Sunday, June 5, 2022

Kisah Film Terbaik: Episode 153 - A Clockwork Orange (1971)

 Film Kenakalan Remaja Terbaik Sepanjang Masa

5 Juni 2022

Rilis: 2 Februari 1972
Sutradara dan Produser: Stanley Kubrick
Sinematografi: John Alcott
Score: Wendy Carlos
Distribusi: Warner Bros.
Pemeran: Malcolm McDowell, Patrick Magee, Adrienne Corri, Miriam Karlin
Durasi: 136 Menit
Genre: Kriminal/Fiksi Ilmiah
RT: 87%


Versi film Stanley Kubrick dari A Clockwork Orange memiliki warisan yang cukup rumit. Apakah adaptasi linguistiknya yang penuh kekerasan dan ultra-kekerasan dari novel Anthony Burgess merupakan ramalan serius tentang dunia modern yang akan datang, atau latihan kosong dalam voyeurisme yang bangkrut secara moral?

Jawabannya dalam setiap contoh mungkin saja ya.

Film ini mengikuti Alex, seorang narator gila yang diperankan oleh Malcolm McDowell, saat ia memimpin sekelompok sosiopat yang berpikiran sama dengan bahasa buatan mereka sendiri. Amukan kebiadaban yang meriah terjadi sebelum Alex ditangkap atas tuduhan pembunuhan. Dia berakhir di penjara, di mana dokter yang didanai pemerintah yang kejam menawarkan pembebasan bersyarat jika dia menjadi subjek tes dalam program pengkondisian penolakan yang disebut Teknik Ludovico. Eksperimen ini melibatkan pembuatan klip film tentang kejahatan yang dilakukan laki-laki tanpa henti.

Terlepas dari kegemarannya pada kriminalitas, Alex memiliki perhatian yang mengejutkan terhadap musik klasik dan buku lagu klasik. Kompleksitas itu membuatnya lebih mudah untuk menerima premis bahwa ia akhirnya sembuh. Setelah dibebaskan, bagaimanapun, ia gagal dalam upaya bunuh diri, dan cedera kepala yang dihasilkan membalikkan pengkondisian anti-kekerasan Alex.

Performa cerdik McDowell mengikat utas yang tampaknya berbeda ini, memicu rasa jijik yang mendalam selama adegan kebrutalan tanpa belas kasihan dan tidak sedikit emosi saat Alex diturunkan menjadi kelinci percobaan yang menyedihkan dalam sistem otoriter.

"Ide sentral dari film ini berkaitan dengan pertanyaan tentang kehendak bebas," renung Kubrick kemudian dalam sebuah wawancara dengan Michel Ciment. "Apakah kita kehilangan kemanusiaan kita jika kita kehilangan pilihan antara yang baik dan yang jahat? Apakah kita menjadi, seperti judulnya, a clockwork orange?"

Tayang perdana 19 Desember 1971 di New York City, A Clockwork Orange terbukti langsung kontroversial. Film ini dilarang di beberapa negara, dan banyak dikritik. Bahkan memicu ancaman pembunuhan terhadap Kubrick. Dia akhirnya meminta agar film tersebut ditarik dari bioskop-bioskop Inggris, tetapi pada saat itu A Clockwork Orange telah menangkap basis penggemar jahat dari preman-preman yang berpakaian seperti Alex dan teman-temannya yang bertopi bowler.

McDowell, yang penampilan virtuosonya sangat fisik sehingga dia patah tulang dan mempertaruhkan penglihatannya, mencoba menarik diri dari tontonan itu – sementara Kubrick terus membela Alex.

"Dia benar-benar menyadari kejahatannya sendiri dan menerimanya dengan keterbukaan penuh," bantah Kubrick dalam sebuah wawancara dengan Sight and Sound pada tahun 1972. "Alex tidak berusaha menipu dirinya sendiri atau penonton tentang korupsi dan kejahatan totalnya. personifikasi kejahatan. Di sisi lain, dia memiliki kualitas unggul: keterusterangan total, kecerdasannya, kecerdasannya, dan energinya. Ini adalah kualitas yang menarik dan, saya dapat menambahkan, yang dia bagikan dengan Richard III."

McDowell akhirnya memainkan peran sentral dalam menyusun karakter, dari setelan codpiece fasis yang condong ke droogs (yang terinspirasi oleh pakaian kriket sang aktor) hingga penampilan improvisasinya dari lagu pertunjukan Gene Kelly "Singin' in the Rain" selama adegan pemerkosaan yang kejam.

"Itu baru saja keluar dari mulut saya," kata McDowell kepada NME pada tahun 2021. "Bukannya saya pergi sambil berpikir: 'Ah, apa yang bisa saya lakukan?' Saya mulai bernyanyi dan pada ketukan akan memberinya tendangan dan pukulan, hanya sebagai semacam lelucon. Saya melihat Stanley dan dia benar-benar memiliki saputangan di mulutnya, dia tertawa sangat keras."

