Sunday, December 11, 2022

Kisah Film Terbaik: Episode 180 - The Evil Dead (1981)

 Film Kultus Horor Terbaik Sepanjang Masa

11 Desember 2022

Rilis: 15 Oktober 1981
Sutradara: Sam Raini
Produser: Robert Tapert
Sinematografi: Tim Philo
Score: Joe Loduca
Distribusi: New Line Cinema
Pemeran: Bruce Campbell, Ellen Sandweiss, Richard DeManincor, Betsy Baker, Theresa Tilly
Durasi: 85 Menit
Genre: Horor
RT: 95%


Empat puluh tahun yang lalu, penonton bioskop tanpa disadari pertama kali diserang oleh "pengalaman terakhir dalam teror yang melelahkan". The Evil Dead ditayangkan perdana di Detroit, Michigan, pada 15 Oktober 1981, menandai debut salah satu pembuat film paling inovatif di bioskop dan awal dari apa yang pada akhirnya akan berkembang menjadi salah satu franchise horor yang paling unik, menyenangkan, berdarah, dan dicintai.

Kisah perjalanan panjang film dari konsepsi ke layar lebar [dan seterusnya] telah menjadi legenda di kalangan penggemar horor — diturunkan dari generasi ke generasi, pertama dari mulut ke mulut, kemudian halaman majalah FANGORIA, dan kemudian esai, buku, dan film dokumenter yang tak terhitung jumlahnya. Tiga teman dari Michigan berangkat untuk membuat film yang menguntungkan dan malah mengubah horor dan bioskop selamanya. Ini adalah impian Amerika modern.

Begitu banyak yang telah didokumentasikan tentang karya Sam Raimi, Bruce Campbell, dan Robert Tapert di serial ini dan karier secara umum. Namun, suara integral keempat [dan sering diabaikan] ada sejak awal hingga setiap bab dari saga Evil Dead asli, termasuk serial televisi Starz's Ash vs. Evil Dead (2015-2018)—Joseph LoDuca.

LoDuca adalah orang yang menyediakan setiap serial unik [dipimpin Bruce Campbell] dari franchise dengan suara musik yang berbeda. Dia berbicara panjang lebar tentang banyak hal, termasuk karyanya pada film orisinal yang inovatif, dalam wawancara mendalamnya untuk buku terbaru Scored to Death 2: More Conversations with Some of Horror's Greatest Composers [oleh Anda benar-benar].

Sang komposer bertemu Raimi, Campbell, dan Tapert melalui seorang kenalan yang membuat film untuk Departemen Transportasi Negara Bagian Michigan. “Itu kismet,” kata LoDuca. "Dia memperkenalkan saya kepada Sam, Rob, dan Bruce di tempat yang saya sebut 'rumah klub / kantor anak laki-laki', dengan figur aksi di ambang jendela. Itu di sebelah toko sulap yang menjual bantal dan bel huru-hara, barang-barang seperti itu. Saya pikir mereka adalah kutu buku yang paling menghibur, dan mereka mengadakan pesta yang sangat menyenangkan. Mereka bertanya apakah saya bisa membuat musik yang menakutkan. Jadi, saya merekam demo kecil, dan mereka menawari saya musiknya."

Pada tahun 1980, synthesizer menjadi milik mereka sendiri, dan dengan Halloween (Ada di Episode 43) tahun 1978, John Carpenter membuktikan bahwa mereka dapat membuat skor film horor secara efektif. Namun, pada saat itu, genre tersebut belum sepenuhnya siap untuk meninggalkan pendekatan musik yang lebih tradisional/klasik. Dengan anggaran terbatas, LoDuca memilih kombinasi keduanya. Hanya dengan beberapa synth [a Prophet & a "primitive Roland"], piano, guitar, string quartet plus contrabass—menurut komposernya, "you need the bass for the extra oomph in horror"—dia menciptakan sebuah skor mengesankan yang menjalankan keseluruhan dari indah dan melodi hingga menakutkan dan kacau.

"Saya selalu tertarik dengan ansambel orisinal itu," akunya. "Dan sepertinya saya tidak pernah bisa menjual ide itu [hari-hari ini]—'Beri saya beberapa string. Biarkan saya menjadi akrab.' Itu juga menakutkan! Dalam banyak hal lebih menakutkan."

Selain instrumentasi skor, kurangnya anggaran The Evil Dead juga menentukan beberapa aspek teknis pembuatannya yang kurang ideal. "Saat itu, saya benar-benar menghitung dengan click track book [kumpulan bagan yang menunjukkan waktu dalam ketukan pada tempo tertentu, yaitu, klik] untuk memplot poin hit saya. Tidak ada cara lain untuk melakukannya. Kami merekam untuk tape dengan trek kode waktu untuk sinkronisasi, tetapi kami tidak dapat membuat skor untuk gambar," kenang LoDuca. "Itu brutal. [Raimi, Campbell, dan Tapert] meminjamkan saya tape deck tiga perempat inci yang hanya memiliki fast forward dan shuttle shuttle. Jadi saya tidak pernah bisa mengantri sebuah adegan. Jumlah waktu yang saya habiskan untuk menonton ulang atau memutar ulang adegan itu menjengkelkan."

