutaran kedua pada pukul 2:00 pagi. Fotografer brilian Ed Colver memiliki beberapa foto bagus dari semua anak dan 300 polisi sepeda motor LAPD.

Keesokan harinya, saya mendapat surat dari kepala polisi yang mengatakan kepada saya untuk tidak pernah memutar film di Los Angeles lagi. Tentu saja, saya mengabaikannya, dapat mencapai empat dinding Teater Fairfax dan kami melakukan perjalanan yang cukup bagus di sana. Saya perhatikan setelah pertunjukan kami, mereka dapat memperbarui teater!

Bagaimana rasanya film ini ditambahkan ke Library of Congress National Film Registry di samping film klasik seperti Psycho dan The Godfather?

Rasanya benar-benar mencengangkan! Ketika saya memikirkan kembali semua kritik yang saya dapatkan untuk membuat film pada saat itu dan betapa sulitnya untuk menayangkannya, memasukkannya ke dalam daftar film nasional adalah suatu kehormatan. Itu hanya membuktikan bahwa jika Anda benar-benar percaya pada sesuatu, teruslah berjuang untuk itu. Itulah yang saya lakukan dengan The Decline dan entah bagaimana berhasil bertahan dan bahkan diberi tempat terhormat dalam sejarah.

Bagaimana rasanya melihat kembali film yang Anda rilis 40 tahun lalu?

Rasanya seperti saya sudah tua. Ha!

Apa pendapat Anda tentang budaya punk modern?

Punk telah dibastardisasi, dihomogenkan, ditipu, dan dikacaukan. Terutama baru-baru ini, semua pose telah melompat ke papan tanpa pernah memahami prinsip-prinsip sebenarnya dan raison d'etre (alasan keberadaan) dari gerakan tersebut. Industri mode yang tidak tahu malu telah mencuri elemen budaya punk dengan pengabaian yang tercela.

Musisi tak tahu malu mencuri, seperti bandit yang tak henti-hentinya. Mereka mungkin membuangnya sebagai "penghormatan", tetapi menyedihkan bahwa kebanyakan dari mereka tidak menyadari dari mana asalnya dan mengapa hal itu terjadi pada awalnya. Mereka tidak mengerti tujuan awal yang sebenarnya.

Apakah Anda masih berhubungan dengan orang yang Anda wawancarai untuk film tersebut?

Ya, cukup banyak. Sahabatku dari film itu adalah Keith Morris. Saya sangat menghormatinya karena dia telah menjalani seluruh hidupnya dengan berkomitmen pada etika punk sejati itu. Dia sangat pintar, sangat fasih, sangat produktif dan salah satu pria termanis yang saya kenal. Dan omong-omong, satu-satunya orang yang pernah berterima kasih kepada saya karena memasukkan mereka ke dalam film. Tetapi para penonton sangat berterima kasih kepada saya, jadi itu sudah cukup bagi saya.

Eksklusif dari John Doe: Ketika dimintai komentar untuk artikel ini tentang partisipasinya dalam The Decline of Western Civilization, salah satu pendiri dan penyanyi/bassis band X, John Doe, berbagi, “Sungguh petualangan yang gila pada masa itu. Penelope adalah seorang pejuang untuk melakukan tugas seperti itu. Meskipun sebagian besar pembuatan film terjadi dalam keadaan ekstrim, saya senang dokumen itu ada & berharap penonton memaafkan perilaku yang dipertanyakan. Kami melakukan yang terbaik”. X, seperti banyak band yang ditampilkan dalam film dokumenter ini, menjadi tulang punggung dan ikon punk LA.

Latinos di Punk: Penelope juga menunjukkan pengaruh Latin di punk, dengan Latin sebagai bagian dari generasi perintis LA punk, seperti Alice Bag dari Alice Bag Band dan Ron Reyes dari Black Flag. Dengan Latin menjadi mayoritas penggemar punk hari ini, terutama di pantai barat dan barat daya, sangat menyentuh melihat Latin sebagai pelopor punk. Meskipun orang Latin adalah populasi etnis utama di Amerika (18,5% dari total populasi), dokumentasi atau pengakuan pengaruh sejarah kita di Amerika sayangnya masih kurang terwakili. Melalui film dokumenter ini, Penelope menantang stereotip gender dan ras/etnis tentang siapa yang disebut punk, sekaligus menunjukkan perspektif lain dari pengalaman American Latino.

Sumber: thefridacinema

No comments:

Post a Comment

Apakah Ini Saat-saat Buruk atau Saat-saat Baik? Kisah Petani Zen

Ketika kita berhenti berusaha memaksakan kehidupan agar berjalan sesuai keinginan kita, secara alami kita akan merasakan lebih banyak kelent...