Itu mengikuti pola yang lebih luas pada pemotretan, yang difilmkan hampir seluruhnya di lokasi. Kubrick sebagian besar mengikuti narasi Burgess, menggunakan bahasa gaul budaya anak muda yang diciptakannya secara ekstensif dalam voice over, tetapi sebaliknya sering memberi McDowell kendali bebas.

"Jadi, saya ingat pernah berkata, 'Jadi, Anda punya ide untuk adegan ini, Stanley.' Dan dia hanya melihat saya dan berkata, 'Anda tahu Malc, itu sebabnya saya mempekerjakan Anda. Saya bukan seorang penulis,'" kata McDowell kepada Collider pada tahun 2011. "Dengan sebagian besar sutradara, Anda akan berkata, 'Anda punya ide untuk pemandangan ini?' dan Anda akan duduk dan berdiskusi selama satu jam dan mereka akan menemukan apa pun. Dengan Stanley? Dengan cara dia memberi saya hadiah terbesar dari semuanya. Dia hanya berkata, 'Tunjukkan padaku. Buat itu. Lakukan dia!' Jadi, saya melakukannya."

Tapi keintiman dalam penciptaan itu juga membuat McDowell lebih sulit untuk menjauhkan diri dari ketenaran dan kehebohan yang akhirnya melingkupi A Clockwork Orange.

"Selama 10 tahun pertama setelah saya membuatnya, saya membencinya," kata McDowell kepada NME. "Saya muak. Saya tidak ingin membicarakan hal sialan itu, saya sudah melupakannya. Saya berkata: 'Lihat, saya seorang aktor.' Saya harus memainkan peran besar. Saya terus maju.' Kemudian saya menyadari bahwa itu adalah sebuah mahakarya, dan saya sangat, sangat banyak menjadi bagian darinya. Anda sebaiknya menerimanya dan menikmatinya."

Pendekatan Kubrick terhadap pembuatan film tetap teliti, inventif, dan terkadang menyakitkan. Penelitiannya untuk lokasi potensial melibatkan pengambilan ribuan foto. Untuk mencapai sudut pandang Alex selama percobaan bunuh diri, Kubrick menempatkan kamera di dalam kotak kemudian menjatuhkan lensanya terlebih dahulu dari lantai tiga sebuah hotel. Mata McDowell benar-benar terjepit selama adegan terapi keengganan Ludovico yang berliku-liku, dan dia akhirnya dibutakan sementara dengan kornea yang tergores.

Tapi pilihan berisiko Kubrick untuk menghilangkan penyebutan bab terakhir dari novel asli Burgess, di mana Alex kembali menolak kekerasan setelah menemukan kedewasaan baru, akan kembali menghantui produksi. Beberapa kejahatan kehidupan nyata kemudian dikaitkan dengan A Clockwork Orange. Kubrick tidak setuju dengan teori tersebut, dengan alasan bahwa film tersebut meminta kita untuk melihat lebih dalam hubungan kita sendiri dengan kekerasan dan otoritas. Tetap saja, nihilisme gelapnya membuka tas kerja yang penuh dengan kesalahan bagi pengacara pembela yang oportunistik.

"Alex memiliki vitalitas, keberanian, dan kecerdasan, tetapi Anda tidak dapat gagal untuk melihat bahwa dia benar-benar jahat," kata Kubrick kepada Michel Ciment. "Pada saat yang sama, ada semacam identifikasi psikologis yang aneh dengannya yang secara bertahap terjadi, betapapun Anda mungkin menolak perilakunya. Saya pikir ini terjadi karena beberapa alasan. Pertama-tama, Alex selalu benar-benar jujur ​​dalam berbicara. narasi orang pertamanya, bahkan mungkin menyakitkan. Kedua, karena pada tingkat bawah sadar saya curiga kita semua memiliki aspek tertentu dari kepribadian Alex."

Selain itu, McDowell berpendapat, dunia nyata - dan, sayangnya, seringkali masih - jauh lebih mengganggu daripada apa pun dalam naskah mereka.

"Ada lebih banyak kekerasan di berita," kata aktor veteran itu kepada NME. "Itu adalah waktu Vietnam. Jika Anda ingin melihat kekerasan nyata dan Anda ingin melihat bayi dibakar dengan napalm, nyalakan berita. Clockwork Orange lebih mengganggu secara psikologis: Kakak, pemerintah, mendikte perilaku - dan itulah fasisme, bukan?"

Sumber: ultimateclassicrock

No comments:

Post a Comment

Apakah Ini Saat-saat Buruk atau Saat-saat Baik? Kisah Petani Zen

Ketika kita berhenti berusaha memaksakan kehidupan agar berjalan sesuai keinginan kita, secara alami kita akan merasakan lebih banyak kelent...