Salah satu hal yang menarik tentang melihat kembali The Evil Dead hari ini adalah melihat betapa sadarnya Sam Raimi sebagai pembuat film auteur sejak awal. Sekarang, dengan empat puluh tahun film untuk dibandingkan, sungguh mengherankan betapa berkembangnya gayanya — dari pergerakan kamera dan komposisi bidikan hingga desain dan pengeditan suara — langsung keluar dari gerbang. LoDuca tidak menyadarinya pada saat itu tetapi terkesan oleh sutradara muda itu karena alasan lain.

"Mengenai gaya penyutradaraan Sam yang inovatif, saya tidak cukup tahu tentang film untuk mengapresiasinya pada awalnya," sang komposer mengakui. "Saya kira saya picik karena tidak melihat itu. Yang paling mengesankan saya adalah imajinasi dan usaha yang diperlukan, dan rasa pencapaian—untuk melihat secara langsung apa yang diperlukan untuk menciptakan ide dan mewujudkannya—untuk benar-benar mewujudkannya." teater di seluruh dunia."

Anehnya, untuk seorang sutradara yang film dan gayanya sangat unik dan berbeda, Raimi relatif lepas tangan selama komposisi skor. "Tidak banyak arahan: 'Ini menyedihkan' atau 'Ini menakutkan,'" sang komposer menjelaskan. "Bahkan hari ini, tidak banyak diskusi dengan Sam. Ketika saya bekerja dengannya beberapa tahun yang lalu, tidak banyak yang terjadi, kecuali lelucon kami. Ini lebih tentang saya mencoba mengajukan pertanyaan yang tepat: ' Pada saat ini dalam cerita, bisa ke sini atau ke sana. Mana yang Anda sukai?'"

Meskipun dia mungkin tidak terlalu aktif selama pembuatan partitur, minat Raimi pada desain suara cukup jelas dengan The Evil Dead. Dari suara alami angin yang menderu-deru dan air yang menetes hingga hentakan bandul jam yang berayun secara berlebihan dan suara surealis balok penyangga yang melewati kamera, film ini adalah permadani aural yang ditenun dengan hati-hati dari kebisingan sekitar dan efek suara. Namun, ada satu suara yang dianggap salah oleh banyak penggemar yang dibuat oleh LoDuca—The Force in the Woods.

"Tidak, mereka melakukannya sendiri. The Force adalah suara Sam melalui harmonizer awal dan penundaan, dilapisi dengan efek suara dan drone synth saya," jelas LoDuca. "Saya pikir mereka menarik lapisan-lapisan itu dari mana pun mereka dapat menemukan sesuatu. Saya tahu bahwa mereka telah mengedit di New York dan menggerebek perpustakaan suara di sana."

Meskipun kekurangan anggaran, Joseph LoDuca melihat kembali pengalaman itu, dan terutama pemutaran perdana film tersebut di Detroit, dengan sayang. "Orang-orang [Raimi, Campbell, dan Tapert] mempresentasikan pemutaran di Teater Redford lama, dengan lampu sorot besar bersinar di langit," kenang sang komposer. "Mereka membuatnya menjadi ekstravaganza William Castle—mereka memiliki ambulans tua di depan, dan brankar serta defibrillator di lobi. Sebelum film dimulai, seorang pemain organ bangkit dari lubang bermain Bach. The Redford adalah salah satu Art Teater Deco. Mereka memakai tuksedo—aneh melihat mereka memakai tuksedo."

Malam itu empat puluh tahun yang lalu juga merupakan momen penting bagi gitaris jazz yang menjadi komposer. "Saya pikir apa yang membuat saya bersemangat tentang ide menulis musik untuk film adalah pemutaran perdana Evil Dead," ungkap LoDuca. "Film diputar dengan musik saya di layar lebar, dan itu perasaan yang paling keren. 'Oh, saya bisa melakukan lebih dari ini.'"

Kini, LoDuca adalah seorang komposer terkenal dengan lebih dari seratus kredit atas namanya di hampir setiap genre. Namun, ia akan selalu dicintai oleh para penggemar horor atas kontribusinya pada The Evil Dead. "Saya tidak tahu apa yang saya lakukan atau apa yang saya katakan ya, tapi anehnya, ini filmnya. Film pertama yang saya buat mungkin adalah film yang memiliki dampak paling bertahan lama [tertawa]."

Sumber: fangoria

No comments:

Post a Comment

Apakah Ini Saat-saat Buruk atau Saat-saat Baik? Kisah Petani Zen

Ketika kita berhenti berusaha memaksakan kehidupan agar berjalan sesuai keinginan kita, secara alami kita akan merasakan lebih banyak kelent...